RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
TEMATIK KELAS 3 SEMESTER 1
Disusun untukmemenuhi tugas mata
kuliahbahasa dan sastra Indonesia kelas rendah
Dosen Pengampu: Nugraheti Sismulyasih
Sabilillah, S.Pd, M.Pd
Oleh :
Muin Arifah
1401410203
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
TEMATIK
KELAS 3
Nama
Sekolah :
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia dan IPA
Tema : Lingkungan
Kelas
/ semester : III/ I
Alokasi
Waktu : 3 x 30 menit
Hari,
tanggal :
A. Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif dan membaca dongeng.
IPA
2. Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan, dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan.
IPS
4.
Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerja sama di sekitar rumah dan sekolah.
B. Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.1. Membaca nyaring teks (22 – 25 kalimat) dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
IPA
2.3 Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
IPS
1.2
Memelihara lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
C. Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1 Menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tulisan.
3.1.2 Menjelaskan penggunaan huruf kapital.
IPA
2.1.1 Menjelaskan upaya-upaya dalam menjaga kesehatan lingkungan.
IPS
2.1.2
Menguraikan manfaat kerja sama di lingkungan.
D.
Tujuan
Bahasa Indonesia
1. Melalui kegiatan membaca teks bacaan,
siswa dapat menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis dengan
benar.
2. Melalui kegiatan menyusun media kartu huruf,
siswa dapat menjelaskan penggunaan huruf kapital dengan tepat.
IPA
1.
Melalui
kegiatan mengamati media gambar lingkungan sehat dan tidak sehat, siswa dapat
menjelaskan upaya-upaya dalam menjaga kesehatan lingkungan dengan benar.
IPS
1.
Melalui penjelasan oleh guru, siswa mampu menjelaskanmanfaat
kerja sama dengan benar
E.
Materi Pokok
Membaca
nyaring.
Penggunaan
huruf kapital.
Upaya-upaya
menjaga kesehatan lingkungan.
F.
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Sumber
Belajar
· Buku
Pembelajaran Inovatif, Trianto 2008.
·
Materi
dan Pembelajaran IPA SD, Nono Sutarno 2008, penerbit Universitas terbuka.
·
Materi
dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD, Puji Santosa 2008, penerbit Universitas
Terbuka.
·
Buku
EYD
·
BSE
“Bahasa Indonesia Membuatku Cerdas”, Edi Warsidi dan Farika.
·
BSE
“Ilmu Pengetahuan Untuk SD dan MI Kelas III”, Priyono dan Titik Sayekti.
·
Internet
2.
Media
· Teks bacaan ”Tolong, Jangan Merokok di
Sini!”
· Media kartu huruf.
· Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat.
G.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran : Think-Pair-Share (TPS)
Metode Pembelajaran :1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4.
Demonstrasi
H.
Langkah-Langkah Pembelajaran
·
Pendahuluan
1.
Salam
2.
Doa bersama
3.
Presensi
·
Kegiatan
Awal
1.
Guru memberikan motivasi dengan mengajak siswa
menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”.
2.
Guru menyampaikan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan kepada siswa.
·
Siapa yang pernah pergi ke kebun?
·
Kalian lebih menyukai keadaan kebun yang bersih
atau kotor?
3.
Guru menuliskan
judul dan menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·
Kegiatan
Inti
Eksplorasi
1.
Guru menunjukkan gambar lingkungan sehat dan tidak
sehat kepada siswa.
2.
Siswa mengidentifikasi gambar dan menjelaskan cara
menjaga lingkungan agar bersih dan sehat.
3.
Guru membagikan lembar teks bacaan berjudul “Tolong,
Jangan Merokok di Sini!” kepada siswa.
4.
Salah satu siswa ditunjuk untuk membacakan teks di
depan kelas, siswa yang lain menyimak bacaan.
5.
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan isi
bacaan kepada siswa.
6.
Siswa diberi kesempatan untuk menjawab pertanyaan.
7.
Siswa mencari kata dalam bacaan yang ditulis dengan
huruf kapital.
8.
Guru menjelaskan tentang penggunaan huruf kapital.
Elaborasi
1.
Guru membagikan LKS kepada siswa.
2.
Siswa diberi tugas untuk mengerjakan LKS.
3.
Siswa berkelompok dengan teman sebangkunya.
4.
Siswa mendiskusikan jawaban LKS dengan teman
sebangkunya.
5. Siswa
melakukan permainan lempar bola secara estafet sambil menyanyikan sebuah lagu.
6. Siswa
yang terakhir memegang bola ketika lagu selesai dinyanyikan maju kedepan kelas
untuk mempresentasikan hasil diskusi dengan teman sebangkunya.
7. Siswa
lain memberikan tanggapan.
Konfirmasi
1. Siswa bersama guru membahas tentang hasil
kerja siswa.
2. Guru menyelesaikan permasalahan yang belum
terpecahkan.
3. Guru memberikan penghargaan kepada siswa
yang menjawab benar. Sedangkan bagi siswa yang menjawab salah, guru memberikan
bimbingan.
4. Guru memotivasi siswa untuk lebih aktif
dan giat belajar.
· Kegiatan Akhir
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi
pelajaran.
2. Guru memberikan evaluasi.
3.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah dan memberikan motivasi kepada
siswa.
I.
Penilaian
1. Prosedur
a.
Tes awal : Melalui
kegiatan apersepsi
b. Tes
proses :Ketika
KBM dan kegiatan diskusi
c. Tes akhir : Terlampir
2. Teknik
Tes
-Tes
- Non Tes
3.Jenis Tes
-Tes Lisan :
Tanya jawab dan Diskusi
-Tes Tertulis : Uraian
dan Pilihan ganda
-
Perbuatan : Aktivitas siswa
4. Instrumen
- Lembar Kerja Siswa
- Lembar Soal Evaluasi
- Lembar Penilaian Aktivitas Siswa
Semarang, 2011
Guru Pamong, Mahasiswa
Nugraheti
Sismulyasih Sabilillah, S.Pd, M.Pd Muin
Arifah
NIP. NIM.1401410203
Anggota Kelompok :
............................................
.............................................
..............................................
.............................................
.............................................
LEMBAR KERJA SISWA
Indikator
Bahasa Indonesia
3.1.1. Menjawab pertanyaan isi teks
secara lisan atau tulisan.
3.1.2. Menjelaskan penggunaan huruf
kapital.
Petunjuk :
a. Dengarkanlah
petunjuk gurumu !
b. Kerjakanlah dalam
lembar kerjamu !
Kerja Bakti di Sekolah
Hari masih pagi.Matahari belum
begitu tinggi.Hari itu hari Sabtu.Anak-anak kelas III SD Cempaka Putih
tiba-tiba berhamburan keluar dari kelas.Mereka berlari-lari sambil bercanda
dengan teman-temannya.
Anak-anak itu berlari
menuju halaman sekolah.Mereka membawa alat-alat untuk kerja bakti, seperti
sabit, sapu lidi, sekop, dan tempat sampah. Mereka akanbekerja bakti
membersihkan halaman sekolah. Kerjabakti itu dipimpin oleh Bu Aminah.
Sebelum kerja bakti
dimulai, dibuat kelompok kerjalebih dahulu.Hal ini untuk memudahkan anak-anak
bekerjadan tidak saling berebut.
Kelompok kerja itu
terdiri atas lima kelompok. Setiapkelompok beranggotakan enam anak.Kelompok
satudipimpin oleh Amat.Kelompok dua dipimpin Anita.Kelompoktiga dipimpin
Doni.Kelompok empat dipimpinRatna. Kelompok lima dipimpin Rita. Mereka adalah
anakanakyang suka bekerja dan bertanggung jawab sehinggaditunjuk menjadi ketua
kelompok.
Dengan dipimpin oleh
ketua kelompok masing-masing,mereka bekerja dengan giat.Acara kerja bakti
itupun cepat selesai.Halaman sekolah menjadi bersih.
(R. Nirbaya, 2006)
1. Jawablah dengan benar di buku tugasmu!
a. Kapan anak kelas III SD Cempaka Putih
melakukan kerjabakti?
b. Apa saja alat kerja bakti yang dibawa
anak-anak kelas III?
c. Apa yang dibersihkan anak-anak kelas III
dalam kerja bakti?
d. Satu kelompok kerja bakti beranggotakan
berapa anak?
e. Mengapa Amat, Doni, Anita, Ratna, dan
Rita dipilih menjadiketua kelompok?
2. Tulis kembali kalimat berikut di buku tulismu! Gunakan
huruf kapital dengan tepat!
a. nama saya dewi.
b. candi borobudur terletak
di pulau jawa.
c. ketika liburan andre pergi
ke sungai musi.
d. rumah kami berada di jalan
gatot subroto
e. dia bukan orang asli
indonesia.
Nama : …………………………
No. Absen : …………………………
SOAL EVALUASI
A. Berilah
tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar!
Pertanyaan untuk nomor 1-4
Sudah sepekan ibuku sakit.Aku mencuci pakaian sendiri.Aku juga
membuat the untuk ayah.Akan tetapi, gula dalam stoples dikerumuni semut.Aku mengahampiri ayahku. Aku meminta maaf.Aku
gembira karena ayahku tidak kecewa. Bahkan, ia memuji diriku karena mau
membantu orang tua.
1.
Tokoh “aku”
mencuci pakaian sendiri karena ….
a.
ibunya
sedang sakit
b.
ayahnya
sedang sakit
c.
kakaknya menyuruhnya
d.
d.
pembantunya pulang kampong
2.
Yang hendak
dilakukan “aku” untuk ayahnya adalah ….
a. membuatkan kopi
b. membuatkan teh
c. mencuci pakaian kotor
d. d. membersihkan rumah
3.
Tokoh “aku”
meminta maaf kepada ayahnya karena ….
a. tidak dapat membuatkan teh
b. mendapatkan nilai jelek
c. ia telah memecahkan gelas
d. d. ia tidak membersihkan rumah
4.
Si ayah
memuji tokoh “aku” karena ….
a. ia malas
b. ia pandai
c. ia sakit
d. d. ia mau membantu orang tua
5.
Huruf
kapital digunakan untuk menulis ….
a. nama sungai
b. nama tempat
c.
nama pulau
d.
d. semua
benar
6. Penulisan huruf kapital yang benar terdapat
pada kalimat ….
a.
Nenekku
tinggal di pulau Bangka.
b.
Pernahkah
kamu ke papua?
c.
Ida Bagus
Ayu berasal dari Bali.
d.
Saudaraku
ada yang tinggal di makasar.
7. Penulisan huruf kapital yang paling tepat
dalam kalimat di bawah ini adalah ….
a.
ibukota
indonesia adalah jakarta.
b.
Ibukota indonesia
adalah jakarta.
c.
Ibukota
Indonesia adalah jakarta.
d.
Ibukota
Indonesia adalah Jakarta.
8. Agar tidak mencemari lingkungan, maka
sampah sebaiknya dibuang di ….
a.
sungai
b.
got
c.
tempat
sampah
d.
d. laut
9. Hal-hal berikut merupakan penyebab
terjadinya pencemaran udara, kecuali ….
a.
penanaman
pohon
b.
asap rokok
c.
asap
kendaraan
d.
kebakaran
10. Upaya yang dapat kita lakukan untuk menjaga
kesehatan lingkungan adalah dengan ….
a.
membuang
sampai di sungai
b.
menyapu
halaman
c.
merokok
d.
bermalas-malasan
KUNCI JAWABAN LKS
1. Format
penskoran
Kunci/Kriteria
Jawaban
|
Skor
|
a.
Anak
kelas III SD Cempaka Putih melakukan kerja bakti pada hari Sabtu.
b. Alat kerja bakti yang dibawa adalah sabit, sapu lidi, sekop, dan tempat sampah.
c. Anak kelas III membersihkan
halaman sekolah.
d. Setiap kelompok beranggotakan
enam anak.
e. Mereka dipilih menjadi ketua
kelompok karena mereka adalah anak-anakyang suka bekerja dan bertanggung
jawab sehinggaditunjuk menjadi ketua kelompok.
|
1
1
1
1
1
|
Jumlah Skor
|
5
|
2. Format
Penskoran
Kunci/Kriteria
Jawaban
|
Skor
|
a.
Nama saya Dewi.
b.
Candi Borobudur terletak di Pulau
Jawa.
c.
Ketika liburan Andre pergi ke Sungai Musi.
d.
Rumah kami berada di Jalan Gatot Subroto.
e.
Dia bukan orang asli Indonesia.
|
1
1
1
1
1
|
Jumlah Skor
|
5
|
Skor maksimal = 10
1.
KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI
1. a 6.
c
2. b 7.
d
3. a 8.
c
4. d 9.
a
5. d 10.B
Penskoran:
Betul = 1
Salah = 0
Skor maksimal: 10
Lihat Kebunku
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
Dan ada yang merah
Setiap hari ku siram semua
Mawar melati
Semuanya indah
Lampiran
Media pembelajaran
·
Gambar
lingkungan sehat dan tidak sehat
LEMBAR
PENGAMATAN AKTIVITAS SISWA
Nama Siswa :
..............
Nama SD :..............
Kelas : III
Tema : Lingkungan
Hari/Tanggal :
..............
Petunjuk : Berilah tanda check (√)
pada kolom tingkat kemampuan yang sesuai dengan
No
|
Indikator
|
Skor Penilaian
|
Jumlah
|
||
1
|
2
|
3
|
|
||
1.
|
Siswa memperhatikan penjelasan
guru.
|
|
|
|
|
2
|
Siswa tertib pada saat pembentukan kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Siswa saling bekerjasama dalam
kegiatan berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Siswa aktif dalam diskusikelompok
|
|
|
|
|
5
|
Siswa aktif bertanya tentang materi
pembelajaran.
|
|
|
|
|
6
|
Siswa mencatat hasil kerja kelompok.
|
|
|
|
|
7
|
Siswa mengerjakan
evaluasi
|
|
|
|
|
8
|
Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah
skor
|
|
|
|
|
Jumlah skor =
.........
Kategori =
.........
Kriteria penilaian dan kategori:
11-16 = B (baik)
6-10 = C (cukup)
0-5 = D (Kurang)
Semarang,
..................................
Observer
KRITERIA PENILAIAN AKTIVITAS SISWA
No
|
Indikator
Pengamatan
|
Deskriptor
|
||
Kurang (1)
|
Cukup
(2)
|
Baik
(3)
|
||
1
|
Siswa memperhatikan penjelasan guru dengan baik
|
Siswa
bermain sendiri dan tidak memperhatikan penjelasan guru.
|
Siswa memperhatikan tetapi tidak fokus.
|
Siswa memperhatikan dengan
tenang dan fokus.
|
2
|
Siswa tertib pada saat pembentukan
kelompok
|
Tidak mau di
kelompokkan
|
Memiliki keinginan memilih kelompoknya sendiri
|
Bisa menerima pembagian kelompok
yang ditentukan guru
|
3
|
Siswa saling kerja sama dalam
berkelompok
|
Tidak mengerjakantugas.
|
Bekerja sendiri
|
Bekerja sama dengan teman sebangku
|
4
|
Keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat
|
Tidak
mengemukakan berpendapat
|
Mengemukakan pendapat sebanyak
1-2 kali
|
Mengemukakan pendapat lebih dari 3 kali
|
5
|
Keaktifan siswa dalam bertanya mengenai materi.
|
Tidak bertanya
|
Pertanyaan tidak sesuai dengan pembelajaran
|
Pertanyaan sesuai dengan
pembelajaran.
|
6
|
Siswa mencatat hasil simpulan kerja
kelompok
|
Tidak mencatat hasil simpulan kerja kelompok
|
Mencatat
simpulan hasil kerja kelompok tetapi tidak lengkap
|
Mencatat
simpulan hasil kerja kelompok dengan lengkap
|
7
|
Siswa mengerjakan
evaluasi
|
Tidak selesai
mengerjakan
|
Mengerjakan evaluasi melebihi waktu yang
ditentukan
|
Mengerjakan
evaluasi tepat waktu
|
8
|
Kedisiplinan siswa dalam
pembelajaran
|
Membuat kegaduhan di
kelas sampai diberi teguran 3-4 kali
|
Siswa membuat kegaduhan di kelas sampai
diberi teguran1-2 kali
|
Siswa tidak membuat kegaduhan dikelas
|
Lampiran
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
· Teks Bacaan
Tolong, Jangan Merokok di Sini!
Sesungguhnya, yang paling dirugikan oleh
asap rokokbukan si perokok. Kita yang berada disekitarnya punterpaksa mengisap
asap dan racunnya. Wah, apa iya?
Menurut penelitian, jumlah asap yang tidak
diisap lebihbanyak daripada asap yang diisap. Jumlahnya sepuluh kalilipat.
Orang yang merokok sebenarnya hanya mengisapsedikit asap rokok. Sisanya terisap
oleh siapa saja yangberada di dekat si perokok.
Karena jumlah asap yang dibuang lebih
banyak, jumlahracun yang dibuang pun lebih banyak. Kalau si perokokberada di
dekat kita, kita akan mengisap lebih banyak asapdan racun daripada dia.
Kalau begitu, bukankah lebih baik langsung
merokoksaja?Wah, wah, wah, tidak bisa begitu. Bagaimanapun, memasukkan
asap rokok ke dalam paru-paru sangat berbahaya. Selain membuat kecanduan, si
perokok mudah terserang TBC, kanker paru, dan kanker kerongkongan, serta kanker
saluran pernapasan yang lain.
Berada dalam ruangan yang penuh asap rokok
selama satu jam sama saja dengan mengisap 35 batang rokok. Wuahhh! Bisa
kamu bayangkan berapa banyak racun yang menumpuk dalam tubuh kita! Jadi, kita
harus berani berkata, “Tolong, jangan merokok di sini!”
Sumber: Bobo,
27 Mei 2004
Pertanyaan:
1. Siapa yang paling dirugikan dengan adanya
asapa rokok? Mengapa demikian?
2. Penyakit apa saja yang dapat ditimbulkan
dari kebiasaan merokok?
3. Mengapa terlalu lama berada di dalam
ruangan yang penuh asap rokok sangat berbahaya?
· Penggunaan
Huruf Kapital
1. Huruf kapital atau huruf besar dipakai sebagai huruf pertama kata pada
awal kalimat.
Misalnya:
Misalnya:
·
Dia mengantuk.
·
Apa maksudnya?
2. Huruf
kapital dipakai sebagai untuk menulis huruf pertama nama orang.
Misalnya:
Misalnya:
·
Amir Hamzah
·
Dewi Sartika
3. Huruf
kapital digunakan untuk menulis huruf pertama nama bangsa, suku, dan bahasa.
Misalnya:
Misalnya:
·
bangsa Indonesia
·
suku Sunda
4. Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, hari raya, dan
peristiwa sejarah.
Misalnya:
Misalnya:
·
bulan Agustus
·
Perang Candu
·
hari Jumat
·
hari Lebaran
·
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
5. Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama nama geografi. Misalnya nama jalan, kota
sungai, laut, danau, gunung, pulau, benua, samudera, teluk, dan selat.
Contoh:
Contoh:
·
Sungai Musi
·
Laut Jawa
·
Danau Toba
·
Selat Lombok
·
Pulau Sumatra
·
Gunung Semeru
·
Teluk Benggala
·
Jalan Diponegoro
·
Samudera Hindia
·
Benua Asia Tenggara
6. Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama semua kata (termasuk semua unsur kata
ulang sempurna) di dalam nama buku, majalah, surat kabar, dan judul karangan
kecuali kata seperti di, ke, dari, dan, yang, dan untuk yang tidak terletak
pada posisi awal.
Misalnya:
Misalnya:
·
Saya telah membaca buku Dari Ave Maria ke Jalan
Lain ke Roma.
·
Bacalah majalah Bahasa dan Sastra.
·
Dia adalah agen surat kabar Sinar
Pembangunan.
·
Media
Kartu Huruf
A
|
a
|
C
|
D
|
E
|
F
|
G
|
H
|
I
|
J
|
K
|
L
|
M
|
N
|
O
|
P
|
Q
|
R
|
S
|
T
|
U
|
V
|
v
|
X
|
Y
|
Z
|
z
|
y
|
x
|
w
|
W
|
u
|
t
|
s
|
r
|
q
|
p
|
o
|
n
|
m
|
l
|
kk
|
j
|
i
|
h
|
g
|
f
|
e
|
d
|
c
|
b
|
Ba
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar