Minggu, 08 April 2012

RPP Kelas 5 Semester 1 Tentang fungsi Morfologi Hewan


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : V/1
Alokasi Waktu              : 3 × 35 menit (1 pertemuan)
 

I.                   Standar Kompetensi
3.     Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
II.                Kompetensi Dasar
3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan  tertentu untuk mempetahankan hidup.
III.             Indikator
-            Menghubungkan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanan dan tempat hidupnya.
-            Menghubungkan antara bentuk paruh burung dengan jenis makanannya.
-            Menghubungkan antara jenis mulut serangga dengan jenis makanannya.
IV.             Tujuan pembelajaran
-            Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanan dan tempat hidupnya.
-            Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara bentuk paruh burung dengan jenis makanannya.
-            Melalui kegiatan mengamati gambar dan diskusi kelompok, siswa dapat menghubungkan antara jenis mulut serangga dengan jenis makanannya.
V.                Materi ajar
         Penyesuaian makhluk hidup dengan lingkungannya.
VI.             Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan          :  Model Pembelajaran Examples Non Examples
Metode                 : -   Tanya jawab
-       Ceramah
-       Diskusi kelompok
-       Penugasan
-        
VII.          Kegiatan pembelajaran
a.       Pra kegiatan ( 5 menit )
Salam, presensi, pengkondisian  kelas
b.      Kegiatan awal (10 menit)
a)      Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan:
-  Pernahkah kamu melihat burung elang?
-   Bagaimana bentuk paruhnya?
b)      Menyampaikan materi pembelajaran, seperti: “Anak-anak, hari ini kita akan mempelajari tentang cara penyesuaian hewan dengan lingkungannya.”
c)      Menyampaikan  tujuan pembelajaran, seperti: “Tujuan kita mempelajari materi ini adalah agar kita mengetahui bagaimana cara hewan menyesuaikan diri dengan lingkungan.”
c.       Kegiatan inti (70  menit)
Eksplorasi
a)      Guru menggali pengetahuan siswa tentang pengertian adaptasi.
b)      Siswa menjawab pertanyaan guru.
c)      Guru menunjukkan sebuah gambar paruh burung yang ditayangkan melalui LCD. Guru mengajukan pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk paruh burung tersebut? Apa jenis makanannya?”
d)     Guru menunjukkan sebuah gambar kaki burung yang ditayangkan melalui LCD.  Guru mengajukan pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk kaki burung tersebut? Apa jenis makanannya? Dimana tempat hidupnya?”
e)      Guru menunjukkan sebuah mulut serangga yang ditayangkan melalui LCD.    Guru mengajukan pertanyaan, seperti: “Bagaimana bentuk mulut serangga tersebut? Apa jenis makanannya?
f)       Siswa menjawab pertanyaan guru.
Elaborasi
a)      Siswa membentuk kelompok dengan panduan guru.
b)      Guru menjelaskan tata tertib dan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
c)      Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
d)     Setiap kelompok mengerjakan LKS bersama-sama.
e)      Guru memberikan batas waktu mengerjakan LKS.
f)       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
g)      Siswa dan guru bersama- sama membahas hasil diskusi
Konfirmasi
a)      Memfasilitasi peserta didik menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
b)      Siswa mendapat penghargaan dari guru
c)      Siswa mendengar penjelasan dari guru tentang materi yang dipelajari
d)     Siswa diberi kesempatan bertanya
d.      Kegiatan akhir (20  menit)
a)      Siswa bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran
b)      Evaluasi dan tindak lanjut
VIII.       Sumber Belajar
Media :
a.       Gambar kaki burung
b.      Gambar paruh burung
c.       Gambar mulut serangga
Sumber :                                          
a.       BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI Kelas V karya Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono.
IX.    Penilaian
·         Teknik penilaian             : tes dan non tes
·         Bentuk penilaian            : pilihan ganda dan penilaian sikap
·         Instrumen                       : terlampir





Mengetahui,
Kepala Sekolah

     Semarang,  Oktober  2011


Guru Kelas


BAHAN AJAR

Cara Penyesuaian Diri Hewan dengan Lingkungan
1. Penyesuaian Bentuk Tubuh terhadap Lingkungan
Banyak makhluk hidup yang menyesuaikan diri terhadap lingkungan dengan cara menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungan atau menyesuaikan dengan fungsinya. Penyesuaian bentuk tubuh ini bertujuan untuk memperoleh makanan maupun untuk melindungi diri dari musuhnya. Berikut ini contoh beberapa hewan yang menyesuaikan bentuk tubuhnya terhadap lingkungannya.
a. Burung
Burung memiliki bentuk kaki yang berbeda-beda disesuaikan dengan tempat hidupnya dan jenis mangsa yang dimakannya. Berdasarkan lingkungan dan jenis makanan yang dimakannya, bentuk kaki burung dikelompokkan menjadi lima, seperti pada tabel 3.1 berikut.


Bentuk paruh burung juga beraneka ragam. Keanekaragaman bentuk paruh burung sesuai dengan jenis makanannya. Perhatikan keanekaragaman bentuk paruh burung pada tabel 3.2.

b. Serangga
Untuk memperoleh makanannya, serangga memiliki cara tersendiri. Salah satu bentuk penyesuaian dirinya adalah bentuk mulut yang bebedabeda sesuai dengan jenis makanannya. Bedasarkan jenis makanan yang dimakannya, jenis mulut serangga dibedakan menjadi empat, yaitu mulut pengisap, mulut penusuk, mulut penjilat, dan mulut penyerap.
1) Mulut pengisap
Mulut pengisap pada serangga bentuknya seperti belalai yang dapat digulung dan dijulurkan. Contoh serangga yang memiliki mulut pengisap adalah kupu-kupu. Kupu-kupu menggunakan mulut pengisap untuk mengisap madu dari bunga.
2) Mulut penusuk dan penghisap
Mulut penusuk dan penghisap pada serangga memiliki ciri bentuk yang tajam dan panjang. Contoh serangga yang memiliki mulut penusuk dan penghisap adalah nyamuk. Nyamuk menggunakan mulutnya untuk menusuk kulit manusia kemudian menghisap darah. Jadi, selain mulutnya berfungsi sebagai penusuk juga berfungsi sebagai pengisap.
3) Mulut penjilat
Mulut penjilat pada serangga memiliki ciri terdapatnya lidah yang panjang dan berguna untuk menjilat makanan berupa nektar dari bunga, contoh serangga yang memiliki mulut penjilat adalah lebah.
4) Mulut penyerap
Mulut penyerap pada serangga memiliki ciri terdapatnya alat penyerap yang mirip spons (gabus). Alat ini digunakan untuk menyerap makanan terutama yang berbentuk cair. Contoh serangga yang memiliki mulut penyerap adalah lalat.


















LEMBAR KERJA SISWA

Nama Anggota Kelompok :

1.     ..............................................................
2.     ..............................................................
3.     .........................................................        


Diskusikan dengan kelompokmu!

No
Nama Hewan
Bentuk Kaki
Fungsi
1
2
3
4
5
Burung unta
Angsa
Rajawali
Burung pelatuk
Kenari




No
Nama Hewan
Bentuk Paruh
Jenis Makanan
1
2
3
4
5
6
7
Elang
Pelatuk
Pipit
Ayam
Pelikan
Bebek
Kolibri




No
Nama Serangga
Jenis Mulut
Jenis Makanannya
1
2
3
4
Kupu-kupu
Nyamuk
Lebah
Lalat




Kisi-kisi Soal

1.   C1 ( Ingatan )
·        Siswa dapat mengingat dan menghafal materi yang dipelajari.
Misalnya :
                                    Gambar di samping adalah burung pemakan . . .




2.        C2 ( Pemahaman )
·        Siswa dapat memahami  fungsi berbagai bentuk kaki burung.
Misalnya :
Gambar di samping adalah bentuk kaki bebek, bagaimana fungsi bentuk kaki bebek tersebut?


3.        C3 ( Penerapan )
·        Siswa dapat mengaplikasikan pengetahuan yang didapatnya dalam penugasan.
Misalnya :
Guru meminta siswa untuk mencari contoh bentuk kaki burung yang sesuai dengan cara memperoleh makan dan tempat hidupnya..

4.        C4 ( Analisis)
·        Dengan cara menganalisis siswa dapat menemukan perbedaan bentuk paruh burung menurut makanannya.
Misalnya :
Apakah perbedaan bentuk paruh burung pemakan biji dan pemakan daging?

5.        C5 ( Evaluasi )
·        Siswa dapat memberikan penilaian terhadap pernyataan yang di berikan oleh guru.
Misalnya :
Mulut nyamuk berbentuk tabung panjang dan tajam (runcing). Bentuk mulut ini berfungsi untuk pengunyah. Benar atau salah ?

6.        C6 ( Kreasi )
·        Siswa dapat membuat gambar sesuai dengan kreativitas masing-masing siswa mengenai berbagai macam paruh burung.
Gambarkan bentuk paruh burung pemakan ikan!

INSTRUMEN PENILAIAN

Berilah tanda cek (√) pada kolom tingkat kemampuan sesuai dengan indikator pengamatan!
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keaktifan dalam kelompok
Keberanian mengutarakan jawaban
Keberanian bertanya
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       Dst












skor minimum             = 3 è nilai =   = 33
skor maksimum           = 9 è nilai =   = 100

Nilai =
Deskriptor :
Keaktifan dalam kelompok
1.      tidak berpartisipasi dalam kelompok dan rame sendiri
2.      diam saja, tidak berpartisipasi dalam kelompok
3.      berpartisipasi dalam kelompok dan mau berpendapat
Keberanian mengutarakan jawaban
1.      suara pelan dan artikulasi tidak jelas
2.      suara pelan dan artikulasi jelas
3.      suara lantang dan artikulsi jelas
Keberanian bertanya
1.      diam saja tidak bertanya
2.      bertanya dengan malu-malu
3.      bertanya dengan suara yang lantang

Skala Penilaian :
84 – 100 = sangat baik 
67  - 83   = baik
50  - 66   = cukup baik
33 – 49   = kurang





















LEMBAR EVALUASI

Pilihlah jawaban yang paling tepat !

1.        Bentuk paruh burung yang berbeda-beda antara yang satu dan yang lainnya merupakan bentuk penyesuaian diri burung untuk memperoleh ....

a. air
b. makanan

c. udara
d. keturunan

2.        Berdasarkan bentuk kakinya, ayam merupakan jenis burung ....

a. perenang
b. pemangsa

c. pemanjat
d. pejalan kaki

3.    Hewan berikut ini termasuk kelompok yang termasuk burung pemanjat adalah ....

a. itik
b. ayam

c. pelatuk
d. elang

4.    Berdasarkan bentuk paruhnya, jenis makanan burung elang adalah ....

a. biji-bijian
b. buah-buahan

c. daging
d. ikan besar

5.    Kupu-kupu memiliki jenis mulut ...

a. penyerap
b. penjilat

c. penghisap
d. penusuk

4.      Bebek mempunyai jari kaki berselaput, berarti bebek . . . .

a. pandai berlari
b. pandai berenang

c. suka memanjat
d. suka bertengger

5.      Hewan yang mempunyai jenis mulut sama dengan belalang yaitu . . . .

a. nyamuk
b. jangkrik

c. kupu-kupu
d. lalat



8.    Bentuk kaki pada gambar di samping  merupakanpenyesuaian diri untuk . . . .
a. membunuh dan mencengkeram mangsa
b. berenang dan berjalan di lumpur
c. mengais makanan di tanah
d. memanjat di pohon

9.        Hewan yang mempunyai jenis mulut penusuk yaitu . . . .

a. nyamuk
b. jangkrik

c. kupu-kupu
d. lalat

10. Berikut yang termasuk burung pemakan biji-bijian ialah ....

a. elang
b. rajawali
c. bangau
d. nuri




Kunci jawaban :
1.      B                                   6.   B
2.      D                                   7.   B
3.      C                                   8.   A
4.      C                                   9.   A
5.      C                                  10. D


Penskoran :

BENAR bernilai 1
SALAH bernilai  0

NILAI   =    X 100


logo unnes

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS V SEMESTER I





Disusun oleh :
1.      Devita Fitriyandani S. (1401410018)
2.      Desilia Dwi A.              (1401410066)
3.      Ganjar Ramdani            (1401410234)
4.      Tri Astuti W.                 (1401410280)
5.      Dhavina Emha M.         (1401410315)

Rombel : 5





PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar