RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
KELAS I SEMESTER II
Disusun
oleh :
1. Devita Fitriyandani S.
(1401410018)
2. Desilia Dwi A
(1401410066)
3. Ganjar Ramdani (1401410239)
4. Tri Astuti W. (1401410289)
5. Dhavina Emha M. (1401410315)
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2011
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Tematik
Kelas/Semester : I/2
Tema : Kesehatan
Alokasi Waktu : 1
x 15 menit
(1 pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
IPA : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam
serta
pengaruhnya terhadap kesehatan manusia.
IPS : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
II.
Kompetensi
Dasar
IPA : Mengenal
berbagai benda langit melalui pengamatan.
IPS : Mendeskripsikan
lingkungan sekitar rumah yang bersih dan kotor.
III.
Indikator
1. Menjelaskan ciri-ciri akan terjadinya turun hujan
2.
Menceritakan
lingkungan sekitar yang sehat dan tidak sehat.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
pengamatan siswa dapat menjelaskan akan terjadinya turun hujan
2.
Melalui pengamatan
siswa dapat membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.
V.
Materi
Ajar
1.
Berbagai
benda langit dan peristiwa alam.
2.
Lingkungan bersih
dan kotor
VI.
Pendekatan dan Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Model Pembelajaran Examples Non Examples
Metode : Tanya jawab
Permainan
Ceramah
Diskusi kelompok
VII.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan
awal :
Apresepsi/Motivasi :
·
Berdoa, guru memberi salam, guru mengabsen siswa, guru mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·
Menyanyikan lagu “Tik-Tik
Bunyi Hujan”.
·
Guru mengajukan
pertanyaan
Ø Musim apakah sekarang?
Ø Bagaimana keadaan lingkungan rumahmu ketika musim
penghujan?
·
Guru memberi tahu
tema kesehatan yang akan dibahas.
·
Guru memberi tahu tujuan
pembelajaran.
B. Kegiatan inti :
§ Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
1.
Guru
menggali pengetahuan siswa tentang 2 musim yang terjadi di Indonesia
2.
Siswa
menjawab pertanyaan guru
3.
Guru
menunjukkan sebuah gambar matahari yang ditayangkan di LCD. Guru mengajukan
pertanyaan, seperti :”Gambar apakah ini? Musim apa yang sehari-hari matahari
terlihat?”
4.
Guru
menunjukkan sebuah gambar lingkungan sekitar rumah yang kotor melalui LCD,
kemudian guru mengajukan pertanyaan, seperti :”Ini lingkungan apa? , dan apakah
kalian nyaman tinggal disini?
5.
Guru
menunjukkan sebuah gambar sungai banjir dan kotor melalui LCD, kemudian guru
mengajukan pertanyaan, seperti : “apa penyebab banjir? Dan pada musim apa
terjadi banjir?
6.
Siswa
menjawab pertanyaan guru
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.
Dengan bimbingan
guru siswa membentuk kelompok.
2.
Guru menjelaskan
tata tertib dan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
3.
Guru membagikan LKS
pada tiap kelompok.
4.
Siswa mengerjakan
tugas bersama-sama.
5.
Guru memberi batas
waktu mengerjakan LKS.
6.
Kelompok yang ditunjuk
mempresentasikan hasil diskusinya.
7.
Siswa dan guru
bersama-sama membahas hasil diskusi.
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
C. Kegiatan akhir :
a. Siswa bersama guru
membuat kesimpulan pembelajaran.
b. Evaluasi dan tindak
lanjut.
VIII.
Media
dan Sumber Belajar
Media
: Gambar matahari
Gambar lingkungan kotor
Sumber
Belajar : Buku
ajar tematik kelas 1
IX.
Penilaian
1.
Lisan
2.
Perbuatan
3.
Portofolio
Semarang, November
2011
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
MATERI
AJAR
A.
IPA
Benda langit adalah semua objek yang berada di lengkungan langit, baik yang
terlihat di siang hari maupun malam hari. Pada siang hari, kita melihat
Matahari, sedangkan pada malam hari kita melihat Bulan, Bintang, dan
sebagainya.
Benda langit yang paling dekat adalah
Bulan. Jaraknya ke Bumi “hanya” sekitar 384.000 kilometer. Bulan adalah satelit
Bumi, selalu setia mengelilingi dan mengikuti
ke mana pun Bumi bergerak. Bulan tampak bersinar karena memantulkan cahaya dari
Matahari.
Tata Surya
Matahari adalah benda langit yang
tampak paling terang cahayanya. Ketika Matahari
muncul di langit, manusia di Bumi menyebut saat itu adalah siang hari. Matahari
adalah satu jenis bintang. Ia memancarkan cahaya dari dalam dirinya sendiri.
Jaraknya ke Bumi kira-kira 150 juta kilometer.
Ketika Matahari tenggelam di ufuk
barat, kita menyebut saat itu malam hari. Di malam yang cerah, kita akan
melihat ribuan benda langit yang bercahaya. Namun, tidak semua benda langit memancarkan cahaya
sendiri. Planet, seperti Bulan, adalah benda langit yang memantulkan cahaya
Matahari.
Bumi termasuk di antara sembilan
planet yang berputar mengelilingi Matahari. Kesembilan planet itu (berdasarkan
urutan jaraknya dari Matahari) adalah Merkurius,
Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Di luar
sembilan planet itu, ada satu benda langit yang disebut sebagai planet yang
juga mengelilingi Matahari. Namun, karena belum diketahui secara pasti, planet
itu disebut Planet X.
Matahari, Bulan, planet-planet, serta
benda-benda langit yang berada di antaranya termasuk ke dalam sebuah sistem
yang disebut Tata Surya. Yang dimaksud “benda-benda langit di antaranya” adalah
asteroid, meteoroid, bulan-bulan yang mengelilingi planet
lain (Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus), Cincin Saturnus dan
Uranus, komet, dan lain-lain.
Asteroid adalah benda-benda langit
yang mirip planet, tetapi berukuran jauh lebih kecil. Sebagian besar asteroid berada
di antara Mars dan Jupiter. Meteor adalah benda langit yang kemudian
menembus atmosfer Bumi. Adapun komet adalah benda langit yang kelihatan
memiliki ekor sangat panjang.
B.
IPS
Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak Sehat
Manusia dan makhluk hidup lainnya
sangat membutuhkan udara untuk bernapas. Udara yang dihirup mengandung oksigen.
Udara yang kita perlukan untuk bernapas adalah udara yang bersih. Udara yang
bersih banyak mengandung oksigen. Selain udara, manusia membutuhkan air untuk
mandi, minum, dan memasak. Kamu memeroleh udara dan air dari lingkungan
sekitarmu. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga lingkungan sekitarmu agar
kamu mendapat air dan udara yang bersih dan segar.
1. Lingkungan Sehat
Pernahkah
kamu berjalan-jalan bersama ayah dan ibumu ke luar kota yang jauh dari
keramaian? Kamu akan merasakan udara di sekitar tempat itu sangat segar dan
bersih. Udara yang bersih itu banyak mengandung oksigen yang baik bagi tubuh
kita. Udara yang bersih dapat kamu peroleh di rumah. Ketika bangun pagi,
hiruplah udara di halaman rumahmu, kemudian rasakan udara yang masuk ke dalam
paru-parumu. Terasa nyaman dan segar, bukan?
Mungkin,
di halaman rumahmu banyak tanaman. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman
tersebut akan banyak. Udara di sekitarnya akan terasa nyaman dan segar. Adakah
sungai atau parit di sekitar rumahmu? Apakah sungai dan parit tersebut penuh
sampah? Air sungai yang sehat adalah air sungai yang bersih dan jernih. Tidak
ada sampah yang berserakan. Biasanya, masih ada ikan yang hidup di sungai itu.
Parit di rumahmu harus selalu dibersihkan. Jangan ada sampah yang menyumbat
aliran airnya. Parit yang sehat harus jernih dan bersih.
Sekarang
banyak lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Apakah penyebab hal
tersebut? Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang
kotor berarti lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan terbagi
atas pencemaran air, udara, dan tanah
LAMPIRAN
Media
LEMBAR
KERJA SISWA
Nama Anggota
Kelompok :
1.
.............................................
2.
.............................................
Diskusikan dengan teman sebangkumu!
1. Sebutkan ciri-ciri yang kamu ketahui apabila akan terjadi
hujan !
Jawab :
.....................................................................................................
..................................................................................................................
2. Sebutkan benda-benda langit yang kamu ketahui!
Jawab :
.....................................................................................................
..................................................................................................................
3. Ceritakan gambar di bawah ini menurut bahasamu!
Jawab :
................................................................................................
.............................................................................................................
KISI-KISI SOAL
- Macam-macam benda-benda langit
- Mengenal musim
- Menjaga kebersihan sehari-hari
- Penerapan hidup bersih dalam kegiatan sehari-hari
- Mengenal musim penghujan
LEMBAR
EVALUASI
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Bintang biasanya keluar pada ... hari.
a. Siang
b. Malam
c. Sore
2. Payung dan jas hujan digunakan pada saat musim ....
a. Penghujan
b. Kemarau
c. Panen
3. Sampah dibuang di .......
a. Tempat sampah
b. Sungai
c. Halaman
4. Mandi menggunakan...
a. Air keruh
b. Air bersih
c. Air genangan
5. Banjir terjadi biasanya pada musim ....
a. Kemarau
b. Penghujan
c. Panas
Kunci Jawaban :
1. B 2. A 3. A 4.
B 5. B
Skor nilai :
NILAI
= SKOR BENAR X 2
FORMAT KRITERIA PENILAIAN
Produk
( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Pengetahuan
Praktek
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* aktif Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
4
2
1
|
|
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
thanks banget buat yang bkin rpp nie,,,
BalasHapusq jadi terbantu bgt