Minggu, 08 April 2012

RPP Tematik Fokus IPA tentang Kesehatan


unnes bw
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
KELAS I SEMESTER II



Disusun oleh :
1.      Devita Fitriyandani S.       (1401410018)
2.      Desilia Dwi A                   (1401410066)
3.      Ganjar Ramdani                (1401410239)
4.      Tri Astuti W.                     (1401410289)
5.      Dhavina Emha M.             (1401410315)




PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran                : Tematik
Kelas/Semester                : I/2
Tema                                : Kesehatan
Alokasi Waktu                 : 1 x 15 menit (1 pertemuan)


I.                         Standar Kompetensi
     
      IPA                              : Mengenal berbagai benda langit dan peristiwa alam
                                             serta pengaruhnya terhadap  kesehatan manusia.
IPS                                          : Mendeskripsikan lingkungan rumah.
II.                      Kompetensi Dasar

IPA                             : Mengenal berbagai  benda langit melalui pengamatan.
IPS                              : Mendeskripsikan lingkungan sekitar rumah yang bersih dan kotor.

III.                   Indikator
1.      Menjelaskan ciri-ciri akan terjadinya turun hujan
2.      Menceritakan lingkungan sekitar yang sehat dan tidak sehat.

IV.                   Tujuan Pembelajaran
1.         Melalui pengamatan siswa dapat menjelaskan akan terjadinya turun hujan
2.         Melalui pengamatan siswa dapat membedakan lingkungan sehat dan tidak sehat.

V.                      Materi Ajar
1.         Berbagai benda langit dan peristiwa alam.
2.         Lingkungan bersih dan kotor





VI.                   Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Model Pembelajaran Examples Non Examples
Metode        : Tanya jawab
                        Permainan
                        Ceramah
                        Diskusi kelompok
VII.                Kegiatan Pembelajaran
A.       Kegiatan awal :
Apresepsi/Motivasi :
·         Berdoa, guru memberi salam, guru mengabsen siswa, guru mempersiapkan materi ajar, model, alat peraga.
·         Menyanyikan lagu “Tik-Tik Bunyi Hujan”.
·         Guru mengajukan pertanyaan
Ø  Musim apakah sekarang?
Ø  Bagaimana keadaan lingkungan rumahmu ketika musim penghujan?
·                                             Guru memberi tahu tema kesehatan yang akan dibahas.
·                                             Guru memberi tahu tujuan pembelajaran.


B. Kegiatan inti :
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
1.    Guru menggali pengetahuan siswa tentang 2 musim yang terjadi di Indonesia
2.    Siswa menjawab pertanyaan guru
3.    Guru menunjukkan sebuah gambar matahari yang ditayangkan di LCD. Guru mengajukan pertanyaan, seperti :”Gambar apakah ini? Musim apa yang sehari-hari matahari terlihat?”
4.    Guru menunjukkan sebuah gambar lingkungan sekitar rumah yang kotor melalui LCD, kemudian guru mengajukan pertanyaan, seperti :”Ini lingkungan apa? , dan apakah kalian nyaman tinggal disini?
5.    Guru menunjukkan sebuah gambar sungai banjir dan kotor melalui LCD, kemudian guru mengajukan pertanyaan, seperti : “apa penyebab banjir? Dan pada musim apa terjadi banjir?
6.    Siswa menjawab pertanyaan guru




§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
1.         Dengan bimbingan guru siswa membentuk kelompok.
2.         Guru menjelaskan tata tertib dan kegiatan yang harus dilakukan oleh siswa.
3.         Guru membagikan LKS pada tiap kelompok.
4.         Siswa mengerjakan tugas bersama-sama.
5.         Guru memberi batas waktu mengerjakan LKS.

6.         Kelompok yang ditunjuk mempresentasikan hasil diskusinya.
7.         Siswa dan guru bersama-sama membahas hasil diskusi.
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
1.      Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
2.      Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.


C. Kegiatan akhir :
            a. Siswa bersama guru membuat kesimpulan pembelajaran.
            b. Evaluasi dan tindak lanjut.

VIII.             Media dan Sumber Belajar
Media                  :   Gambar matahari
Gambar lingkungan kotor
                                
Sumber Belajar : Buku ajar tematik kelas 1
IX.             Penilaian
1.                                                         Lisan
2.                                                         Perbuatan
3.                                                         Portofolio

Semarang,  November  2011              

   Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                           Guru Kelas


MATERI AJAR
A.    IPA
Benda langit adalah semua objek yang berada di lengkungan langit, baik yang terlihat di siang hari maupun malam hari. Pada siang hari, kita melihat Matahari, sedangkan pada malam hari kita melihat Bulan, Bintang, dan sebagainya.
Benda langit yang paling dekat adalah Bulan. Jaraknya ke Bumi “hanya” sekitar 384.000 kilometer. Bulan adalah satelit Bumi, selalu setia mengelilingi dan mengikuti ke mana pun Bumi bergerak. Bulan tampak bersinar karena memantulkan cahaya dari Matahari.
Tata Surya
Matahari adalah benda langit yang tampak paling terang cahayanya. Ketika Matahari muncul di langit, manusia di Bumi menyebut saat itu adalah siang hari. Matahari adalah satu jenis bintang. Ia memancarkan cahaya dari dalam dirinya sendiri. Jaraknya ke Bumi kira-kira 150 juta kilometer.
Ketika Matahari tenggelam di ufuk barat, kita menyebut saat itu malam hari. Di malam yang cerah, kita akan melihat ribuan benda langit yang bercahaya. Namun, tidak semua benda langit memancarkan cahaya sendiri. Planet, seperti Bulan, adalah benda langit yang memantulkan cahaya Matahari.
Bumi termasuk di antara sembilan planet yang berputar mengelilingi Matahari. Kesembilan planet itu (berdasarkan urutan jaraknya dari Matahari) adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto. Di luar sembilan planet itu, ada satu benda langit yang disebut sebagai planet yang juga mengelilingi Matahari. Namun, karena belum diketahui secara pasti, planet itu disebut Planet X.
Matahari, Bulan, planet-planet, serta benda-benda langit yang berada di antaranya termasuk ke dalam sebuah sistem yang disebut Tata Surya. Yang dimaksud “benda-benda langit di antaranya” adalah asteroid, meteoroid, bulan-bulan yang mengelilingi planet lain (Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus), Cincin Saturnus dan Uranus, komet, dan lain-lain.
Asteroid adalah benda-benda langit yang mirip planet, tetapi berukuran jauh lebih kecil. Sebagian besar asteroid berada di antara Mars dan Jupiter. Meteor adalah benda langit yang kemudian menembus atmosfer Bumi. Adapun komet adalah benda langit yang kelihatan memiliki ekor sangat panjang.


B. IPS
Lingkungan Sehat dan Lingkungan tidak Sehat
Manusia dan makhluk hidup lainnya sangat membutuhkan udara untuk bernapas. Udara yang dihirup mengandung oksigen. Udara yang kita perlukan untuk bernapas adalah udara yang bersih. Udara yang bersih banyak mengandung oksigen. Selain udara, manusia membutuhkan air untuk mandi, minum, dan memasak. Kamu memeroleh udara dan air dari lingkungan sekitarmu. Oleh karena itu, kamu harus selalu menjaga lingkungan sekitarmu agar kamu mendapat air dan udara yang bersih dan segar.
1. Lingkungan Sehat
Pernahkah kamu berjalan-jalan bersama ayah dan ibumu ke luar kota yang jauh dari keramaian? Kamu akan merasakan udara di sekitar tempat itu sangat segar dan bersih. Udara yang bersih itu banyak mengandung oksigen yang baik bagi tubuh kita. Udara yang bersih dapat kamu peroleh di rumah. Ketika bangun pagi, hiruplah udara di halaman rumahmu, kemudian rasakan udara yang masuk ke dalam paru-parumu. Terasa nyaman dan segar, bukan?
Mungkin, di halaman rumahmu banyak tanaman. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut akan banyak. Udara di sekitarnya akan terasa nyaman dan segar. Adakah sungai atau parit di sekitar rumahmu? Apakah sungai dan parit tersebut penuh sampah? Air sungai yang sehat adalah air sungai yang bersih dan jernih. Tidak ada sampah yang berserakan. Biasanya, masih ada ikan yang hidup di sungai itu. Parit di rumahmu harus selalu dibersihkan. Jangan ada sampah yang menyumbat aliran airnya. Parit yang sehat harus jernih dan bersih.
2. Lingkungan Tidak Sehat
Sekarang banyak lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Apakah penyebab hal tersebut? Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor berarti lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan terbagi atas pencemaran air, udara, dan tanah
LAMPIRAN
Media



     
img08012010561471.jpg.pagespeed.ce.6xDFHTs8en.jpg



LEMBAR KERJA SISWA


Nama Anggota Kelompok :
1.                       .............................................
2.                       .............................................

Diskusikan dengan teman sebangkumu!
1.      Sebutkan ciri-ciri yang kamu ketahui apabila akan terjadi hujan  !
Jawab : .....................................................................................................
..................................................................................................................
2.      Sebutkan benda-benda langit yang kamu ketahui!
Jawab : .....................................................................................................
..................................................................................................................
3.      Ceritakan gambar di bawah ini menurut bahasamu!
img08012010561471.jpg.pagespeed.ce.6xDFHTs8en.jpg
Jawab : ................................................................................................
.............................................................................................................




KISI-KISI SOAL
  1. Macam-macam benda-benda langit
  2. Mengenal musim
  3. Menjaga kebersihan sehari-hari
  4. Penerapan hidup bersih dalam kegiatan sehari-hari
  5. Mengenal musim penghujan

















LEMBAR EVALUASI
Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1.      Bintang biasanya  keluar pada ... hari.
a.       Siang
b.      Malam
c.       Sore
2.      Payung dan jas hujan digunakan pada saat musim ....
a.       Penghujan
b.      Kemarau
c.       Panen
3.      Sampah dibuang di .......
a.       Tempat sampah
b.      Sungai
c.       Halaman
4.      Mandi menggunakan...
a.       Air keruh
b.      Air bersih
c.       Air genangan
5.      Banjir terjadi biasanya pada musim ....
a.       Kemarau
b.      Penghujan
c.       Panas
Kunci Jawaban :
1.      B           2. A    3. A     4. B     5. B
Skor nilai :
NILAI = SKOR BENAR X 2


FORMAT KRITERIA PENILAIAN

Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah

4
3
2
1

Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.



3.
Pengetahuan



Praktek



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* aktif  Praktek
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap

4
2
1

4
2
1

4
2
1














LEMBAR PENILAIAN

No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.








   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.


1 komentar: