Minggu, 08 April 2012

RPP Tematik Kelas 3 Muin



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK KELAS 3 SEMESTER 1

Disusun untukmemenuhi tugas mata kuliahbahasa dan sastra Indonesia kelas rendah
Dosen Pengampu: Nugraheti Sismulyasih Sabilillah, S.Pd, M.Pd



Oleh :
Muin Arifah
1401410203







PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
                                                            TEMATIK KELAS 3
Nama Sekolah           :        
Mata Pelajaran          :         Bahasa Indonesia dan IPA
Tema                         :         Lingkungan
Kelas / semester        :         III/ I
Alokasi Waktu          :         3 x 30 menit
Hari, tanggal             :

A.     Standar Kompetensi

Bahasa Indonesia

3.   Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.


IPA
2.  Memahami kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan.

IPS
4.      Memahami lingkungan dan  melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.

B.      Kompetensi Dasar

Bahasa Indonesia
3.1.  Membaca nyaring teks (22 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi yang tepat.
IPA
2.3  Menjelaskan cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
IPS
1.2 Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.

C.     Indikator

Bahasa Indonesia
3.1.1    Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tulisan.
3.1.2    Menjelaskan penggunaan huruf kapital.
IPA
2.1.1    Menjelaskan upaya-upaya dalam menjaga kesehatan lingkungan.
IPS
2.1.2        Menguraikan manfaat kerja sama di lingkungan.

D.     Tujuan
Bahasa Indonesia
1.      Melalui kegiatan membaca teks bacaan, siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis dengan benar.
2.      Melalui kegiatan menyusun media kartu huruf, siswa dapat menjelaskan penggunaan huruf kapital dengan tepat.
IPA
1.      Melalui kegiatan mengamati media gambar lingkungan sehat dan tidak sehat, siswa dapat menjelaskan upaya-upaya dalam menjaga kesehatan lingkungan dengan benar.
IPS
1.      Melalui penjelasan oleh guru, siswa mampu menjelaskanmanfaat kerja sama dengan benar
E.      Materi Pokok
Membaca nyaring.
Penggunaan huruf kapital.
Upaya-upaya menjaga kesehatan lingkungan.
F.      Sumber dan Media Pembelajaran
1.    Sumber Belajar
·      Buku Pembelajaran Inovatif, Trianto 2008.
·      Materi dan Pembelajaran IPA SD, Nono Sutarno 2008, penerbit Universitas terbuka.
·      Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Puji Santosa 2008, penerbit Universitas Terbuka.
·      Buku EYD
·      BSE “Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas”, Edi Warsidi dan Farika.
·      BSE “Ilmu Pengetahuan Untuk SD dan MI Kelas III”, Priyono dan Titik Sayekti.
·      Internet
2.    Media
·      Teks bacaan ”Tolong, Jangan Merokok di Sini!”
·      Media kartu huruf.
·      Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
G.     Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Think-Pair-Share (TPS)
Metode Pembelajaran       :1. Ceramah
2. Tanya Jawab
                                             3. Diskusi
                                 4. Demonstrasi

H.     Langkah-Langkah Pembelajaran
·      Pendahuluan
1.    Salam
2.    Doa bersama
3.    Presensi

·      Kegiatan Awal
1.    Guru memberikan motivasi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”.
2.    Guru menyampaikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
·      Siapa yang pernah pergi ke kebun?
·      Kalian lebih menyukai keadaan kebun yang bersih atau kotor?
3.    Guru menuliskan judul dan menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

·      Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.    Guru menunjukkan gambar lingkungan sehat dan tidak sehat kepada siswa.
2.    Siswa mengidentifikasi gambar dan menjelaskan cara menjaga lingkungan agar bersih dan sehat.
3.    Guru membagikan lembar teks bacaan berjudul “Tolong, Jangan Merokok di Sini!” kepada siswa.
4.    Salah satu siswa ditunjuk untuk membacakan teks di depan kelas, siswa yang lain menyimak bacaan.
5.    Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi bacaan kepada siswa.
6.    Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan.
7.    Siswa mencari kata dalam bacaan yang ditulis dengan huruf kapital.
8.    Guru menjelaskan tentang penggunaan huruf kapital.

Elaborasi
1.      Guru membagikan LKS kepada siswa.
2.      Siswa diberi tugas untuk mengerjakan LKS.
3.      Siswa berkelompok dengan teman sebangkunya.
4.      Siswa mendiskusikan jawaban LKS dengan teman sebangkunya.
5.      Siswa melakukan permainan lempar bola secara estafet sambil menyanyikan sebuah lagu.
6.      Siswa yang terakhir memegang bola ketika lagu selesai dinyanyikan maju kedepan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangkunya.
7.      Siswa lain memberikan tanggapan.

Konfirmasi
1.    Siswa bersama guru membahas tentang hasil kerja siswa.
2.    Guru menyelesaikan permasalahan yang belum terpecahkan.
3.    Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang menjawab benar. Sedangkan bagi siswa yang menjawab salah, guru memberikan bimbingan.
4.    Guru memotivasi siswa untuk lebih aktif dan giat belajar.

·      Kegiatan Akhir
1.    Guru bersama siswa menyimpulkan materi pelajaran.
2.    Guru memberikan evaluasi.
3.    Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah dan memberikan motivasi kepada siswa.
I.        Penilaian
1.   Prosedur
a.  Tes awal                 : Melalui kegiatan apersepsi
b.  Tes proses               :Ketika KBM dan kegiatan diskusi
c.  Tes akhir                 : Terlampir
2.  Teknik Tes      
-Tes
- Non Tes       
3.Jenis Tes
-Tes Lisan       :   Tanya jawab dan Diskusi
-Tes Tertulis    :   Uraian dan Pilihan ganda
            - Perbuatan      :   Aktivitas siswa
4.  Instrumen
     - Lembar Kerja Siswa
     - Lembar Soal Evaluasi
     - Lembar Penilaian Aktivitas Siswa



Semarang,                               2011
            Guru Pamong,                                                                         Mahasiswa



Nugraheti Sismulyasih Sabilillah, S.Pd, M.Pd                                    Muin Arifah
NIP.                                                                                                       NIM.1401410203


















Anggota Kelompok :
............................................
.............................................
..............................................
.............................................
.............................................

LEMBAR KERJA SISWA

Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1.   Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tulisan.
3.1.2.   Menjelaskan penggunaan huruf kapital.

Petunjuk :
a. Dengarkanlah petunjuk gurumu !
b. Kerjakanlah dalam lembar kerjamu !

Kerja Bakti di Sekolah

Hari masih pagi.Matahari belum begitu tinggi.Hari itu hari Sabtu.Anak-anak kelas III SD Cempaka Putih tiba-tiba berhamburan keluar dari kelas.Mereka berlari-lari sambil bercanda dengan teman-temannya.
Anak-anak itu berlari menuju halaman sekolah.Mereka membawa alat-alat untuk kerja bakti, seperti sabit, sapu lidi, sekop, dan tempat sampah. Mereka akanbekerja bakti membersihkan halaman sekolah. Kerjabakti itu dipimpin oleh Bu Aminah.
Sebelum kerja bakti dimulai, dibuat kelompok kerjalebih dahulu.Hal ini untuk memudahkan anak-anak bekerjadan tidak saling berebut.
Kelompok kerja itu terdiri atas lima kelompok. Setiapkelompok beranggotakan enam anak.Kelompok satudipimpin oleh Amat.Kelompok dua dipimpin Anita.Kelompoktiga dipimpin Doni.Kelompok empat dipimpinRatna. Kelompok lima dipimpin Rita. Mereka adalah anakanakyang suka bekerja dan bertanggung jawab sehinggaditunjuk menjadi ketua kelompok.
Dengan dipimpin oleh ketua kelompok masing-masing,mereka bekerja dengan giat.Acara kerja bakti itupun cepat selesai.Halaman sekolah menjadi bersih.
(R. Nirbaya, 2006)

1. Jawablah dengan benar di buku tugasmu!
a. Kapan anak kelas III SD Cempaka Putih melakukan kerjabakti?
b. Apa saja alat kerja bakti yang dibawa anak-anak kelas III?
c. Apa yang dibersihkan anak-anak kelas III dalam kerja bakti?
d. Satu kelompok kerja bakti beranggotakan berapa anak?
e. Mengapa Amat, Doni, Anita, Ratna, dan Rita dipilih menjadiketua kelompok?

2. Tulis kembali kalimat berikut di buku tulismu! Gunakan huruf kapital dengan tepat!
a. nama saya dewi.
b. candi borobudur terletak di pulau jawa.
c. ketika liburan andre pergi ke sungai musi.
d. rumah kami berada di jalan gatot subroto
e. dia bukan orang asli indonesia.



Nama                : …………………………
No. Absen         : …………………………

SOAL EVALUASI

A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar!


Pertanyaan untuk nomor 1-4
Sudah sepekan ibuku sakit.Aku mencuci pakaian sendiri.Aku juga membuat the untuk ayah.Akan tetapi, gula dalam stoples dikerumuni semut.Aku  mengahampiri ayahku. Aku meminta maaf.Aku gembira karena ayahku tidak kecewa. Bahkan, ia memuji diriku karena mau membantu orang tua.
1.    Tokoh “aku” mencuci pakaian sendiri karena ….
a.    ibunya sedang sakit       
b.    ayahnya sedang sakit
c.     kakaknya menyuruhnya           
d.    d. pembantunya pulang kampong
2.    Yang hendak dilakukan “aku” untuk ayahnya adalah ….
a.    membuatkan kopi         
b.    membuatkan teh
c.    mencuci pakaian kotor  
d.    d. membersihkan rumah
3.    Tokoh “aku” meminta maaf kepada ayahnya karena ….
a.    tidak dapat membuatkan teh     
b.    mendapatkan nilai jelek
c.    ia telah memecahkan gelas        
d.    d. ia tidak membersihkan rumah
4.    Si ayah memuji tokoh “aku” karena ….
a.    ia malas 
b.    ia pandai
c.    ia sakit   
d.    d. ia mau membantu orang tua
5.    Huruf kapital digunakan untuk menulis ….
a.    nama sungai      
b.    nama tempat
c.       nama pulau
d.      d. semua benar
6.      Penulisan huruf kapital yang benar terdapat pada kalimat ….
a.       Nenekku tinggal di pulau Bangka.
b.      Pernahkah kamu ke papua?
c.       Ida Bagus Ayu berasal dari Bali.
d.      Saudaraku ada yang tinggal di makasar.
7.      Penulisan huruf kapital yang paling tepat dalam kalimat di bawah ini adalah ….
a.       ibukota indonesia adalah jakarta.
b.      Ibukota indonesia adalah jakarta.
c.       Ibukota Indonesia adalah jakarta.
d.      Ibukota Indonesia adalah Jakarta.
8.      Agar tidak mencemari lingkungan, maka sampah sebaiknya dibuang di ….
a.       sungai        
b.      got
c.       tempat sampah       
d.      d. laut
9.      Hal-hal berikut merupakan penyebab terjadinya pencemaran udara, kecuali ….
a.       penanaman pohon 
b.      asap rokok
c.       asap kendaraan      
d.      kebakaran
10.  Upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan lingkungan adalah dengan ….
a.       membuang sampai di sungai          
b.      menyapu halaman
c.       merokok
d.      bermalas-malasan



























KUNCI JAWABAN LKS

1.    Format penskoran
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
a.    Anak kelas III SD Cempaka Putih melakukan kerja bakti pada hari Sabtu.
b.    Alat kerja bakti yang dibawa adalah sabit, sapu lidi, sekop, dan tempat sampah.
c.    Anak kelas III membersihkan halaman sekolah.
d.    Setiap kelompok beranggotakan enam anak.
e.    Mereka dipilih menjadi ketua kelompok karena mereka adalah anak-anakyang suka bekerja dan bertanggung jawab sehinggaditunjuk menjadi ketua kelompok.
1
1
1
1
1
Jumlah Skor
5

2.  Format Penskoran
Kunci/Kriteria Jawaban
Skor
a.       Nama saya Dewi.
b.      Candi Borobudur terletak di Pulau Jawa.
c.       Ketika liburan Andre pergi ke Sungai Musi.
d.      Rumah kami berada di Jalan Gatot Subroto.
e.       Dia bukan orang asli Indonesia.
1
1
1
1
1
Jumlah Skor
5


Skor maksimal = 10


1.       


KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI

1. a                                            6. c
2. b                                            7. d
3. a                                            8. c
4. d                                            9. a
5. d                                            10.B

Penskoran:
Betul = 1
Salah = 0
Skor maksimal: 10





Lihat Kebunku

Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
Dan ada yang merah
Setiap hari ku siram semua
Mawar melati
Semuanya indah

Lampiran
Media pembelajaran

·      Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat













LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS SISWA

Nama Siswa                : ..............
Nama SD                    :..............
Kelas                           :   III
Tema                           :   Lingkungan
Hari/Tanggal               : ..............
Petunjuk                      : Berilah tanda check (√) pada kolom tingkat kemampuan yang sesuai dengan
indikator pengamatan!

No
Indikator
Skor Penilaian
Jumlah
1
2
3

1.
Siswa  memperhatikan penjelasan guru.




2
Siswa tertib pada saat pembentukan kelompok




3
Siswa  saling bekerjasama dalam kegiatan berkelompok




4
Siswa aktif dalam diskusikelompok




5
Siswa  aktif bertanya tentang materi pembelajaran.




6
Siswa mencatat hasil kerja kelompok.




7
Siswa  mengerjakan evaluasi




8
Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran




Jumlah skor





Jumlah skor     = .........
Kategori          = .........

Kriteria penilaian dan kategori:                                
11-16   = B (baik)
6-10     = C (cukup)
0-5       =  D (Kurang)

Semarang, ..................................



   Observer

KRITERIA PENILAIAN AKTIVITAS SISWA

No
Indikator Pengamatan
Deskriptor
Kurang (1)
Cukup (2)
Baik (3)
1
Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik
Siswa bermain sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru.
Siswa memperhatikan tetapi tidak fokus.
Siswa memperhatikan dengan tenang dan fokus.
2
Siswa tertib pada saat pembentukan kelompok
Tidak mau di kelompokkan
Memiliki keinginan  memilih kelompoknya sendiri
Bisa menerima pembagian kelompok yang ditentukan guru
3
Siswa saling kerja sama dalam berkelompok
Tidak mengerjakantugas.
Bekerja sendiri
Bekerja sama dengan teman sebangku
4
Keaktifan siswa  dalam mengemukakan pendapat
Tidak mengemukakan berpendapat
Mengemukakan pendapat sebanyak
1-2 kali
Mengemukakan pendapat lebih dari 3 kali
5
Keaktifan siswa  dalam bertanya mengenai  materi.
Tidak bertanya
Pertanyaan tidak sesuai dengan pembelajaran
Pertanyaan sesuai dengan pembelajaran.
6
Siswa mencatat hasil simpulan kerja kelompok
Tidak mencatat hasil simpulan kerja kelompok
Mencatat simpulan hasil kerja kelompok tetapi tidak lengkap
Mencatat simpulan hasil kerja kelompok dengan lengkap
7
Siswa mengerjakan evaluasi
Tidak selesai mengerjakan
Mengerjakan evaluasi melebihi waktu yang ditentukan
Mengerjakan evaluasi tepat waktu
8
Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran
Membuat kegaduhan di kelas sampai diberi teguran 3-4 kali
Siswa membuat kegaduhan di kelas sampai diberi teguran1-2 kali
Siswa tidak membuat kegaduhan dikelas


Lampiran
Materi Pembelajaran

Bahasa Indonesia
·      Teks Bacaan
Tolong, Jangan Merokok di Sini!

Sesungguhnya, yang paling dirugikan oleh asap rokokbukan si perokok. Kita yang berada disekitarnya punterpaksa mengisap asap dan racunnya. Wah, apa iya?
Menurut penelitian, jumlah asap yang tidak diisap lebihbanyak daripada asap yang diisap. Jumlahnya sepuluh kalilipat. Orang yang merokok sebenarnya hanya mengisapsedikit asap rokok. Sisanya terisap oleh siapa saja yangberada di dekat si perokok.
Karena jumlah asap yang dibuang lebih banyak, jumlahracun yang dibuang pun lebih banyak. Kalau si perokokberada di dekat kita, kita akan mengisap lebih banyak asapdan racun daripada dia.
Kalau begitu, bukankah lebih baik langsung merokoksaja?Wah, wah, wah, tidak bisa begitu. Bagaimanapun, memasukkan asap rokok ke dalam paru-paru sangat berbahaya. Selain membuat kecanduan, si perokok mudah terserang TBC, kanker paru, dan kanker kerongkongan, serta kanker saluran pernapasan yang lain.
Berada dalam ruangan yang penuh asap rokok selama satu jam sama saja dengan mengisap 35 batang rokok. Wuahhh! Bisa kamu bayangkan berapa banyak racun yang menumpuk dalam tubuh kita! Jadi, kita harus berani berkata, “Tolong, jangan merokok di sini!”

Sumber: Bobo, 27 Mei 2004
Pertanyaan:
1.      Siapa yang paling dirugikan dengan adanya asapa rokok? Mengapa demikian?
2.      Penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan dari kebiasaan merokok?
3.      Mengapa terlalu lama berada di dalam ruangan yang penuh asap rokok sangat berbahaya?

·      Penggunaan Huruf Kapital
1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada awal kalimat.
Misalnya:
·       Dia mengantuk.
·       Apa maksudnya?
2.    Huruf kapital dipakai sebagai untuk menulis huruf pertama nama orang.
Misalnya:
·       Amir Hamzah
·       Dewi Sartika
3.      Huruf kapital digunakan untuk menulis huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa.
Misalnya:
·       bangsa Indonesia
·       suku Sunda
4.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan peristiwa sejarah.
Misalnya:
·       bulan Agustus
·       Perang Candu
·       hari Jumat
·       hari Lebaran
·       Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
5.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Misalnya nama jalan, kota sungai, laut, danau, gunung, pulau, benua, samudera, teluk, dan selat.
Contoh:
·       Sungai Musi
·       Laut Jawa
·       Danau Toba
·       Selat Lombok
·       Pulau Sumatra
·       Gunung Semeru
·       Teluk Benggala
·       Jalan Diponegoro
·       Samudera Hindia
·       Benua Asia Tenggara
6.      Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur kata ulang sempurna) di dalam nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan kecuali kata seperti di, ke, dari, dan, yang, dan untuk yang tidak terletak pada posisi awal.
Misalnya:
·       Saya telah membaca buku Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma.
·       Bacalah majalah Bahasa dan Sastra.
·       Dia adalah agen surat kabar Sinar Pembangunan. 



·           Media Kartu Huruf

A
a
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
v
X
Y
Z
z
y
x
w
W
u
t
s
r
q
p
o
n
m
l
kk
j
i
h
g
f
e
d
c
b
Ba
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar