RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
VI/1
Alokasi Waktu : 1 × 35
menit
I.
Standar Kompetensi
1.
Memahami hubungan antara ciri-ciri makhluk
hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
II.
Kompetensi Dasar
1.2
Mendeskripsikan hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidupnya
III.
Indikator
1.2.1
Menyebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki
kaktus dan kantung semar.
1.2.2
Menyebutkan lingkungan tempat hidup kaktus dan
kantung semar.
1.2.3
Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
1.2.4
Menjelaskan hubungan antara ciri-ciri khusus
yang dimiliki kantung semar dengan lingkungan tempat hidupnya.
1.2.5
Menjelaskan salah satu
kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
1.2.6
Menjelaskan kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi
masyarakat sekitar.
IV.
Tujuan pembelajaran
1.
Melalui pengamatan gambar tumbuhan kaktus dan
kantung semar dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan ciri-ciri khusus yang
dimiliki kaktus dan kantung semar.
2.
Melalui pengamatan gambar tempat hidup kaktus
dan kantung semar dan tanya jawab, siswa dapat menyebutkan lingkungan tempat
hidup kaktus dan kantung semar.
3.
Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat
hidupnya.
4.
Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan
hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki kantung semar dengan lingkungan
tempat hidupnya.
5.
Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan salah satu kegiatan
manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
6.
Melalui penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan
kegunaan yang dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
V.
Materi ajar
Ciri khusus makhluk hidup.
VI.
Pendekatan dan Metode pembelajaran
Pendekatan:
SETS (Sains Enviromental Teknologi Society)
Metode: - Tanya
jawab
-
Ceramah
-
Diskusi kelompok
-
Penugasan
VII.
Kegiatan pembelajaran
a.
Pra kegiatan (
5 menit )
Salam,
presensi, pengkondisian kelas
b.
Kegiatan awal
(10 menit)
a) Apersepsi
Guru mengajukan pertanyaan
-
Pernahkah kalian pergi ke gurun atau rawa?
-
Apakah kalian pernah melihat kaktus dan kantung semar?
b) Menyampaikan materi pembelajaran, seperti: “Hari ini kita akan mempelajari
tentang “ciri khusus tumbuhan dan lingkungan tempat tinggalnya.”
c) Menyampaikan tujuan
pembelajaran, seperti: “Tujuannya agar kita mengetahui, bagaimana ciri-ciri khusus
tumbuhan dan bagaimana tempat hidup tumbuhan tersebut.”
c.
Kegiatan inti
(70 menit)
Eksplorasi
1.
Siswa mengamati gambar tumbuhan kaktus dan kantung
semar serta tempat hidupnya.
2.
Siswa dan guru bertanya jawab tentang ciri-ciri
khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
Elaborasi
a)
Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok berpasangan
dengan teman sebangkunya.
b)
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
c)
Siswa menyebutkan hubungan antara ciri-ciri khusus dan
lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
d)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas.
e)
Siswa dan guru
bersama- sama membahas hasil diskusi.
f) Guru menjelaskan salah satu
kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
g) Guru menjelaskan kegunaan yang
dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
Konfirmasi
a)
Guru membantu peserta didik menyelesaikan masalah yang belum
terselesaikan.
b)
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang telah
menyelesaikan tugas dengan baik.
c)
Guru menambah materi yang belum diungkapkan siswa.
d)
Guru memberikan
kesempatan bertanya kepada siswa.
d.
Kegiatan akhir (20 menit)
a)
Guru bersama siswa
membuat kesimpulan pembelajaran.
b)
Evaluasi dan
tindak lanjut.
VIII.
Sumber Belajar
Media :
a.
Gambar kaktus dan lingkungan hidupnya.
b.
Gambar tumbuhan kantung semar dan lingkungan hidupnya.
Sumber
:
a.
BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI
karangan Sri Hartanti.
b.
BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI
karangan Yayat Ibayati.
c.
BSE Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD dan MI kelas VI
karangan Rositawati.
IX.
Penilaian
·
Teknik
penilaian : tes dan non tes
·
Bentuk
penilaian : pilihan ganda,uraian dan
penilaian sikap
·
Instrumen : terlampir
Mengetahui,
Kepala Sekolah
|
Semarang, Oktober
2011
Guru Kelas
|
SKEMA SETS (Sains, Environment, Technologi, and Society)
BAHAN AJAR
Ciri
Khusus pada Beberapa
Tumbuhan
Tumbuhan yang ada di sekitar kamu sangat beragam. Keragaman itu disebabkan, salah satunya oleh
lingkungan
tempat hidupnya. Ciri-ciri khusus yangdimiliki
tumbuhan tersebut bermanfaat untuk mempertahankan hidup. Berikut akan dijelaskan beberapa tumbuhan yang memiliki ciri-ciri khusus, yaitu tumbuhan kaktus dan tumbuhan pemakan serangga.
1. Ciri
Khusus yang Dimiliki Kaktus
Pernahkah kamu melihat tumbuhan kaktus? Biasanya di tempat-tempat penjual tanaman hias dijual
tumbuhan kaktus. Apakah ciri-ciri khusus tumbuhan kaktus? Di daerah manakah tumbuhan kaktus tumbuh?
Tumbuhan kaktus merupakan jenis tumbuhan yang hidup di daerah kering
atau kurang air.
Oleh karena itu, kaktus memiliki batang yang banyak mengandung air. Air tersebut berguna
untuk cadangan di musim kering. Di samping itu, bentuk
daun kaktus Tumbuhan kaktus pun kecil, seringkali berbentuk duri.
Dengan bentuk seperti itu, kaktus dapat mengurangi
penguapan air dari dalam tubuh.
2. Ciri Khusus yang Dimiliki Tumbuhan Pemakan Serangga
Ada beberapa tumbuhan di alam yang tidak dapat memenuhi semua kebutuhan unsur makanan yang diperlukan melalui akar. Tumbuhan
seperti apakah itu? Dengan cara apa tumbuhan tersebut
mendapatkan makanan selain melalui akar?
Tumbuhan yang mengalami hal tersebut adalah tumbuhan kantong semar dan tumbuhan
kejora (Venus). Kedua tumbuhan tersebut
tidak dapat mencukupi kebutuhan nitrogen. Keadaan
tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur
nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga. Serangga mengandung banyak
nitrogen.
Cara yang dilakukan, yaitu dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik
perhatian serangga. Pada kantong semar, serangga
akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di
dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga
serangga terpeleset. Adapun pada tumbuhan kejora, serangga yang hinggap dan menyentuh
''lengan daun'' akan terperangkap karena daun akan menutup dengan cepat. Kemudian, serangga tersebut akan
dicerna oleh cairan yang dihasilkan daun.
Kaktus mempunyai manfaat
dintaranya sebagai tanaman hias. Selain itu, kaktus juga dapat digunakan untuk
memurnikan air. Misalnya pada kaktus pir yang berduri
atau bahasa latinnya Opuntia ficus-indica. Kaktus jenis ini telah
digunakan sejak abad ke-19 oleh masyarakat Meksiko sebagai pemurni air.
Alcantar
mendapati bahwa getah kental yang terdapat pada tanaman dan biasanya
berfungsi sebagai penyimpan air ternyata bersifat pengental. Pada uji cobanya
dengan penambahan air dan dicampur dengan sedimen serta bakteri pada kadar yang
tinggi, ternyata terjadi penggumpalan partikel sedimen dan mengendap di dasar
air. Getah tersebut juga mengakibatkan 98% bakteri menyatu dan memudahkan untuk
disaring.
Masyarakat
di negara berkembang bisa memanaskan sepotong kaktus agar mengeluarkan
getahnya, kemudian menambahkannya ke dalam air yang memerlukan pemurnian,
tambah Alcantar. Meratanya kaktus, keterjangkauan dan budaya menjadikan bahan
alam tersebut sebagai teknologi pemurnian air yang menarik.
Meski
terlihat sederhana, tampaknya masih ada yang harus dilakukan agar teknologi
alam tersebut berfungsi optimal.
Selain kaktus, tumbuhan kantung semar juga
banyak manfaatnya. Diantaranya adalah Selain sebagai tanaman hias, tanaman ini juga
memiliki fungsi yang tidak kalah penting. Di antaranya adalah sebagai indikator
iklim. Jika pada suatu kawasan atau areal ditumbuhi oleh Nepenthes gymnamphora,
berarti kawasan tersebut tingkat curah hujannya cukup tinggi, kelembaban di
atas 75 %, tanahnya pun miskin unsur hara.
Tumbuhan Obat
Tanaman ini dapat pula menjadi tumbuhan obat. Cairan dari kantong yang masih
tertutup, digunakan sebagai obat batuk. Air rebusan akar dan cairan dalam
kantong yang masih tertutup dipakai juga sebagai obat sakit perut, mencegah
ngompol, luka bakar dan mengobati sakit mata. Selain itu, Nepenthes juga
menjadi sumber air minum bagi petualang ataupun pendaki gunung yang kehausan.
Kantong semar jenis N. gymnamphora merupakan sumber air yang layak minum
karena pH-nya netral (6-7) dengan keadaan kantong yang masih tertutup, karena
kantong yang terbuka sudah terkontaminasi jasad serangga yang masuk ke dalam,
pH-nya 3 dan rasanya masam.
Ada juga
masyarakat yang menggunakannya sebagai pengganti tali. Batang dari Kantong
Semar ini bisa digunakan sebagai pengganti tali untuk pengikat barang.
Dengan keunikan dan keindahannya, tak salah banyak orang yang ingin memeliharanya. Namun, kebanyakan yang diperjualbelikan khususnya di daerah asalnya Sumatera, masih merupakan Nepenthes yang diambil langsung dari alam, bukan dari hasil penangkaran atau budidaya.
Hal tersebut sangatlah memprihatinkan mengingat habitat asli mereka terancam oleh kebakaran, pembalakan, pembukaan lahan, dan konversi lahan.
Dengan keunikan dan keindahannya, tak salah banyak orang yang ingin memeliharanya. Namun, kebanyakan yang diperjualbelikan khususnya di daerah asalnya Sumatera, masih merupakan Nepenthes yang diambil langsung dari alam, bukan dari hasil penangkaran atau budidaya.
Hal tersebut sangatlah memprihatinkan mengingat habitat asli mereka terancam oleh kebakaran, pembalakan, pembukaan lahan, dan konversi lahan.
Kantong Semar termasuk tumbuhan yang langka dan
mendekati kepunahan. Bahkan LIPI mengumumkan, beberapa spesies tanaman ini
sebagai tanaman paling langka di Indonesia.
Karenanya dilindungi berdasarkan Undang-undang
No. 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumberdaya Hayati dan Ekosistemnya. Juga
peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan
Satwa.
LEMBAR KERJA SISWA
Nama Anggota Kelompok :
1.
..............................................................
2.
..............................................................
Diskusikan dengan kelompokmu!
1. Apa nama tumbuhan dibawah ini? Bagaimana ciri-cirinya?
2. Dimana tempat tinggal tumbuhan kaktus
tersebut?
3. Mengapa kaktus dapat hidup di tempat yang
tandus?
4. Apa nama gambar disamping? Sebutkan ciri-cirinya!
5. Dimana tumbuhan tersebut bisa hidup?
KISI-KISI SOAL
Nama Sekolah :
SDN Buaran
Kelas/Semester : VI/1
Mata
pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kurikulum : KTSP
Alokasi
Waktu : 30 menit
Jumlah
Soal :
Penyusun : Desilia Dwi A.
Standar Kompetensi : 1.
Memahami
hubungan antara ciri-ciri makhluk hidup dengan
lingkungan
tempat hidupnya
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas/ Semes ter
|
Materi
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Nomor soal
|
Sumber belajar
|
|
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
||||||||
1.
|
1.2 mendeskripsi kan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki
tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan
serangga) dengan lingkungan hidupnya.
|
VI / I
|
Ciri khusus makhluk hidup.
|
a. Siswa mengamati gambar
kaktus dan kantung semar beserta lingkungannya
b. Guru mengarahkan siswa untuk membentuk kelompok
berpasangan dengan teman sebangkunya.
c.
Guru membagikan LKS kepada setiap kelompok.
d.
Siswa menyebutkan hubungan antara ciri-ciri khusus dan
lingkungan tempat hidup kaktus dan kantung semar.
e.
Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di
depan kelas.
f.
Guru menjelaskan salah satu kegiatan manusia yang menggunakan
teknologi dengan memanfaatkan bagian tumbuhan.
g.
Guru menjelaskan kegunaan yang dimiliki
tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
|
1. Menyebutkan ciri-ciri khusus
yang dimiliki kaktus dan kantung semar.
2. Menyebutkan lingkungan
tempat hidup kaktus dan kantung semar.
3. Menjelaskan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan lingkungan tempat hidupnya.
4. Menjelaskan hubungan antara
ciri-ciri khusus yang dimiliki kantung semar dengan lingkungan tempat
hidupnya.
5. Menjelaskan
salah satu kegiatan manusia yang menggunakan teknologi dengan memanfaatkan
bagian tumbuhan.
6. Menjelaskan kegunaan yang
dimiliki tumbuhan bagi masyarakat sekitar.
|
Tes ter tulis
|
Pilihan ganda
Pilgan
Uraian
Pilgan
Pilgan
uraian
|
1,6, 7/C1
4,5/ C1
2,3, 4 / C3
3/ C1
2/ C1
1/ C1
10/ C2
9/C2
|
BSE IPA untuk SD dan MI kelas VI karangan Rositawati.
|
LEMBAR EVALUASI
A.
Pilihlah jabawan yang paling tepat!
1.
Ciri-ciri
tumbuhan kaktus ialah ....
a. berdaun tebal dan lebar
b. batang berongga dan daun tebal
c. batang berair dan daun kecil
d. batang besar, daun tipis dan lebar
2.
Tumbuhan
yang memakan serangga bertujuan memenuhi kebutuhan ....
a. oksigen c. hidrogen
b. nitrogen d. air
3.
Batang
yang banyak mengandung air pada kaktus berguna untuk ....
a.
melindungi diri dari pemangsa
b.
menahan panas dari luar
c.
mengurangi penguapan air
d.
menyimpan cadangan air
4.
Kaktus
merupakan tumbuhan yang hidup di daerah ....
a.
Kering c.
Rawa-rawa
b.
Berair d.
Lembab
5.
Tumbuhan kantung semar banyak hidup di
daerah....
a. Kering
b. Lembab
c. Berawa
d. Air
6.
Duri pada
kaktus sebenarnya merupakan ....
a.
Daun c.
akar
b.
Batang d.
bunga
7.
Daun pada kaktus berubah bentuk menjadi duri bertujuan untuk ....
a. memperbanyak penguapan
b. menyimpan air
c. mencari air
d. mengurangi penguapan
8.
Ciri tumbuhan kantong semar yaitu ....
a. daun berbentuk duri
b. daun berbentuk seperti kantong
c. akar panjang
d. batang menggembung
9.
Tanaman kaktus banyak diminati
orang untuk ....
a. Bahan kerajinan
b. Tanaman hias
c. Pengharum ruangan
d. Bumbu dapur
10. Tumbuhan kantung
semar dapat dimanfaatkan sebagai ....
a. Tumbuhan obat
b. Bumbu dapur
c. Bahan makanan
d. Pengharum ruangan
B.
Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan jelas!
1.
Jelaskan
proses penangkapan serangga pada tumbuhan kantong semar!
2.
Dapatkah
kaktus hidup di daerah kita? Jelaskan!
3.
Bagaimana cara melestarikan tumbuhan kantung
semar agar tidak punah?
4.
Mengapa kaktus dapat hidup di daerah yang
tandus?
Kunci jawaban :
A.
Pilihan ganda
1. C 6.
A
2.
B 7. D
3.
D 8. B
4.
A 9. B
5.
C 10. A
B. Uraian
1.
Tumbuhan kantung semar memiliki daun yang berbentuk seperti piala. Dinding daun ini akan
mengeluarkan nektar untuk memikat serangga. Serangga yang terpikat oleh
nektar akan hinggap pada dinding daun yang licin sehingga tergelincir
dan terjatuh ke dalam cairan yang ada di dasar daun. Cairan ini akan
menguraikan dan melarutkan serangga yang kemudian akan diserap oleh tubuh
kantung semar.
2.
Tidak, sebab habitat kaktus
adalah di gurun, kaktus tidak dapat hidup di daerah yang terlalu banyak
mengandung air. Kalaupun ada kaktus yang hidup di daerah kita, pertumbuhan
kaktus tidak sebaik yang ada di daerah gurun.
3.
Tumbuhan kantung semar perlu
di lestarikan agar tidak punah. Caranya dengan mengembangbiakkan tumbuhan
kantung semar sesuai tempat hidupnya. Agar tidak punah, kita juga harus menjaga
tumbuhan kantung semar, jangan merusak habitatnya.
4.
Kaktus dapat hidup di daerah
tandus, sebab batang kaktus berdaging yang berfungsi untuk mengumpulkan dan
menyimpan cadangan air sebanyak mungkin. Selain itu, daun kaktus kecil,
sehingga mengurangi penguapan air, sehingga kaktus dapat bertahan hidup di
daerah yang tandus.
Penskoran :
-
Pilihan ganda (A):
BENAR bernilai 1
SALAH bernilai 0
-
Uraian (B):
Benar bernilai 2,5
-
NA = (A) + (B)
2
INSTRUMEN PENILAIAN
Berilah tanda
cek (√) pada kolom tingkat kemampuan sesuai dengan indikator pengamatan!
Nama Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||||||
Keaktifan dalam kelompok
|
Keberanian mengutarakan jawaban
|
Keberanian bertanya
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
skor
minimum = 3 è nilai = = 33
skor
maksimum = 9 è nilai = = 100
Nilai
=
Deskriptor
:
Keaktifan
dalam kelompok
1.
tidak
berpartisipasi dalam kelompok dan rame sendiri
2.
diam saja,
tidak berpartisipasi dalam kelompok
3.
berpartisipasi
dalam kelompok dan mau berpendapat
Keberanian
mengutarakan jawaban
1.
suara pelan dan
artikulasi tidak jelas
2.
suara pelan dan
artikulasi jelas
3.
suara lantang
dan artikulsi jelas
Keberanian
bertanya
1.
diam saja tidak
bertanya
2.
bertanya dengan
malu-malu
3.
bertanya dengan
suara yang lantang
Skala Penilaian
:
84 – 100 =
sangat baik
67 - 83
= baik
50 - 66
= cukup baik
33 – 49 = kurang
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SETS
ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS VI SEMESTER 1
Disusun oleh :
7. Devita Fitriyandani S. (1401410018)
8. Desilia Dwi A. (1401410066)
9. Ganjar Ramdani (1401410234)
10. Tri Astuti W. (1401410280)
11. Dhavina Emha M. (1401410315)
Rombel : 5
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar