Pembelajaran
Koopperatif Tipe Picture and Picture
Model
pembelajaran picture and picture merupakan salah satu model
pembelajaran kooperatif. Model
pembelajaran picture and picture ini dapat digunakan
dalam berbagai mata pelajaran dan tentunya dengan kemasan dan kreatifitas guru.
Sejak di populerkan sekitar tahun 2002, model pembelajaran ini mulai menyebar
di kalangan guru di Indonesia. Dengan menggunakan model pembelajaran tertentu
maka pembelajaran menjadi menyenangkan. Selama ini hanya guru sebagai actor di
depan kelas, dan seolah-olah guru-lah sebagai satu-satunya sumber belajar.
Pembelajaran
modern memiliki ciri Aktif, Inovatif, Kreatif, dan Menyenangkan. Model apapun
yang digunakan selalu menekankan aktifnya peserta didik dalam setiap proses
pembelajaran. Inovatif setiap pembelajaran harus memberikan sesuatu yang baru,
berbeda dan selalu menarik minat peserta didik. Dan Kreatif, setiap
pembelajaran harus menimbulkan minat kepada peserta didik untuk menghasilkan
sesuatu atau dapat menyelesaikan suatu masalah dengan menggunakan metoda,
teknik atau cara yang dikuasai oleh siswa itu sendiri yang diperoleh dari
proses pembelajaran.
Setiap
model pembelajaran harus dipersiapkan dengan baik agar proses pembelajaran
dapat berlangsung efektif, tanpa persiapan yang matang pembelajaran apapun akan
membuat siswa menjadi jenuh. Model belajar dan pembelajaran juga harus
berganti-ganti dalam beberapa pertemuan agar belajar tidak monoton di dalam
kelas.
Model
Pembelajaran picture and picture, mengandalkan gambar sebagai media
dalam proses pembelajaran. Gambar-gambar ini menjadi factor utama dalam proses
pembelajaran ini. Sehingga sebelum proses pembelajaran guru sudah menyiapkan
gambar yang akan ditampilkan baik dalam bentuk kartu atau dalam bentuk carta
dalam ukuran besar. Atau jika di sekolah sudah menggunakan ICT (information
comunication technology) dapat menggunakan Power Point atau softwere yang
lain.
Langkah-langkah
dalam penggunaan model picture and picture :
1. Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan
materi sebagai pengantar
3. menunjukkan/memperlihatkan
gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis
5. menanyakan
alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Kesimpulan
Keunggulan
model pembelajaran picture and picture
1. Memudahkan
siswa untuk memahami yang dimaksudkan oleh guru ketika menyampaikan materi
pelajaran
2. Siswa
cepat tanggap atas materi yang disampiakan karena diiringi dengan gambar-gambar
3. Siswa
dapat membaca satu persatu sesuai dengan petunjuk yang ada pada gambar – gambar
yang diberikan.
4. Siswa
lebih konsentrasi serta mengasyikkan bagi mereka atas tugas yang diberikan guru
karena berkaitan dengan permainan mereka sehari – hari yakni main gambar –
gambar
5. Adanya
saling berkompetensi antar kelompok dalam menyusun gambar yang telah
dipersiapkan oleh guru sehingga seuasana kelas terasa hidup
6. Siswa
lebih kuat mengingat konsep-konsep atau bacaan yang ada pada gambar.
7. Menarik
bagi siswa dikarenakan melalui audio visual dalam bentuk gambar – gambar
Selain
itu model pembelajaran ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan dalam
penerapannya. Adapun kelebihan dari model ini adalah:
1.
Guru dengan metode inovatif ini akan dapat
dengan mudah mengetahui kemampuan masing-masing siswa.
2.
Melatih berpikir logis dan sistematis siswa
3.
Dengan model ini dapat mendorong siswa untuk
aktif dalam pembelajaran
4.
Guru hanya sebagai pendamping dalam proses
belajar
5.
Proses belajar akan dapat diikuti secara
seragam oleh siswa
Sedangkan
kekurangan dari model pembelajaran ini adalah
1.
Memakan banyak waktu
2.
Banyak siswa yang pasif kalau tidak di
panggil namanya oleh pengajar
3.
Harus mempersiapkan banyak alat dan bahan
yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan dengan model tersebut
4.
Membutuhkan biaya yang tidak sedikit
5.
Guru dituntuk untuk lebih terampil dalam
menyajikan gambar sehingga mendorong motivasi siswa untuk belajar aktif
6.
Kesuksesan model pembelajaran ini di ukur
dari kelengkapan materi pelajaran dan dipusat media yang digunakan dalam
pembelajaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar