SILABUS
SEKOLAH : ……………………
MATA PELAJARAN : ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS :
VI
SEMESTER :
1 (Gasal)
STANDAR KOMPETENSI :
1. Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok / Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.2
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki
tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan
serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
Ciri-ciri khusus yang dimiliki makhluk hidup
|
a. Siswa mengamati gambar kaktus dan kantung semar beserta lingkungannya
b. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok
berpasangan dengan teman sebangkunya.
c. Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
d. Siswa menyebutkan hubungan antara ciri-ciri khusus dan
lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
e. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas.
f. Guru menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan
teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
g. Guru menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat
sekitar.
|
1. Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dan kantung semar.
2. Menyebutkan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
3. Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus
dengan lingkungan tempat hidupnya.
4. Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kantung
semar dengan lingkungan tempat hidupnya.
5. Menjelaskan
salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan
bagian tumbuhan.
6. Menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
|
Tes tertulis, tes sikap
|
1 X 35 menit
|
a.
BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI karangan
Rositawati.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar