Minggu, 08 April 2012

RPP Sets Habitat Kelas 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran               : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester               : VI/1
Alokasi Waktu              : 1 × 35 menit
 

I.                   Standar Kompetensi
1.        Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
II.                Kompetensi Dasar
1.2    Mendeskripsikan  hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan  (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
III.             Indikator
1.2.1        Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dan kantung semar.
1.2.2        Menyebutkan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
1.2.3        Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
1.2.4        Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kantung semar dengan lingkungan tempat hidupnya.
1.2.5        Menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
1.2.6        Menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
IV.             Tujuan pembelajaran
1.    Melalui pengamatan gambar tumbuhan kaktus dan kantung semar dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dan kantung semar.
2.    Melalui pengamatan gambar tempat hidup kaktus dan kantung semar dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
3.    Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
4.    Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kantung semar dengan lingkungan tempat hidupnya.
5.    Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
6.    Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
V.                Materi ajar
Ciri khusus makhluk hidup.
VI.             Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan:  SETS (Sains Enviromental Teknologi Society)
Metode:    -   Tanya jawab
-       Ceramah
-       Diskusi kelompok
-       Penugasan
VII.          Kegiatan pembelajaran
a.       Pra kegiatan ( 5 menit )
Salam, presensi, pengkondisian  kelas
b.      Kegiatan awal (10 menit)
a)      Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan
-  Pernahkah kalian pergi ke gurun atau rawa?
-  Apakah kalian pernah melihat kaktus dan kantung semar?
b)      Menyampaikan materi pembelajaran, seperti: “Hari ini kita akan mempelajari tentang “ciri khusus tumbuhan dan lingkungan tempat tinggalnya.”
c)      Menyampaikan  tujuan pembelajaran, seperti: “Tujuannya agar kita mengetahui, bagaimana ciri-ciri khusus tumbuhan dan bagaimana tempat hidup tumbuhan tersebut.”
c.       Kegiatan inti (70  menit)
Eksplorasi
1.        Siswa mengamati gambar tumbuhan kaktus dan kantung semar serta tempat hidupnya.
2.        Siswa dan guru bertanya jawab tentang ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
Elaborasi
a)      Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok berpasangan dengan teman sebangkunya.
b)      Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
c)      Siswa menyebutkan hubungan antara ciri-ciri khusus dan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
d)     Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
e)      Siswa dan guru bersama- sama membahas hasil diskusi.
f)       Guru menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
g)      Guru menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
Konfirmasi
a)      Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang belum terselesaikan.
b)      Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah menyelesaikan tugas dengan baik.
c)      Guru menambah materi yang belum diungkapkan siswa.
d)     Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa.
d.      Kegiatan akhir (20  menit)
a)      Guru bersama siswa membuat kesimpulan pembelajaran.
b)      Evaluasi dan tindak lanjut.
VIII.       Sumber Belajar
Media :
a.       Gambar kaktus dan lingkungan hidupnya.
b.      Gambar tumbuhan kantung semar dan lingkungan hidupnya.
Sumber :                                          
a.       BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI karangan Sri Hartanti.
b.      BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI karangan Yayat Ibayati.
c.       BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI karangan Rositawati.
IX.    Penilaian
·         Teknik penilaian             : tes dan non tes
·         Bentuk penilaian            : pilihan ganda,uraian dan penilaian sikap
·         Instrumen                       : terlampir





Mengetahui,
Kepala Sekolah



     Semarang,  Oktober  2011


Guru Kelas
























SKEMA SETS (Sains, Environment, Technologi, and Society)









Rounded Rectangle: Sains 
- Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dan kantung semar.
- Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dan kantung semar dengan lingkungan tempat hidupnya.
-



Rounded Rectangle: Teknologi
- Menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan, misalnya pembuatan obat sakit perut .dari tumbuhan kantong semar.

Rounded Rectangle: Lingkungan 
- Menyebutkan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.



Rounded Rectangle: Masyarakat 
- Menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan (kaktus dan tumbuhan pemakan serangga) bagi masyarakat sekitar.
 
































BAHAN AJAR

Ciri Khusus pada Beberapa Tumbuhan
Tumbuhan yang ada di sekitar kamu sangat beragam. Keragaman itu disebabkan, salah satunya oleh lingkungan tempat hidupnya. Ciri-ciri khusus yangdimiliki tumbuhan tersebut bermanfaat untuk mempertahankan hidup. Berikut akan dijelaskan beberapa tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, yaitu tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga.
1. Ciri Khusus yang Dimiliki Kaktus
Pernahkah kamu melihat tumbuhan kaktus? Biasanya di tempat-tempat penjual tanaman hias dijual tumbuhan kaktus. Apakah ciri-ciri khusus tumbuhan kaktus? Di daerah manakah tumbuhan kaktus tumbuh?
Tumbuhan kaktus merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering atau kurang air.
Oleh karena itu, kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna untuk cadangan di musim kering. Di samping itu, bentuk daun kaktus Tumbuhan kaktus pun kecil, seringkali berbentuk duri. Dengan bentuk seperti itu, kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh.
2. Ciri Khusus yang Dimiliki Tumbuhan Pemakan Serangga
Ada beberapa tumbuhan di alam yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan unsur makanan yang diperlukan melalui akar. Tumbuhan seperti apakah itu? Dengan cara apa tumbuhan tersebut mendapatkan makanan selain melalui akar?
Tumbuhan yang mengalami hal tersebut adalah tumbuhan kantong semar dan tumbuhan kejora (Venus). Kedua tumbuhan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan nitrogen. Keadaan tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga. Serangga mengandung banyak nitrogen.
Cara yang dilakukan, yaitu dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga. Pada kantong semar, serangga akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga
serangga terpeleset. Adapun pada tumbuhan kejora, serangga yang hinggap dan menyentuh ''lengan daun'' akan terperangkap karena daun akan menutup dengan cepat. Kemudian, serangga tersebut akan dicerna oleh cairan yang dihasilkan daun.

Kaktus mempunyai manfaat dintaranya sebagai tanaman hias. Selain itu, kaktus juga dapat digunakan untuk memurnikan air. Misalnya pada kaktus pir yang berduri atau bahasa latinnya Opuntia ficus-indica. Kaktus jenis ini telah digunakan sejak abad ke-19 oleh masyarakat Meksiko sebagai pemurni air.
Alcantar mendapati bahwa getah kental yang terdapat pada tanaman dan biasanya berfungsi sebagai penyimpan air ternyata bersifat pengental. Pada uji cobanya dengan penambahan air dan dicampur dengan sedimen serta bakteri pada kadar yang tinggi, ternyata terjadi penggumpalan partikel sedimen dan mengendap di dasar air. Getah tersebut juga mengakibatkan 98% bakteri menyatu dan memudahkan untuk disaring.
Masyarakat di negara berkembang bisa memanaskan sepotong kaktus agar mengeluarkan getahnya, kemudian menambahkannya ke dalam air yang memerlukan pemurnian, tambah Alcantar. Meratanya kaktus, keterjangkauan dan budaya menjadikan bahan alam tersebut sebagai teknologi pemurnian air yang menarik.
Meski terlihat sederhana, tampaknya masih ada yang harus dilakukan agar teknologi alam tersebut berfungsi optimal.
Selain kaktus, tumbuhan kantung semar juga banyak manfaatnya. Diantaranya adalah Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Di antaranya adalah sebagai indikator iklim. Jika pada suatu kawasan atau areal ditumbuhi oleh Nepenthes gymnamphora, berarti kawasan tersebut tingkat curah hujannya cukup tinggi, kelembaban di atas 75 %, tanahnya pun miskin unsur hara.
Tumbuhan Obat Tanaman ini dapat pula menjadi tumbuhan obat. Cairan dari kantong yang masih tertutup, digunakan sebagai obat batuk. Air rebusan akar dan cairan dalam kantong yang masih tertutup dipakai juga sebagai obat sakit perut, mencegah ngompol, luka bakar dan mengobati sakit mata. Selain itu, Nepenthes juga menjadi sumber air minum bagi petualang ataupun pendaki gunung yang kehausan.
Kantong semar jenis N. gymnamphora merupakan sumber air yang layak minum karena pH-nya netral (6-7) dengan keadaan kantong yang masih tertutup, karena kantong yang terbuka sudah terkontaminasi jasad serangga yang masuk ke dalam, pH-nya 3 dan rasanya masam.
Ada juga masyarakat yang menggunakannya sebagai pengganti tali. Batang dari Kantong Semar ini bisa digunakan sebagai pengganti tali untuk pengikat barang.
Dengan keunikan dan keindahannya, tak salah banyak orang yang ingin memeliharanya. Namun, kebanyakan yang diperjualbelikan khususnya di daerah asalnya Sumatera, masih merupakan Nepenthes yang diambil langsung dari alam, bukan dari hasil penangkaran atau budidaya.
Hal tersebut sangatlah memprihatinkan mengingat habitat asli mereka terancam oleh kebakaran, pembalakan, pembukaan lahan, dan konversi lahan.
Kantong Semar termasuk tumbuhan yang langka dan mendekati kepunahan. Bahkan LIPI mengumumkan, beberapa spesies tanaman ini sebagai tanaman paling langka di Indonesia.
Karenanya dilindungi berdasarkan Undang-undang No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya. Juga peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

























LEMBAR KERJA SISWA

Nama Anggota Kelompok :
1.     ..............................................................
2.     ..............................................................

Diskusikan dengan kelompokmu!
1.      Apa nama tumbuhan dibawah ini? Bagaimana  ciri-cirinya?
2.      Dimana tempat tinggal tumbuhan kaktus tersebut?
3.      Mengapa kaktus dapat hidup di tempat yang tandus?
4.      Apa nama gambar disamping? Sebutkan ciri-cirinya!
5.      Dimana tumbuhan tersebut bisa hidup?

           








KISI-KISI SOAL

Nama Sekolah             : SDN Buaran            
Kelas/Semester            : VI/1                                                  
Mata pelajaran             : Ilmu Pengetahuan Alam                  
Kurikulum                   : KTSP           
Alokasi Waktu            : 30 menit
Jumlah Soal                 :          
Penyusun                     : Desilia Dwi A.
Standar Kompetensi               : 1. Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan
                                           lingkungan tempat hidupnya
No.
Kompetensi Dasar
Kelas/ Semes ter
Materi
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Nomor soal
Sumber belajar
Teknik penilaian
Bentuk instrumen
1.
1.2 mendeskripsi kan hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan  (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya.
VI / I
Ciri khusus makhluk hidup.
a.    Siswa mengamati gambar kaktus dan kantung semar beserta lingkungannya
b.    Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok berpasangan dengan teman sebangkunya.
c.       Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
d.      Siswa menyebutkan hubungan antara ciri-ciri khusus dan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
e.       Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
f.       Guru menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
g.      Guru menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
1.  Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dan kantung semar.
2.  Menyebutkan lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
3.  Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
4.  Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kantung semar dengan lingkungan tempat hidupnya.
5.  Menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
6.  Menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
Tes ter tulis
Pilihan ganda





Pilgan

Uraian



Pilgan









Pilgan

uraian
1,6, 7/C1





4,5/ C1

2,3, 4 / C3


3/ C1








2/ C1
1/ C1




10/ C2










9/C2


BSE IPA untuk SD dan MI kelas VI karangan Rositawati.


LEMBAR EVALUASI

A.      Pilihlah jabawan yang paling tepat!

1.        Ciri-ciri tumbuhan kaktus ialah ....
a. berdaun tebal dan lebar
b. batang berongga dan daun tebal
c. batang berair dan daun kecil
d. batang besar, daun tipis dan lebar

2.        Tumbuhan yang memakan serangga bertujuan memenuhi kebutuhan ....
a. oksigen                                                                          c. hidrogen
b. nitrogen                                                                         d. air
3.        Batang yang banyak mengandung air pada kaktus berguna untuk ....

a. melindungi diri dari pemangsa
b. menahan panas dari luar
c. mengurangi penguapan air
d. menyimpan cadangan air

4.        Kaktus merupakan tumbuhan yang hidup di daerah ....
a.       Kering                                                                c. Rawa-rawa
b.      Berair                                                                 d. Lembab
5.        Tumbuhan kantung semar banyak hidup di daerah....

a.       Kering
b.      Lembab
c.       Berawa
d.      Air

6.        Duri pada kaktus sebenarnya merupakan ....
a.       Daun                                                                  c. akar
b.      Batang                                                               d. bunga
7.        Daun pada kaktus berubah bentuk menjadi duri bertujuan untuk ....

a. memperbanyak penguapan
b. menyimpan air
c. mencari air
d. mengurangi penguapan

8.        Ciri tumbuhan kantong semar yaitu ....

a. daun berbentuk duri
b. daun berbentuk seperti kantong
c. akar panjang
d. batang menggembung

9.        Tanaman kaktus banyak diminati orang untuk ....

a.       Bahan kerajinan
b.      Tanaman hias
c.       Pengharum ruangan
d.      Bumbu dapur

10.    Tumbuhan kantung semar dapat dimanfaatkan sebagai ....

a.       Tumbuhan obat
b.      Bumbu dapur
c.       Bahan makanan
d.      Pengharum ruangan


B.       Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1.         Jelaskan proses penangkapan serangga pada tumbuhan kantong semar!
2.         Dapatkah kaktus hidup di daerah kita? Jelaskan!
3.         Bagaimana cara melestarikan tumbuhan kantung semar agar tidak punah?
4.         Mengapa kaktus dapat hidup di daerah yang tandus?

Kunci jawaban :
A.      Pilihan ganda
1.        C                                 6.   A 
2.        B                                 7.   D
3.        D                                 8.   B
4.       A                                  9.   B
5.        C                                 10. A

B.       Uraian
1.      Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh kantung semar.
2.      Tidak, sebab habitat kaktus adalah di gurun, kaktus tidak dapat hidup di daerah yang terlalu banyak mengandung air. Kalaupun ada kaktus yang hidup di daerah kita, pertumbuhan kaktus tidak sebaik yang ada di daerah gurun.
3.      Tumbuhan kantung semar perlu di lestarikan agar tidak punah. Caranya dengan mengembangbiakkan tumbuhan kantung semar sesuai tempat hidupnya. Agar tidak punah, kita juga harus menjaga tumbuhan kantung semar, jangan merusak habitatnya.
4.      Kaktus dapat hidup di daerah tandus, sebab batang kaktus berdaging yang berfungsi untuk mengumpulkan dan menyimpan cadangan air sebanyak mungkin. Selain itu, daun kaktus kecil, sehingga mengurangi penguapan air, sehingga kaktus dapat bertahan hidup di daerah yang tandus.



Penskoran :
-            Pilihan ganda (A):
BENAR bernilai 1
SALAH bernilai  0
-            Uraian (B):
Benar bernilai 2,5

-            NA = (A) + (B)
2



INSTRUMEN PENILAIAN

Berilah tanda cek (√) pada kolom tingkat kemampuan sesuai dengan indikator pengamatan!
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
Keaktifan dalam kelompok
Keberanian mengutarakan jawaban
Keberanian bertanya
1
2
3
1
2
3
1
2
3
1.       
2.       
3.       
4.       
5.       Dst












skor minimum             = 3 è nilai =   = 33
skor maksimum           = 9 è nilai =   = 100

Nilai =
Deskriptor :
Keaktifan dalam kelompok
1.      tidak berpartisipasi dalam kelompok dan rame sendiri
2.      diam saja, tidak berpartisipasi dalam kelompok
3.      berpartisipasi dalam kelompok dan mau berpendapat
Keberanian mengutarakan jawaban
1.      suara pelan dan artikulasi tidak jelas
2.      suara pelan dan artikulasi jelas
3.      suara lantang dan artikulsi jelas
Keberanian bertanya
1.      diam saja tidak bertanya
2.      bertanya dengan malu-malu
3.      bertanya dengan suara yang lantang

Skala Penilaian :
84 – 100 = sangat baik 
67  - 83   = baik
50  - 66   = cukup baik
33 – 49   = kurang



logo unnes

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SETS
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS VI SEMESTER 1





Disusun oleh :
7.      Devita Fitriyandani S. (1401410018)
8.      Desilia Dwi A.              (1401410066)
9.      Ganjar Ramdani            (1401410234)
10.  Tri Astuti W.                 (1401410280)
11.  Dhavina Emha M.         (1401410315)

Rombel : 5


PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar