RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TEMATIK (RPP TEMATIK)
IPA, BAHASA INDONESIA, SBK
KELAS II SEMESTER 1
Disusun
oleh :
1. Fitria Indri Astuti (14014100174)
2. Dwi Sri Utami (1401410177)
3. Ifa Iklassiyah (1401410192)
4. Mufidatul Inayah (1401410273)
5. Muin Arifah (1401410203)
Rombel : 5
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TEMATIK (RPP
TEMATIK)
Satuan Pendidikan :
SD N Brangkal
01
Tema :
Pertumbuhan
Mata
Pelajaran : IPA, Bahasa
Indonesia, SBK (Seni Rupa)
Kelas/Semester :
II/1
Hari, tanggal :
Kamis, 28 Desember 2011
Alokasi Waktu :
2 x 35 menit (1 x pertemuan)
Standar
Kompetensi
IPA
1. Mengenal bagian-bagian utama tubuh
hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta
berbagai tempat hidup makhluk hidup.
Bahasa Indonesia
3. Memahami teks
pendek dengan membaca lancar dan membaca puisi anak.
SBK
1. Mengapresiasi karya seni rupa.
Kompetensi Dasar
IPA
1.2 Mengidentifikasi
perubahan yang terjadi pada pertumbuhan hewan (dalam ukuran) dan tumbuhan (dari biji menjadi tanaman).
Bahasa
Indonesia
3.1 Menyimpulkan isi teks pendek (10-15 kalimat) yang dibaca dengan membaca lancar.
SBK
1.2
Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur rupa pada karya seni rupa.
Indikator
IPA
1.2.1
Menjelaskan perubahan-perubahan yang
terjadi pada hewan.
1.2.2
Mengurutkan gambar seri hewan menurut
pertumbuhannya.
Bahasa
Indonesia
3.1.1
Membaca teks pendek dengan lafal dan
intonasi yang benar.
3.1.2
Menceritakan
isi teks yang dibaca dengan
kalimat sendiri.
SBK
1.2.1
Mewarnai
gambar hewan sesuai dengan keadaan/wujud asli hewan.
I.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui
kegiatan membaca teks bacaan anak tentang katak, siswa dapat memiliki karakter teliti dalam menyebutkan jenis-jenis
hewan yang ada dalam isi cerita dengan tepat.
2.
Melalui
kegiatan memperhatikan gambar seri hewan menurut pertumbuhannya oleh guru,
siswa dapat memiliki karakter rasa ingin tahu dalam mengidentifikasi 3 tanda
pertumbuhan yang dialami oleh makhluk hidup dengan tepat.
3.
Melalui
kegiatan memperhatikan gambar tentang jenis-jenis hewan oleh guru, siswa dapat memiliki
karakter rasa ingin tahu dalam menentukan 2 cara perkembangbiakan pada hewan
dengan baik.
4.
Melalui
kegiatan memperhatikan gambar gambar seri hewan menurut pertumbuhannya oleh
guru, siswa dapat memiliki karakter tanggung jawab dalam mengurutkan proses pertumbuhan hewan
dari awal dengan baik.
II.
Karakter Bangsa yang Ingin Dicapai
III. Materi
Pembelajaran
Pertumbuhan hewan
IV.
Pendekatan
Pembelajaran
Pendekatan
picture and picture
V.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
jawab
3.
Diskusi
4.
Penugasan
VI.
Kegiatan Pembelajaran
a.
Prakegiatan (5 menit)
1.
Guru
mempersiapkan bahan, sumber, dan media pembelajaran
2.
Salam
dan do’a bersama
3.
Presensi
oleh guru
b.
Kegiatan Awal (5 menit)
1.
Guru
menyampaikan apersepsi kepada siswa dengan mengajak bernyanyi lagu “Heli”,
“Agar lebih semangat belajar, ayo kita bernyanyi lagu “Heli”.
2.
Guru
bertanya tentang isi lagu “Heli”, “Hewan apa yang ada dalam lagu “Heli”?
3.
Guru
bertanya kepada siswa tentang pengalaman mereka memelihara hewan di rumah, “Siapa
yang punya hewan peliharaan di rumah? Hewan apa yang kamu pelihara?”
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, “Hari ini kita akan mempelajari cara pertumbuhan hewan.”
c.
Kegiatan Inti (50 menit)
Eksplorasi
1.
Guru
menggali pengetahuan siswa tentang pertumbuhan hewan dengan memberikan
pertanyaan kepada siswa, “Ayam yang kalian pelihara berkembangbiak dengan cara
apa? Kalau kucing dan anjing, apakah berkembangbiaknya sama dengan ayam?”
2.
Guru
menggali pengetahuan siswa tentang bentuk dan ukuran hewan dari kecil hingga
besar, “Kalau ayam, saat masih berupa telur ia berwarna apa? Setelah telurnya
menetas, ayam kecil berwarna apa?”
3.
Siswa
memperhatikan gambar jenis-jenis hewan yang ditunjukkan oleh guru
4.
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang nama-nama hewan yang ada dalam gambar
5.
Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang cara berkembang
biak masing-masing hewan yang ada dalam gambar
Elaborasi
1.
Guru membentuk kelompok siswa dengan
teman sebangku
2.
Siswa
memperhatikan gambar tentang urutan pertumbuhan hewan yang
masih acak
3.
Siswa
ditunjuk oleh guru untuk memasangkan gambar sesuai dengan urutan pertumbuhan
hewan
4.
Guru menanyakan alas an siswa
mengurutkan gambar demikian
5.
Guru
memberikan reward/hadiah kepada siswa yang dapat memasang gambar sesuai dengan
urutan pertumbuhan hewan
6.
Guru menyampaikan kesimpulan dari urutan
gambar tersebut
7.
Siswa
membaca teks bacaan secara bersama-sama
8.
Siswa
ditunjuk oleh guru untuk mengurutkan gambar sesuai dengan isi teks bacaan
9.
Guru
memberikan reward/hadiah kepada siswa yang dapat menceritakan kembali isi teks
bacaan dengan baik
Konfirmasi
1.
Guru
memberikan penjelasan singkat tentang jenis-jenis hewan dan cara
perkembangbiakannya beserta contoh hewannya
2.
Guru
memberikan penjelasan singkat tentang tanda-tanda pertumbuhan yang dialami oleh
makhluk hidup
d.
Kegiatan Akhir (10 menit)
1.
Siswa
mengerjakan Soal-soal evaluasi kemudian mengumpulkannya
2.
Siswa
mewarnai gambar hewan yang disediakan oleh guru
3.
Siswa
mengumpulkan hasil pekerjaannya (gambar yang telah diwarnai)
4.
Siswa
dibimbing oleh guru menyimpulkan materi pembelajaran yang telah dipelajari, yaitu
memelihara kesehatan hewan peliharaan agar dapat tumbuh dan berkembang dengan
baik
5.
Siswa diminta untuk mempelajari materi
yang akan datang yaitu “benda dan sifatnya”
6.
Salam
dan doa bersama
VII.
Media dan Sumber Belajar
1.
Standar
Isi KTSP Kelas II
2.
Gambar
jenis-jenis hewan
3.
Gambar
seri hewan berdasarkan urutan perkembangannya
4.
Teks
bacaan
5.
Selektif
Ilmu Pengetahuan Alam untuk Kelas II SD/MI CV. Rizka Mulia Halaman 18-21
VIII.
Penilaian
a.
Teknik
Penilaian : Tes,
Nontes
b.
Bentuk
Penilaian : Benar Salah, Melengkapi Tabel, Penilaian
Produk (Gambar)
c.
Instrumen
Penilaian :Soal-soal
Evaluasi
Semarang, Desember 2011
Mengetahui,
Dosen Pengampu
(………………………)
NIP
Praktikan,
(………………………)
NIM.
Lampiran I
JENIS-JENIS HEWAN
AYAM KUCING
ELANG
Lampiran
II
URUTAN PERTUMBUHAN HEWAN
AYAM
KUCING
Lampiran
III
TEKS BACAAN
Di kolam Tono ada katak.
Katak itu bertelur banyak sekali.
Telur katak menetas menjadi berudu.
Berudu tumbuh menjadi berudu berkaki dua.
Berudu berkaki dua kemudian tumbuh menjadi katak berekor.
Katak berekor bernapas dengan insang.
Katak berekor tumbuh menjadi katak dewasa.
Berat dan ukuran badannya semakin bertambah.
Setelah dewasa, katak bernapas dengan paru-paru.
Lampiran
IV
Lembar Kegiatan Siswa 1
Perhatikan
gambar urutan pertumbuhan hewan yang ditunjukkan oleh gurumu!
Kegiatan
1
Perintah!
Lengkapilah kotak gambar yang masih kosong dengan gambar di
bawah ini pada urutan yang tepat!
Lampiran
V
Lembar Kegiatan Siswa 2
Bacalah
teks bacaan yang diberikan oleh gurumu secara bersama-sama kemudian jawablah
pertanyaan yang diajukan oleh gurumu!
Pertanyaan!
1.
Menceritakan
tentang apakah teks bacaan di depan?
2.
Hewan
apa yang ada di dalam cerita tadi?
3.
Dengan
cara apa katak itu berkembangbiak?
4.
Sebutkan
urutan pertumbuhan katak yang ada dalam teks bacaan!
5.
Ceritakan
kembali isi teks bacaan tadi dengan bahasamu sendiri di depan kelas!
Lampiran
VI
Soal-soal Evaluasi
Nama :
...................................................
No.
Urut :
...................................................
A. Ayo
tuliskan BENAR atau SALAH!
Contoh
: setiap makhluk
hidup tumbuh besar BENAR
1.
Kucing
betina dapat beranak ............................
2.
Gajah
dan kuda dapat bertelur ............................
3.
Ayam
jantan dapat bertelur ............................
4.
Telur
ayam menetas menjadi anak ayam ............................
5.
Kucing
kecil dapat tumbuh menjadi besar ............................
6.
Hewan
peliharaan tidak perlu diberi makan ............................
7.
Kucing
jantan dapat menyusui anaknya ............................
8.
Bebek
betina dapat bertelur ............................
9.
Kadal,
cicak, dan penyu berasal dari telur ............................
10. Ikan dapat bertelur di darat ............................
B. Tulislah
cara berkembangbiak hewan-hewan di bawah ini!
Nama Hewan
|
Cara Berkembangbiak
|
Harimau
|
.............................................................
|
Tikus
|
.............................................................
|
Ikan
|
.............................................................
|
Cicak
|
.............................................................
|
Ular
|
.............................................................
|
Bebek
|
.............................................................
|
Monyet
|
.............................................................
|
Buaya
|
.............................................................
|
Penyu
|
.............................................................
|
Anjing
|
.............................................................
|
C.
Hubungkan garis putus-putus pada gambar dan warnailah
gambar sesuai warna hewan aslinya!
PERTUMBUHAN AYAM
PERTUMBUHAN KUCING
Kunci Jawaban
Kunci Jawaban
Soal Evaluasi
A. Skor
tiap nomor = 1
1.
BENAR
2.
SALAH
3.
SALAH
4.
BENAR
5.
BENAR
6.
SALAH
7.
SALAH
8.
BENAR
9.
BENAR
10. SALAH
B. Skor
tiap nomor = 1
Nama Hewan
|
Cara Berkembangbiak
|
Harimau
|
Beranak
|
Tikus
|
Beranak
|
Ikan
|
Bertelur
|
Cicak
|
Bertelur
|
Ular
|
Bertelur
|
Bebek
|
Bertelur
|
Monyet
|
Beranak
|
Buaya
|
Bertelur
|
Penyu
|
Bertelur
|
Anjing
|
Beranak
|
Pedoman Penskoran :
Skor Maksimum A =
Jumlah Benar × 1
Skor Maksimum B =
Jumlah Benar × 1
Pedoman
Penilaian :
Nilai Maksimum = (Skor Maksimum A + Skor Maksimum B) × 5
= (10 + 10) × 5
= 20 × 5
= 100
C. Penilaian
Produk
Petunjuk!
Berilah skor 1, 2, atau 3 pada kolom Aspek Penilaian
sesuai dengan hasil karya siswa!
No.
|
Aspek Penilaian
|
Keterangan
|
||
Menghubungkan Garis
|
Kesesuaian Warna dengan Benda
Aslinya
|
Kerapian dan Kebersihan Hasil
|
||
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
6.
|
Dan
seterusnya
|
|
|
|
Kriteria Penskoran
Skor
Aspek Penilaian
|
1
(Kurang)
|
2
(Cukup)
|
3
(Baik)
|
Menghubungkan Garis
|
Bila seluruh garis yang ada pada gambar masih
putus-putus/tidak terhubung sama sekali
|
Bila beberapa garis pada gambar dapat dihubungkan oleh
siswa
|
Bila seluruh garis yang ada pada gambar dapat
dihubungkan oleh siswa
|
Kesesuaian Warna dengan Benda Aslinya
|
Bila seluruh pewarnaan yang dilakukan siswa tidak
sesuai sama sekali dengan wujud/warna asli pada benda/hewan
|
Bila siswa dapat mewarnai beberapa gambar dengan warna
yang sesuai dengan wujud/warna asli benda/hewan
|
Bila siswa dapat mewarnai seluruh gambar yang ada
dengan warna yang sesuai dengan wujud/warna asli benda/hewan
|
Kerapian dan Kebersihan Hasil
|
Bila hasil karya/gambar siswa tidak rapi/kotor pada
banyak tempat (hampir keseluruhan)
|
Bila hasil karya/gambar siswa tidak rapi/kotor pada
beberapa tempat
|
Bila hasil karya/gambar siswa dapat diselesaikan secara
rapi dan bersih seluruhnya
|
Pedoman
Penilaian :
Skor Komulatif =
Skor Maksimum × Banyak Aspek
=
3 × 3
=
9
Nilai Maksimum =
(Skor Komulatif + 1) × 10
=
(9 + 1) × 10
=
10 × 10
=
100
Lampiran
VII
URAIAN MATERI
Pertumbuhan
Hewan
Makhluk hidup ada tiga jenis, yaitu manusia, hewan, dan
tumbuhan. Salah satu ciri makhluk hidup yaitu tumbuh dan berkembangbiak.
Pertumbuhan
makhluk hidup ditandai dengan :
1.
Bertambah
tinggi
2.
Bertambah
besar
3.
Bertambah
berat
Hewan terdiri dari bermacam-macam jenis, antara lain:
1.
Hewan
menyusui: kambing, kerbau, sapi, kucing, dll.
2.
Hewan
melata: ular, cacing, kadal, buaya, dll.
3.
Hewan
bangsa burung/unggas: ayam, bebek, angsa, itik, burung, dll.
4.
Hewan
bangsa ikan/aves: lele, mujair, gurame, dll.
Hewan memiliki cara yang berbeda-beda dalam
berkembangbiak, yaitu:
1.
Bertelur:
ayam, itik, bebek, cicak, dll.
2.
Beranak:
kucing, anjing, kuda, sapi, dll.
Pertumbuhan hewan dipengaruhi oleh:
1.
Makanan
yang cukup
2.
Minuman
yang cukup
3.
Udara
yang sehat
4.
Kandang
yang cocok dan bersih
5.
Hewan
pemangsa/predator
Tidak ada komentar:
Posting Komentar