Minggu, 08 April 2012

RPP Tematik Lingkungan Kelas 3



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK KELAS 3

Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah
Dosen Pengampu: Nugraheti Sismulyasih Sabilillah, S.Pd, M.Pd



Oleh :
Muin Arifah
1401410203







PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(TEMATIK)
Kelas/ semester                : III/ 1
Tema                                : Lingkungan
Alokasi waktu                 : 3x35 menit  ( 1x pertemuan )
Hari, tanggal                    :

A.    Standar Kompetensi        :
Bahasa Indonesia
Membaca
2.   Membaca  teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng.
IPS.
1.   Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
IPA                     
1.   Memahami ciri-ciri kebutuhan mahluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.

B.     Kompetensi Dasar           :
Bahasa Indonesia
3.1   Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
IPS
1.1        Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
C.     Indikator                          :
Bahasa Indonesia
1.               Mempelajari pengertian, macam-macam dan unsur-unsur dongeng.
2.               Membaca nyaring teks (20-25) dongeng, fabel dan legenda kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat.
IPS
1.               Menyebutkan contoh kenampakan alam
IPA
1.               Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya.
D.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Bahasa Indonesia
1.      Melalui bimbingan dari guru dan bacaan dari buku, siswa dapat menjelaskan pengertian, macam-macam dan unsur-unsur dongeng dengan benar.
2.      Melalui teks bacaan(dongeng, fabel dan legenda ) , siswa dapat membaca nyaring teks (20-25) kalimat dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan baik.
IPS
1.      Melalui teks bacaan legenda, siswa dapat menyebutkan contoh kenampakan alam dengan benar.
IPA
1        Melalui teks bacaan fabel , siswa dapat menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya dengan benar.
B.           MATERI AJAR
Bahasa Indonesia           : Teks bacaan (dongeng., legenda, fabel, )
IPS                                 : Lingkungan Alam dan Buatan.
IPA                                : Penggolongan Mahkluk Hidup
C.         SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN
·         BSE Aku Bangga Bahasa Indonesia kelas 3 oleh Ismoyo 2008
·         BSE Ilmu Pngetahuan Alam dan Lingkunganku kelas III oleh Mulyati Arifin 2008
·         BSE Ilmu Pengetahuan Sosial 3 oleh Muhammad Nursaban 2008
·         Buku Penunjang Belajar Siswa SD Bahasa Indonesia kelas 3 semester 1
D.       MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
Model Pembelajaran      : Numbered Heads Together (NHT)
Metode Pembelajaran    :
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Diskusi Kelompok
4.      Penugasan
E.         LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Pra-kegiatan ( 5 menit )
asalam pembuka
b.      pengkondisian kelas
c.       berdoa
d.      absensi
2        Kegiatan awal ( 10 menit )
a.       Guru memberikan motivasi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Si Kancil Anak Nakal”.
b.      Guru menyampaikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
“Anak-anak, siapa yang dirumah kalau akan tidur dibacakan dongeng ?”
“ Oleh Siapa?”
”Tentang apa aja?”
c.       Guru menuliskan judul dan menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
3        Kegiatan inti (70 menit)
Eksplorasi (5 menit)
a.       Guru memberikan pertanyaan tentang gambar yang ada di papan tulis.
b.      Guru menjelaskan sajian materi tentang pengertian, macam-macam dan unsur-unsur dongeng.
c.       Guru membentuk 6 kelompok (6-7 siswa)
d.      Guru memberikan petunjuk tentang langkah-langkah model pembelajaran NHT yang akan berlangsung.
e.       Guru menempelkan nomor kepada setiap kelompok di lengan .
Elaborasi (55menit)
f.       Guru membagikan lembar teks  bacaan dongeng (Lembar Kerja Kelompok 1),yang sama  kepada setiap dua kelompok.
g.      Semua siswa membaca teks yang telah diberikan sesuai dengan kelompoknya.
h.      Setelah selesai guru menunjuk siswa sesuai dengan nomor yang ada di lengannya.
i.        Siswa yang ditunjuk membacakan teks bacaan  ( legenda Sangkuriang) dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
j.        Siswa menanggapi lafal dan intonasi teman yang sudah maju membaca nyaring di depan kelas dengan bimbingan guru.
k.      Guru menjelaskan  materi  mengkaitkan legenda Sangkuriang (Gunung Tangkuban Perahu) dengan kenampakan alam , serta membagikan LKK 2.
l.        Guru memberikan bimbingan kepada semua kelompok untuk menyebutkan contoh-contoh kenampakan alam.
m.    Guru menyebutkan nomor yang akan maju untuk membacakan dongeng.
n.      Siswa yang ditunjuk membacakan teks bacaan  dongeng (Ande-Ande Lumut) dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
o.      Siswa menanggapi lafal dan intonasi teman yang sudah maju membaca nyaring di depan kelas dengan bimbingan guru.
p.      Siswa yang ditunjuk membacakan teks bacaan  ( Fabel Perlombaan Garuda dan Kura-kura) dengan suara nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
q.      Siswa menanggapi lafal dan intonasi teman yang sudah maju membaca nyaring di depan kelas dengan bimbingan guru.
r.        Guru menjelaskan  materi  mengkaitkan Fabel Perlombaan Garuda dan Kura-kura (Hewan) dengan penggolongan hewan berdasarkan tempat hidup (darat dan air), serta membagikan LKK 3 ke setiap kelompok.
s.       Guru memberikan bimbingan kepada semua kelompok untuk menyebutkan nama-nama hewan dan menggolongkannya  berdasarkan tepat hidupnya ( darat dan air).
Konfirmasi (10 menit)
t.        Siswa diberikan umpan balikdari teks bacaan yang telah di bacakan sebelumnya.
u.      Tiap siswa mendapatkan penilaian secara  individuoleh guru dari hasil proses.
v.      Penghargaan atau reward  terhadap individu dan kelompok yang terbaik
4        Kegiatan akhir (20 menit)
a. Pemantapan materi yang telah di dipelajari dalam proses pembelajaran sebelumnya.
b.Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat kesimpulan hasil proses pembelajaran.
c. Siswa mengerjakan evaluasi


F.  Evaluasi
1.  Penilaian
      a. Tes proses   
      b. Tes akhir    
2.  Jenis tes
      a. lisan             : pada saat KBM
      b. Tertulis        : pada saat formatif
3.  Bentuk tes
      Esay
4.  Alat Tes
      a. Lembar Kerja Siswa
      b. Kunci jawaban
      d. Lembar pengamatan siswa








Semarang ,
Mengetahui,
Dosen Pengampu                                                                                      Mahasiswa


Nugraheti Sismulyasih Sabilillah, S.Pd, M.Pd                                Muin Arifah
NIP.                                                                                                      NIM. 1401410203


LAMPIRAN
EVALUASI
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar !
1.      Dongeng yang ditokohi oleh binatang peliharaan atau binatang liar disebut………….
2.      Sangkuriang termasuk jenis cerita………………
3.      Ande-ande lumut termasuk jenis cerita………………..
4.      Salah satu unsur dalam cerita yang meliputi gambaran waktu dan tempat disebut…………..
5.      Dalam cerita yang berjudul “Perlombaan Garuda dan Kura-kura”, yang menjadi pemenangnya adalah………………
6.      Didalam cerita  yang akan menikah dengan Ande-Ande Lumut yaitu…………..
7.      Gunung termasuk kenampakan……………….
8.      Kenampakan alam yang dimanfaatkan sebagai sarana olahraga, seperti berenang menyelam, ski air, selancar, dan perahu layar adalah………………….
9.      Hewan yang hidupnya di darat disebut hewan ……….
10.  Hewan Buaya dan Katak hidup di………………….. dan ……………………

Kunci Jawaban :
1        Fabel
2        Legenda
3        Dogeng
4        Latar/ setting
5        KuraKura
6        Klenting Kuning
7        Alam
8        Laut
9        Darat
10    Darat dan air

Kriteria Penilaian
Skor     : benar 1
         Salah 0
Nilai = Skor diperoleh X 10
Keterangan diisi dengan kriteria berikut         :
Nilai >=91  Berarti sangat baik
Nilai 71-90 Berarti baik
Nilai 51-70 Berarti sedang
Nilai 31-50  Berarti kurang
Nilai <=30  Berartisangat kurang
Lembar Kerja Kelompok 1
Nama Kelompok         :…………………..
Nama                           :………………….
Nomor Kepala             :………………….

Bacalah dengan nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat dengan baik!
Perlombaan Garuda Dan Kura – Kura
Alkisah adalah seekor kura-kura tua yang menjadi pemimpin sekelompok kura-kura.Ia sangat berprihatin karena setiap hari anggota kelompoknya pasti ada yang dimangsa oleh Garuda. Maka ia berpikir-pikir mencari siasat. Lalu ia berdiskusi dengan kura-kura lainnya supaya lolos dari sang Garuda.
Lalu si kura-kura tua memiliki sebuah siasat. Mereka bertaruhan dengan sang Garuda. Bercepat-cepatan terbang menyeberang laut. Kalau kalah, maka semua kura-kura tetap dimakan sang Garuda. Namun jika menang, mereka akan berhenti menjadi makanan sang Garuda.
Para kura-kura ragu bagaimana bisa mengalahkan sang Garuda, bahkan bertaruhan akan menyeberang lautan.Maka sang kura-kura tua menjawab bahwa mereka tidak usah khawatir, ia punya siasat. Katanya: “Pasti akan kalahlah sang Garuda oleh kalian. Turutilah semua kataku. Berjajarlah satu sama lain di dalam laut. Isilah lautan dengan penuh sampai di pinggir olehmu. Kalau sang Garuda memanggil, menyahutlah dulu yang di depan sang Garuda, semuanya begitu satu-satu sampai di pinggir. Sapalah duluan, siapapun yang dijumpai olehnya.”
Begitulah inti diskusi mereka diharapkan supaya tidak dimangsa lagi. Maka tersusunlah mereka di dalam lautan lalu datanglah sang Garuda meminta makanannya.Sahut si kura-kura tua, katanya: “Aduh wahai sang Raja Burung, nanti akan saya berikan makanan anda. Lawanlah kami dulu.Memang kami ingin bertaruhan dengan anda.Bercepat-cepatan menyeberang laut.Kalau kami kalah, ya anda dapat memakan kami. Tetapi jika anda kalah, berhentilah memangsa kami sampai dengan keturunan kami di masa depan!
Begitulah kata si kura-kura, tertawalah sang Garuda, kemudian katanya: “Wahai kura-kura asal kalian patuhi omonganmu saja. Kalian berani menantangku bertaruhan?Kapankah kalian bisa menang?Pastilah kalah!”Begitu kata mereka berdua dan keduanya setuju.
Segeralah kemudian melayang sang Garuda, sedangkan semua kura-kura sudah tersusun sebelumnya dari batas dan pinggir lautan. Sampai sudah sang Garuda di tengah laut dan memanggillah ia si kura-kura yang dengan segera menyahutinya.
Masing-masing yang dijumpainya dari depan sama-sama mendahului teriakan sang Garuda: “Hah anda tertinggal wahai sang Garuda!” Begitulah kata semua kura-kura menjawab.
Sang Garuda berkata: “Aduh cepat sekali kalian, sungguh lelah saya!” Kemudian ia melayang. Ia mempercepat penerbangannya. Baru saja kelihatan tepi lautan pantai utara olehnya. Terlihat si kura-kura sudah sampai dan bersantai-santai, katanya dengan tenang: “Aduh lama Tuan saya menunggu kedatangan anda. Saya capai dan lesu, terhenti melaju sampai kedatangan Tuan.”
Sahut sang Garuda: “Aduh kalian sungguh kencang. Saya mengaku kalah.” Maka sang Garuda sungguh sudah berhenti memangsa kura-kura bahkan sampai sekarang juga.

Ande-Ande Lumut
Dahulunya, Jenggala dan Kediri berada dalam suatu wilayah bernama Kahuripan.Tapi oleh Airlangga dibagi dua karena takut terjadi perang saudara.Sebelum meninggal, Airlangga sempat berpesan, Kediri dan Jenggala harus kembali disatukan dalam suatu ikatan pernikahan antara anak Jayengnagara (Penguasa Jenggal) dan anak Jayengrana (Penguasa Kediri). Tapi pernikahan bukan berdasarkan perjodohan melainkan atas dasar suka sama suka.
Adalah Panji Asmarabangun (anak Jayengnagara) dan Sekartaji (anak Jayenggrana) secara rahasia sudah bersahabat sejak kecil.Mereka selalu menghabiskan waktu bersama dengan ditemani Simbok dan Prasanta, dua pembantu setia.Maka ketika kemudian keluarga Jayengnagara berkunjung kerumah Jayengrana, tentu saja Panji dan Sekar jadi senyum-senyum sendiri.
Ternyata orangtua keduanya bersahabat karib dan mempunyai keinginan untuk saling berbesanan.Panji langsung saja minta diamankan saat itu juga.Sekar, meskipun malu-malu, sebenarnya menyetujui juga.
Keputusan untuk menikahkan Panji (Temmy Rahadi) dengan Sekar (Imel Putri Cahyati) membuat Padukasari (isteri kedua Jayengrana) tidak terima.Karena Padukasari menginginkan Intan Sari yang bersanding dengan Panji. Padukasari kemudian menculik dan menyembunyikan Sekar bersama Candrawulan (Ibunda Sekar - isteri pertama Jayengrana) di rumah peristirahatan di luar kota.
Mengetahui Sekar menghilang, Panji kecewa.Langsung menolak usul Padukasari yang minta pernikahan tetap berlangsung dengan Intan Sari sebagai mempelai wanitanya.Panji yang kecewa, berkenalan untuk mencari Sekar dan Candrawulan.Kemudian diangkat anak oleh ibu Randa yang berterimakasih karena sudah menolongnya. Panji berganti nama menjadi Ande-Ande Lumut.
Sementara itu Candrawulan berhasil mengirim pesan ke Jayengrana melalui burung merpati.Sekar dan Candrawulan dibebaskan, Padukasari dan Intan Sari melarikan diri.Tapi Sekat tidak langsung senang.Karena Panji sudah pergi berkelana entah kemana.Sekar yang kecewa, memutuskan berkelana juga untuk mencari Panji bersama Simbok.Lalu ditampung dirumah ibu Wati yang memiliki 2 anak perempuan bernama Klenting Merah dan Klenting Biru.
Ande-Ande Lumut terus tinggal bersama ibu Randa.Karena mau balas budi, ibu randa lalu membuka lowongan untuk siapa saja yang mau menjadi isteri Ande-Ande Lumut.Dan ternyata usaha ibu Randa memang ada hasilnya. Ande-Ande Lumut, alias Panji Asmarabangun bisa bertemu lagi dengan Sekartaji yang sudah ganti nama menjadi Klenting Kuning. Kedua sejoli tersebut lalu sepakat pulang untuk melanjutkan rencana menikah.

Pada jaman dahulu, tersebutlah kisah seorang puteri raja di Jawa Barat bernama Dayang Sumbi.Ia mempunyai seorang anak laki-laki yang diberi nama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu.Ia berburu dengan ditemani oleh Tumang, anjing kesayangan istana. Sangkuriang tidak tahu, bahwa anjing itu adalah titisan dewa dan juga
bapaknya.Pada suatu hari Tumang tidak mau mengikuti perintahnya untuk mengejar hewan buruan.Maka anjing tersebut diusirnya ke dalam hutan.Ketika kembali ke istana, Sangkuriang menceritakan kejadian itu pada ibunya.Bukan main marahnya Dayang Sumbi begitu mendengar cerita itu. Tanpa sengaja ia memukul kepala Sangkuriang dengan sendok nasi yang dipegangnya. Sangkuriang terluka.Ia sangat kecewa dan pergi mengembara.
Setelah kejadian itu, Dayang Sumbi sangat menyesali dirinya.Ia selalu berdoa dan sangat tekun bertapa. Pada suatu ketika, para dewa memberinya sebuah hadiah.Ia akan selamanya muda dan memiliki kecantikan abadi. Setelah bertahun-tahun mengembara, Sangkuriang akhirnya berniat untuk kembali ke tanah airnya. Sesampainya disana, kerajaan itu sudah berubah total. Disana dijumpainya seorang gadis jelita, yang tak lain adalah Dayang Sumbi.Terpesona oleh kecantikan wanita tersebut maka, Sangkuriang melamarnya.Oleh karena pemuda itu sangat tampan, Dayang Sumbi pun sangat terpesona padanya.
Pada suatu hari Sangkuriang minta pamit untuk berburu.Ia minta tolong Dayang Sumbi untuk merapikan ikat kepalanya. Alangkah terkejutnya Dayang Sumbi ketika melihat bekas luka di kepala calon suaminya.Luka itu persis seperti luka anaknya yang telah pergi merantau.Setelah lama diperhatikannya, ternyata wajah pemuda itu sangat mirip dengan wajah anaknya.Ia menjadi sangat ketakutan. Maka kemudian ia mencari daya upaya untuk menggagalkan proses peminangan itu. Ia mengajukan dua buah syarat. Pertama, ia meminta pemuda itu untuk membendung sungai Citarum. Dan kedua, ia minta Sangkuriang untuk membuat sebuah sampan besar untuk menyeberang sungai itu. Kedua syarat itu harus sudah dipenuhi sebelum fajar menyingsing.
Malam itu Sangkuriang melakukan tapa. Dengan kesaktiannya ia mengerahkan mahluk-mahluk gaib untuk membantu menyelesaikan pekerjaan itu. Dayang Sumbi pun diam-diam mengintip pekerjaan tersebut. Begitu pekerjaan itu hampir selesai, Dayang Sumbi memerintahkan pasukannya untuk menggelar kain sutra merah di sebelah timur kota. Ketika menyaksikan warna memerah di timur kota, Sangkuriang mengira hari sudah menjelang pagi. Ia pun menghentikan pekerjaannya. Ia sangat marah oleh karena itu berarti ia tidak dapat memenuhi syarat yang diminta Dayang Sumbi. Dengan kekuatannya, ia menjebol bendungan yang dibuatnya. Terjadilah banjir besar melanda seluruh kota. Iapun kemudian menendang sampan besar yang dibuatnya. Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang bernama “Tangkuban Perahu.”

Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar!
1.      Teks bacaan cerita yang kamu baca termasuk jenis……………..
2.      Sebutkan tokoh yang ada di dalam bacaan cerita tersebut yaitu ………………………………………………………………………………………….
3.      tokoh utama dalam bacaan cerita tersebut yaitu……………
4.      latar cerita yang kalian baca, di……………………….
5.      Amanat atau pesan cerita  : ……………….. ………………………………………
……………………………………………………………………………………..

Lembar Kerja Kelompok2
Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
No
Nama Kenampakan alam
Ciri-Ciri
1


2


3


4



Lembar Kerja Kelompok3
Isilah table dibawah ini dengan nama hewan sesuai dengan golongan tempat hidupnya!
No
Hewan yang hidup/tinggal di
Darat
Air
Darat dan Air
udara
1




2




3




4




LEMBAR PENGAMATAN DISKUSI

Berilah tanda cek ( v ) pada kolom di bawah ini sesuai keadaan yang diamati.
No.
Nama Kelompok
Aspek Yang Diamati

Keaktifan
Kerjasama
Ketepatan

1
2
3
1
2
3
1
2
3





























































Deskriptor :
1.      Keaktifan
a.       Apabila semua anggota kelompok aktif                            skor 3
b.      Apabila >50% anggota kelompok aktif                            skor 2
c.       Apabila<50% anggota kelompok aktif                             skor 1
2.      Kerjasama
a         Apabila semua anggota kelompok melakukan kerjasama dengan baik     skor 3
b        Apabila >50% anggota kelompok bekerjasama dengan baik                    skor 2
c         Apabila >50% anggota kelompok tidak ikut kerjasama dengan baik       skor 1
3.      Ketepatan
a.       Apabila menjawab soal lebih cepat dari waktu yang ditentukan              skor 3
b.      Apabila menjawab soal dengan tepat waktu                                            skor 2
c.       Apabila menjawab soal tidak tepat waktu (belum selesai)                       skor 1

Skor maksimal = 9
Nilai =  x 100
Atau  Skor = indikator 1 + 2 + 3
                               3
Keterangan diisi dengan kriteria berikut   :
Skala Penilaian                  dan                  Kriteria :
3                                                                Baik                            
2                                                                Cukup                                    
 1                                                               Kurang           
Penilaian Sikap Siswa

Mata Pelajaran         : Matematika, Pkn, IPA
Kelas/Semester          : II C/1
Kompetensi Dasar    :
Bahasa Indonesia
3.1   Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
IPS
1.2    Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
IPA
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana.
Petunjuk                  : Berilah tanda cek ( ) pada kolom keaktifan sesuai dengan kriteria penskoran!
No.
Nama Siswa
Keaktifan
Nilai
1
2
3
















































































































KRITERIA PENSKORAN
1
Kurang
2
Cukup
3
Baik
Bila siswa diam saja, tidak bertanya, tidak menjawab
Bila siswa tidak bertanya, tapi mau menjawab
Bila siswa aktif bertanya dan aktif menjawab

                       


MATERI PEMBELAJARAN

BAHASA INDONESIA
PENGERTIAN DONGENG
Dongeng termasuk dalam cerita rakyat lisan.Menurut Danandjaja (1984) cerita rakyat lisan terdiri atas mite, legenda, dan dongeng. Mite adalah cerita rakyat yang dianggap benar-benar terjadi dan dianggap suci oleh yang empunya cerita.Mite ditokohkan oleh para dewa atau makhluk setengah dewa. Peristiwanya terjadi di dunia lain, bukan di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadi pada masa lampau. Sedangkan legenda adalah cerita rakyat yang mempunyai cirri-ciri mirip dengan mite, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci.Legenda ditokohkan oleh manusia, walaupun kadang-kadang mempunyai sifat luar biasa dan sering kali dibantu oleh makhluk-makhluk ajaib.Tempat terjadinya adalah di dunia seperti yang kita kenal sekarang, dan terjadinya belum terlalu lampau.Sebaliknya, dongeng adalah cerita rakyat yang tidak dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita dan dongeng tidak terikat oleh waktu maupun tempat. Dongeng diceritakan terutama untuk hiburan, walaupun banyak juga dongeng yang melukiskan kebenaran, berisi ajaran moral, bahkan sindiran.Menurut Anti Aarne dan Stith Thompson, dongeng dikelompokkan dalam empat golongan besar, yaitu :
1.      Dongeng binatang
Dongeng binatang adalah dongeng yang ditokohi oleh binatang peliharaan atau binatang liar.Binatang-2 dalam cerita jenis ini dapat berbicara atau berakal budi seperti manusia. Di Negara-negara Eropa binatang yang sering muncul menjadi tokoh adalah rubah, di Amerika Serikat binatang itu adalah kelinci, di Indonesia binatang itu Kancil dan di Filipina binatang itu kera. Semua tokoh biasanya mempunyai sifat cerdik, licik dan jenaka.
2.      Dongeng biasa
Dongeng biasa adalah jenis dongeng yang ditokohi manusia atau biasanya adalah kisah suka duka seseorang, misalnya dongeng Ande-Ande Lumut, Joko Kendil, Joko Tarub, Sang Kuriang serta Bawang Putih dan Bawang Merah.
4.      Lelucon atau anekdot
Lelucon atau anekdot adalah dongeng yang dapat menimbulkan tawa bagi yang mendengarnya maupun yang menceritakannya.Meski demikian, bagi masyarakat atau orang menjadi sasaran, dongeng itu dapat menimbulkan rasa sakit hati.
5.      Dongeng Berumus
Dongeng berumus adalah dongeng yang strukturnya terdiri dari pengulangan. Dongeng ini ada tiga macam, yaitu dongeng bertimbun banyak (cumulative tales), dongeng utk mempermainkan orang (catch tales), dan dongeng yang tidak mempunyai akhir (endless tales)

Ada beberapa unsur dalam sebuah cerita baik dalam cerpen, novel, maupun dongeng. Unsur – unsur tersebut adalah sebagai berikut:
1. Tema
Tema dalam dongeng pada umumnya sama dengan tema yang ada dalam cerita pendek. Tama ini dapat ditelusuri dalam unsur – unsur cerita lainya, seperti pada tokoh da watak, latar cerita, alur, dan unsure lainnya.Sehingga utuk mengetahui tema haruslah membaca terlebih dahulu dongeng/ cerita tersebut.
2. Tokoh dan watak tokoh
Tokoh dan watak digambarkan dalam berbagai teknik yaitu:
- Teknik analitik :Teknik analitikadalah watak tokoh diceritakan secara langsung oleh pengarangnya. Sedang,
- Teknik dramatic :Tenik dramatic adalah tokoh diceritakan secara tidak langsung
3. Latar cerita
Latar atau setting merupakan salah satu unsur dalam cerita yang meliputi gambaran waktu dan tempat
4. Alur
·         Secar umum urutan alur dalam cerita sebagai berikut:
·         Pengenalan cerita (introduction)
·         Awal perselisihan (complication)
·         Menuju konflik (ricing action)
·         onflik memuncak (climax)
·         Penyelesaian (ending)
5. Sudut pandang (Point of view)
6. Amanat 
Cerita yang bagus pasti memiliki amanat yang tersirat yang ingin penulis sampaikan pada pembacannya.

IPS

LINGKUNGAN ALAM
Lingkungan alam adalah segala sesuatu yang ada di alam dan diciptakan oleh Tuhan.Ketampakan lingkungan alam dimuka bumi berbeda-beda. Contoh lingkungan alam yang ada
di muka bumi, antara lain sungai, danau, laut, lembah, dan gunung.Selain itu, ketampakan alam ada juga yang berupa dataranrendah, pantai, laut, pegunungan, dan dataran tinggi.
a. Pegunungan
Gambar :Kawasan pegunungan biasanya
Salah satu ketampakan alam yang dapat kita lihat adalahpegunungan.Pegunungan adalah bentang alam yang berupaderetan gunung yang bersambungan. Pegunungan termasuk
mempunyai udara yang sejuk danada yang sangat dingin. Daerah pegunungan sangat baik
untuk bercocok tanam buah, sayur, dan bunga.
Daerah pegunungan juga dapat dimanfaatkan sebagaiobjek wisata.Oleh karena pemandangannya yang indah.Daerah pegunungan yang banyak ditumbuhi tanaman dapatmenyerap dan menyimpan air hujan.Hal ini berguna untukmencegah terjadinya erosi.Erosi adalah pengikisan tanah yangdapat mengakibatkan terjadinya banjir dan tanah longsor.
b.      Sungai
Gambar 2 Irigasi dari sungai dibuat untukmengairi sawah.
Sungai juga termasukketampakan alam.Sungaibanyak memberikan manfaatbagi manusia. Manfaatsungai, antara lain untukmandi, mencuci, pengairanlahan pertanian (irigasi) dansarana transportasi (untuksungai-sungai besar di luarPulau Jawa). Di sungai banyakhidup berbagai binatangair, seperti ikan, buaya, dan katak.

c. Danau
Gambar 3 Danau dapat dijadikan sebagaiobjek wisata.
Danau merupakan lingkunganalam.Danau terjadikarena adanya cekungan dialam yang terisi air, baik dariair hujan maupun dari mataair yang ada di tempat tersebut.
Danau juga dapatdimanfaatkan sebagai tempatpenampungan air.Danau sangat bermanfaat bagi manusia. Manfaat danaubagi kehidupan manusia, antara lain, untuk keperluan-keperluansebagai berikut:
1) budi daya ikan air tawar,
2) tempat wisata,
3) irigasi atau pengairan sawah, dan
4) sarana olahraga (dayung).

d. Pantai dan Laut
Gambar 4 Pantai merupakan batas antaralaut dan daratan.
Pantai adalah daerah perbatasanantara laut dan daratan.Pantai lazim terletakdi daerah pesisir.Pantaibiasanya banyak ditumbuhipohon kelapa dan tumbuhanbakau.Tumbuhan bakauberguna untuk menahanabrasi atau erosi yang disebabkangelombang air lautdan tempat hidup ikan.Pantai yang indah menjadi salah satuobjek wisata yang digemari banyak orang.memberikan manfaat bagi kehidupan manusia. Laut menyimpanbanyak kekayaan alam, seperti ikan dan mutiara.Di dasarlaut juga banyak terdapat sumber daya alam, seperti minyakbumi dan gas.
Laut menjadi sarana transportasiyang penting, baikdalam satu negara maupunantarnegara. Laut juga dapatdimanfaatkan sebagai saranaolahraga, seperti berenangmenyelam, ski air, selancar,dan perahu layar.

IPA
Penggolongan HewanBerdasarkan Tempat Hidupnya
Amatilah hewan-hewan yang ada di lingkunganrumah atau sekolahmu. Hewan apa sajakahyang ada? Mungkin ada kerbau, sapi, burung,ayam, kelinci, ikan, dan bebek.Hewan-hewan seperti sapi, kerbau, ayam,kelinci, dan bebek hidup di darat.Adapun ikanhidup di air.
Berdasarkan tempat hidupnya, hewan dapatdigolongkan menjadi hewan yang hidup di
darat, di air, dan ada juga hewan yang hidupdi darat dan di air.

Hewan yang hidup di darat
Hewan yang hidupnya di darat disebut hewan darat. Coba sebutkan hewanapa saja yang hidup di darat? Cacing adalah hewan yang hidup di dalamtanah. Dapatkah kamu menyebutkan hewan lain yang hidup di dalam tanah?Buaya dan kuda nil termasuk hewan darat.Akan tetapi, mereka juga dapathidup di dalam air.
Berbagai jenis hewan darat
Hewan yang hidup di air
Berbagai jenis hewan hidup di air.Ada hewan yanghidup di laut, misalnya paus, ikan hiu, dan lumbalumba.Ada juga ikan yang hidup di air tawar, yaituikan koi, ikan arwana dan ikan mas.Ikan lele dan mujairjuga hidup di air tawar.Ada juga ikan bandeng yanghidup di air payau.Air payau merupakan campuranair laut dan air tawar.
Hewan air

Hewan yang hidup di darat dan air
Hewan yang hidup di dua alam berarti hewan tersebut dapat tinggal di darat dan di air.Misalnya katak, penyu dan buaya.
Hewan di darat dan di air
Hewan yang hidup di udara
Hewan yang hidup di udara memiliki sayap untuk terbang
Burung dan jenis serangga hidup di udara.Hewan yanghidup di udara memiliki sayap untuk terbang.Misalnya, burungelang, kutilang, dan merpati.Banyak serangga yang hidup diudara.Misalnya, kupu-kupu, nyamuk, capung, lalat, dan lebah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar