RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Matematika
Materi Pelajaran : Luas Bangun Datar
Kelas/Semester : V/1
Alokasi wkatu : 2 jam pelajaran ( 2 x 35 menit)
1.
Standar kompetensi
4. Menggunakan konsep keliling dan luas
bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah.
2.
Kompetensi dasar
4.1 Menentukan keliling dan luas segitiga
dan jajargenjang.
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
3.
Indicator
KD 1
1)
Menyebutkan cirri-ciri bangun segitiga dan
jajargenjang
2)
Membedakan bentuk segitiga dan jajargenjang
3)
Menggambar bangun segitiga dan jajargenjang
4)
Mengurai bangun jajargenjang menjadi bangun
segitiga
5)
Memprediksi rumus keliling dan luas segitiga dan
jajargenjang
6)
Menguji kebenaran dari rumus keliling dan luas
segitiga dan jajargenjang
7)
Membuat bangun datar lain yang bisa dibuat dari
bangun segitiga dan jajargenjang.
KD 2
1)
Memberi nama permasalahan dalam soal cerita yang
berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
2)
Memberi contoh soal cerita yang berkaitan dengan
keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
3)
Menunjukkan penerapan kegiatan manusia yang
berkaitan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
4)
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan
keliling dan luas segitiga dan jajargenjang.
5)
Membandingkan penggunaan bahan/benda pada
keliling dan luas segitiga dengan keliling dan luas jajargenjang
6)
Merancang bahan/benda sehingga berbentuk
segitiga dan jajargenjang
1.
Berapa jumlah sisi pada bangun segitiga dan jajargenjang?
2.
Bagaimana sisi-sisi yang berhadapan pada bangun
segitiga dan jajargenjang?
3.
Gambarlah bangun segitiga yang panjang sisinya 6
cm, 8 cm, dan 10 cm. dan juga bangun jajargenjang yang memiliki tinggi 5 cm dan
alas 9 cm!
4.
Suatu jajargenjang memiliki tinggi 8 cm dan
tinggi 14 cm. Uraikanlah bangun jajargenjang tersebut menjadi bangun segitiga!
5.
C D C
A D B A B
Bagaimana
keliling dan luas bangun di atas?
6.
Pada gambar no. 5, jika pada segitiga panjang AB
= 12 cm, AC = 13 cm, dan CD = 8 cm. dan jika pada jajargenjang panjang AB = 12
cm, BC = 8 cm, dan DE = 6 cm. hitunglah keliling dan luasnya!
7.
Dari bangun segitiga atau jajargenjang, buatlah
bangun datar yang lain!
KD 2
1.
Marbun, Abid, Ema, dan Menik adalah satu regu
dalam kegiatan Pramuka di sekolah. Mereka sedang membuat bendera regu dengan
ukuran 6 cm, 12 cm, dan 9 cm. bagaimana bentuk bangun bendera itu?
2.
Sebuah segitiga memiliki panjang sisi yang
sama, yaitu 40 cm. buatlah pernyataan tersebut dalam bentuk soal cerita!
3.
Sebutkan contoh soal cerita yang ada kaitannya
dengan keliling dan luas bangun segitiga dan jajargenjang!
4.
Sebuah genteng memiliki ukuran alas 20 cm dan
tinggi 40 cm. berapa luas genteng tersebut?
5.
Ayah Abid mempunyai kebun jeruk berbentuk
seperti gambar di bawah. Untuk membuat pagar diperlukan biaya Rp 20.000 per
meter.
10
50
a.
Hitunglah keliling kebun jeruk.
b.
Hitunglah biaya pembuatan pagar.
6. Paman Abid mempunyai ladang berbentuk seperti gambar di bawah
ini.
A B C
Daerah A akan ditanami singkong,
daerah B akan ditanami
jagung, dan daerah C akan ditanami
kedelai. Hitunglah luas
daerah yang ditanami singkong dan jagung.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar