Minggu, 08 April 2012

RPP Tematik Kelas 4 Tentang Daun


Description: unnes

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester          : IV / I
Materi                          : Bagian Tumbuhan dan Fungsinya




Disusun oleh :
1.      Fitria Indri Astuti         (1401410174)
2.      Dwi Sri Utami              (1401410177)
3.      Ifa Iklassiyah                (1401410192)
4.      Mufidatul Inayah          (1401410273)
5.      Muin Arifah                  (1401410203)

Rombel : 5



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan                        : SD N Brangkal 01
Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester                : IV/ I
Alokasi Waktu                  : 1 x pertemuan (3 x 35 menit)

I.       Standar Kompetensi
2.   Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya.
                              
II.    Kompetensi Dasar
2.3    Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya.

III. Indikator
2.3.1 Menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
2.3.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tulang daun.
2.3.3 Menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya.

IV. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui pengamatan pada daun , siswa dapat menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya dengan tepat dan penuh tanggung jawab.
2. Melalui pengamatan pada gambar daun, siswa dapat mengidentifikasi jenis-jenis tulang daun dengan tepat dan jujur.
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya dengan tepat dan jujur.

V.    Materi Ajar
Struktur daun dan fungsinya

VI. Model Pembelajaran
Pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together (NHT)


VII.        Metode Pembelajaran
Ceramah variatif, diskusi, dan tanya jawab

VIII.       Langkah-Langkah Pembelajaran
A.  Pra kegiatan (5 menit)
1.      Salam.
2.      Berdoa.
3.      Presensi.
4.      Pengkondisian kelas dengan merapikan tempat duduk.

B.  Kegiatan awal (10 menit)
1.    Guru melakukan apersepsi
Siswa diajak bernyanyi “Lihat Kebunku”
Siswa diberikan pertanyaan
“Siapakah yang pernah ke kebun?”
“Apa saja yang kalian lihat?”
“Siapakah yang pernah memetik daun?”
2.    Guru menginformasikan mengenai tujuan pembelajaran dan kegiatan yang akan dilaksanakan.

C.  Kegiatan Inti (60 menit)
Eksplorasi
1.      Siswa diminta untuk mengamati daun yang dibawa dari rumah.
2.     Guru mengadakan tanya jawab yang berkaitan dengan bagian-bagian daun beserta fungsinya.
3.     Guru mempersiapkan gambar-gambar daun.
4.     Siswa diminta menyebutkan jenis-jenis tulang daun yang ada pada gambar daun.
Elaborasi
1.  Siswa dibentuk kelompok, 2 bangku menjadi 1 kelompok atau 4-5 orang per kelompok.
2.  Tiap kelompok mendapatkan nomor
3.  Guru membagikan gambar daun dan lembar pertanyaan kepada siswa.
4. Siswa berdiskusi dalam kelompoknya kemudian menyatukan jawabannya terhadap petanyaan dan meyakinkan tiap anggota dalam kelompoknya mengetahui jawaban kelompok
5.   Guru membimbing jalannya diskusi kelompok
6.   Guru menunjuk anak secara acak dengan memanggil berdasarkan nomor
7.  Siswa yangditunjuk dengan nomor tertentu berdiri dan menjawab pertanyaan  untuk seluruh kelas
8.   Siswa yang menanggapi jawaban dari siswa yang ditunjuk
9.   Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
10.  Guru memberi motivasi bagi kelompok yang belum berhasil menjawab

Konfirmasi
1.      Siswa diberi umpan balik pada hasil diskusi kelompok dan diberikan pemantaban
2.      Guru melakukan tanya jawab dengan siswa untuk memecahkan masalah yang belum terselesaikan mengenai struktur daun
3.      Guru memberikan reward terhadap kelompok yang menjawab dengan benar dan memberi motivasi kepada semua siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran

D.  Kegiatan akhir (30 menit)
1.      Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi dari guru
2.      Siswa mengumpulkan soal-soal evaluasi dan guru mengoreksinya
3.      Siswa dibimbing oleh guru menyimpulkan materi pembelajaran (hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya) yang telah dipelajari
4.      Siswa diminta untuk mempelajari materi yang akan datang yaitu tentang “bunga dan fungsinya”
5.      Do’a dan salam

IX.  Media dan Sumber Belajar
·         Standar Isi
·         Gambar daun
·         BSE IPA untuk SD dan MI Kelas IV. Penulis : Budi Wahyono dan Setyo Nurachmandani. Depdiknas 2008. Halaman : 35-38.

X.    Evaluasi
1.      Prosedur tes
-          Tes dalam proses (instrumen terlampir)
-          Tes hasil / tes akhir
2.      Jenis tes
-          Tes Tertulis
3.      Bentuk tes
-          Isian singkat



  Semarang, Desember 2011
Mengetahui,
Dosen Pengampu,                                                                   Praktikan,




       (……………………….)                                                         (……………………….)
       NIP.                                                                                        NIM.










Lampiran Materi Ajar dan Media

Struktur Daun dan Fungsinya

Tumbuhan memiliki daun. Daun merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh dari batang. Daun umumnya berbentuk tipis dan berwarna hijau. Warna hijau tersebut disebabkan warna klorofil yang ada pada daun. Namun, daun ada juga yang berwarna kuning, merah, atau ungu.
1. Struktur Daun
Bagian-bagian daun lengkap terdiri atas tulang
daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun.
Contoh daun yang memiliki bagian-bagian lengkap
antara lain daun pisang dan daun bambu.
Di alam, kebanyakan tumbuhan memiliki daun
yang tidak lengkap.
Misalnya, ada daun yang hanya terdiri atas tangkai dan helai daun saja, contohnya daun mangga.
Ada pula daun yang hanya terdiri atas pelepah dan helai daun saja, contohnya daun padi dan jagung.
Selain itu, daun juga memiliki urat. Urat daun adalah susunan pembuluh pengangkut pada daun. Tumbuhan monokotil memiliki urat daun yang memanjang dari pangkal ke ujung daun secara sejajar. Tumbuhan dikotil memiliki urat daun yang membentuk jaringan. Urat daun tersebut bercabang-cabang hingga menjadi percabangan kecil dan membentuk susunan seperti jaring atau jala.








Bentuk tulang daun juga bermacam-macam, antara lain, menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar.









a.       Menyirip
Tulang daun jenis ini memiliki susunan seperti sirip-sirip ikan.
Contoh tumbuhan yang memiliki jenis tulang seperti ini adalah tulang daun jambu, mangga, dan rambutan.
b.      Melengkung
Tulang daun melengkung berbentuk seperti garis-garis melengkung. Tulang daun jenis ini dapat kita temukan pada berbagai tumbuhan di lingkungan sekitar kita.
Misalnya, tulang daun sirih, gadung, dan genjer.
c.       Menjari
Tulang daun menjari bentuknya seperti jari-jari tangan manusia.
Misalnya, tulang daun pepaya, jarak, ketela pohon, dan kapas.
d.      Sejajar
Tulang daun sejajar berbentuk seperti garis-garis sejajar. Tiap-tiap ujung tulang daun menyatu.
Misalnya, tulang daun tebu, padi, dan semua jenis rumput-rumputan.
Pernahkah kamu mendengar istilah daun tunggal dan daun majemuk? Daun tunggal adalah daun yang memiliki satu helai daun di setiap tangkainya. Daun majemuk adalah daun yang memiliki beberapa helai daun di setiap tangkainya.




2. Fungsi Daun
Bagi tumbuhan, daun memiliki beberapa kegunaan. Misalnya, sebagai tempat pembuatan makanan, pernapasan, dan penguapan.
a. Pembuatan makanan.
Daun berguna sebagai dapur tumbuhan. Tahukah kamu fungsi dapur? Di dalam daun terjadi proses pembuatan makanan (pemasakan makanan). Makanan ini digunakan tumbuhan untuk kelangsungan proses hidupnya dan jika lebih disimpan.
b. Pernapasan.
Di permukaan daun terdapat mulut daun (stomata). Melalui stomata pertukaran gas terjadi. Daun mengambil karbondioksida dari udara dan melepas oksigen ke udara. Proses inilah yang menyebabkan kamu merasa nyaman saat berada di bawah pohon pada siang hari.
c. Penguapan.
Tidak semua air yang diserap akar dipakai oleh tumbuhan. Kelebihan air ini jika tidak dibuang dapat menyebabkan tumbuhan menjadi busuk dan mati. Sebagian air yang tidak digunakan dibuang melalui mulut daun dalam bentuk uap air. Pada malam hari, kelebihan
air dikeluarkan melalui sel-sel pucuk daun. Proses ini disebut gutasi.

Coba kamu amati daun-daun bunga yang ada di pekaranganmu saat pagi hari!
Bagi manusia, daun dapat digunakan sebagai bahan makanan, contohnya daun pepaya dan singkong; obat-obatan, contohnya daun jeruk dan jambu biji; rempah-rempah, contohnya daun salam jeruk. Pernahkah kamu diobati dengan menggunakan daun? Daun apakah yang dipakai?


 





























Daun Pepaya à Tulang daun menjari


Lampiran Lembar Kerja Siswa
Kelas : IV-A
Nama : 1. ………………………………… No. Urut : …..
             2. ………………………………… No. Urut : …..
             3. …………………………………  No. Urut : ….
4.  ………………………………… No. Urut : ….

A. Diskusikan dengan kelompokmu untuk mengisi tabel dibawah ini!
No
Nama Tumbuhan
Bentuk tulang daun
*
Pohon pisang
menyirip
1.
Pepaya

2.
Padi

3.
Sirih

4.
Jambu

5.
Tebu


B. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat!
1. Sebutkan 2 jenis daun yang berdasarkan jumlah helai daun di setiap tangkainya!
2. Sebutkan 3 fungsi daun bagi tumbuhan!


Lampiran Jawaban Lembar Kerja Siswa
A.
No
Nama Tumbuhan
Bentuk tulang daun
*
Pohon pisang
Menyirip
1.
Pepaya
Menjari
2.
Padi
Sejajar
3.
Sirih
Melengkung
4.
Jambu
Menyirip
5.
Tebu
Sejajar

B.
1. daun tunggal dan daun majemuk
2. Fungsi daun:
tempat pembuatan makanan
pernapasan
penguapan
Skor : masing-masing soal 1
Nilai : skor maksimal x 10 = 10 x 10 = 100



Lampiran Evaluasi
Nama : ……………………………..
Kelas / No.Urut : ………/..….

Isilah titik-titik dan jawablah pertanyaan di bawah dengan jawaban yang tepat!
1.Bentuk tulang daun pepaya adalah……..
2.Daun kebanyakan berwarna hijau karena banyak mengandung…….
3. Jelaskan perbedan daun tunggal dan daun majemuk!
4. Sebutkan 3 jenis tanaman yang mempunyai tulang daun yang menyirip!
5. Sebutkan 3 fungsi daun bagi tumbuhan!



Lampiran Kunci Jawaban Tes Tertulis

1.Menjari
2. Klorofil/zat hijau daun
3. Daun majemuk: daun yang memiliki beberapa helai daun pada setiap tangkainya
   Daun tunggal : daun yang memiliki satu helai daun pada setiap tangkainya
4. tulang daun jambu, mangga, dan rambutan
5. Fungsi daun:
tempat pembuatan makanan
pernapasan
penguapan

Kriteria penskoran
Nomor
Skor
1
1
2
1
3
2
4
3
5
3


Total Skor maksimal   = 10
Nilai                            =         
Atau skor maksimal x 10 = 10 x 10 = 100


INSTRUMEN PENILAIAN

Berilah tanda cek (√) pada kolom tingkat kemampuan sesuai dengan indikator pengamatan!
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keaktifan dalam kelompok
Keberanian mengutarakan jawaban
Keberanian bertanya
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       dst












skor minimum             = 3 è nilai =   = 33
skor maksimum           = 9 è nilai =   = 100

Nilai =
Deskriptor :
Keaktifan dalam kelompok
1.      tidak berpartisipasi dalam kelompok dan ramai sendiri
2.      diam saja, tidak berpartisipasi dalam kelompok
3.      berpartisipasi dalam kelompok dan mau berpendapat
Keberanian mengutarakan jawaban
1.      suara pelan dan artikulasi tidak jelas
2.      suara pelan dan artikulasi jelas
3.      suara lantang dan artikulsi jelas
Keberanian bertanya
1.      diam saja tidak bertanya
2.      bertanya dengan malu-malu
3.      bertanya dengan suara yang lantang

Skala Penilaian :
84 – 100 = sangat baik 
67  - 83   = baik
50  - 66   = cukup baik
33 – 49   = kurang























































KISI-KISI SOAL EVALUASI
Jenis Sekolah                             : SD
Mata Pelajaran                          : IPA
Kelas/Semester                          : IV/1
Kurikulum                                 : KTSP
Alokasi Waktu                           : 35 Menit
Jumlah Soal                               : 10 (Pilihan ganda)
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Ranah Kognitif
No. Soal
C1
C2
C3
2. Memahami hubungan antara struktur bagian tumbuhan dengan fungsinya


2.3    Menjelaskan hubungan antara struktur daun tumbuhan dengan fungsinya

2.3.1 Menyebutkan bagian-bagian daun beserta fungsinya
2.3.2 Mengidentifikasi jenis-jenis tulang daun
2.3.3 Menjelaskan hubungan antara struktur bagian daun dengan fungsinya








1,3,5

2,4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar