Standar Kompetensi : 3. Mengidentifikasi
cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1
Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan ter- tentu untuk
mem-pertahankan hidup.
|
Cara Hewan
Menyesuaikan
Diri dengan
Lingkungannya
|
1. Melakukan
pengamatan
bentuk-bentuk
penyesuaian
pada hewan
untuk memperoleh
makanan misal:
burung,
serangga, dan
unta.
2. Mendata
nama-nama burung
berdasarkan:
bentuk paruh dan
kakinya serta
jenis makanannya.
3. Mengumpulkan
berbagai data
cara hewan
melindungi diri dari
musuhnya.
|
1.
Mengaitkan antara bentuk kaki burung dengan cara memperoleh makanan dan tempat hidupnya
2. Mengaitkan antara bentuk paruh burung dengan
jenis makanannya
3.
Mengaitkan antara jenis mulut serangga dengan jenis makanannya
|
Penilaian
Test
Penilaian
Nontest
|
Objektif
|
Mengamati
gambar.
|
2
X 35 menit
|
1. Bse IPA
untuk SD dan MI kelas V oleh Heri Sulistyanto dan Edy Wiyono.
2. LKS
3. Gambar yang
sesuai
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar