Minggu, 01 April 2012

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kelas 4 tentang Bangun Datar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan                : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran       : Matematika
Materi Pelajaran    : Luas Bangun Datar
Kelas/Semester      : V/1
Alokasi wkatu          : 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit)

1.       Standar kompetensi
4. Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah.
2.       Kompetensi dasar
4.1 Menentukan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
3.       Indicator
KD 1
1)      Menyebutkan cirri-ciri bangun segitiga dan jajargenjang
2)      Membedakan bentuk segitiga dan jajargenjang
3)      Menggambar bangun segitiga dan jajargenjang
4)      Mengurai bangun jajargenjang menjadi bangun segitiga
5)      Memprediksi rumus keliling dan luas segitiga dan jajargenjang
6)      Menguji kebenaran dari rumus keliling dan luas segitiga dan jajargenjang
7)      Membuat bangun datar lain yang bisa dibuat dari bangun segitiga dan jajargenjang.
KD 2
1)      Memberi nama permasalahan dalam soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
2)      Memberi contoh soal cerita yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
3)      Menunjukkan penerapan kegiatan manusia yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
4)      Memecahkan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
5)      Membandingkan penggunaan bahan/benda pada keliling dan luas segitiga dengan keliling dan luas jajargenjang
6)      Merancang bahan/benda sehingga berbentuk segitiga dan jajargenjang



1.       Berapa jumlah sisi pada bangun segitiga dan jajargenjang?
2.       Bagaimana sisi-sisi yang berhadapan pada bangun segitiga dan jajargenjang?
3.       Gambarlah bangun segitiga yang panjang sisinya 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. dan juga bangun jajargenjang yang memiliki tinggi 5 cm dan alas 9 cm!
4.       Suatu jajargenjang memiliki tinggi 8 cm dan tinggi 14 cm. Uraikanlah bangun jajargenjang tersebut menjadi bangun segitiga!
5.                       C                                                      D                                    C


A             D             B                             A                             B
                Bagaimana keliling dan luas bangun di atas?
6.       Pada gambar no. 5, jika pada segitiga panjang AB = 12 cm, AC = 13 cm, dan CD = 8 cm. dan jika pada jajargenjang panjang AB = 12 cm, BC = 8 cm, dan DE = 6 cm. hitunglah keliling dan luasnya!
7.       Dari bangun segitiga atau jajargenjang, buatlah bangun datar yang lain!
KD 2
1.       Marbun, Abid, Ema, dan Menik adalah satu regu dalam kegiatan Pramuka di sekolah. Mereka sedang membuat bendera regu dengan ukuran 6 cm, 12 cm, dan 9 cm. bagaimana bentuk bangun bendera itu?
2.       Sebuah segitiga memiliki panjang sisi yang sama, yaitu 40 cm. buatlah pernyataan tersebut dalam bentuk soal cerita!
3.       Sebutkan contoh soal cerita yang ada kaitannya dengan keliling dan luas bangun segitiga dan jajargenjang!
4.       Sebuah genteng memiliki ukuran alas 20 cm dan tinggi 40 cm. berapa luas genteng tersebut?
5.       Ayah Abid mempunyai kebun jeruk berbentuk seperti gambar di bawah. Untuk membuat pagar diperlukan biaya Rp 20.000 per meter.

10


50
a. Hitunglah keliling kebun jeruk.
b. Hitunglah biaya pembuatan pagar.
6. Paman Abid mempunyai ladang berbentuk seperti gambar di bawah ini.





                A                             B                             C





Daerah A akan ditanami singkong, daerah B akan ditanami
jagung, dan daerah C akan ditanami kedelai. Hitunglah luas
daerah yang ditanami singkong dan jagung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar