IMPLEMENTASI TEORI
BELAJAR HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN
Latar
Belakang
v Pendidikan untuk :
- Kontribusi pencerahan dan membangun masyarakat
- Pembentukan karakter dan kepribadian
v Kenyataannya pada sebagian praktik pendidikan formal
Tidak memperhatikan potensi
dan sisi kemanusiaan dari peserta didiknya.
Kadang, secara tidak
langsung, telah memasung potensi dan kreativitas anak untuk berkembang.
v Definisi pendidikan secara umum
·
Proses pendewasaan manusia
·
Aktualisasi diri
·
Perubahan tingkah laku (kepribadian)
·
Perubahan kognitif (intelegensi)
·
Kesadaran diri
v Humanistik vs behavioristik
·
Menurut Maslow, behavioristik adalah dehumanisasi.
·
Binatang dan manusia berbeda,
Hewan
|
Manusia
|
1. Memiliki
kemampuan siap pakai ketika lahir
2. Makhluk
biologis
3. Punya instik
4. Bertindak
menurut instink
5. Tidak
mengenal etika, estetika dan agama
|
1. Ketika
dilahirkan tidak berdaya sama sekali
2. Makhluk
biologis, individu dan sosial
3. Potensi yang
berkembang
4.
Bertanggung jawab
5.
Punya etika, estetika, dan agama
|
v Humanistik vs Kognitif
Kognitif yaitu meniru apa yang dilihatnya. Orang dewasa menjadi model
yang ditiru anak. Jadi, orang dewasa harus bias member contoh yang baik bagi
anak.
v Humanisasi adalah aktualisasi diri.
·
Memahami lingkungan + dirinya = belajar berhasil
·
Manusia dalam dirinya memiliki potensi untuk berkembang sehat dan kreatif
·
Memahami perilaku belajar dari sudut pandang
pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya.
v Pandangan humanisme dalam kepribadian
·
Holisme
·
Menolak riset binatang
·
Potensi kreatif
·
Menekankan kesehatan psikologis
v Pandangan humanistic
·
Manusia sebagai makhluk sempurna
·
Potensi besar itulah yang membedakan manusia dengan hewan
·
Ketika lahir, manusia punya bawaan baik
·
Manusia mengendalikan dirinya dan lingkungannya, bukan sebaliknya.
v Humanistik memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengeksplorasi kemampuan, bakat, dan potensinya
dalam pembelajaran.
v Tokoh humanistic
·
Combs
Masalah belajar bukan bagaimana bahan pelajaran itu
disampaikan, Tetapi bagaimana membantu murid memetik arti dan makna yang
terkandung dalam pelajaran.
·
Maslow
·
Carl R. Rogers
1. Hasrat untuk belajar
2. Belajar yang berarti
3. Belajar tanpa ancaman
4. Belajar atas inisiatif
sendiri
5. Belajar dan perubahan
v Rogers, (1969), mengungkapkan sikap guru terhadap
muridnya
1. Sikap yang murni apa
adanya
2. Penghargaan, penerimaan, dan
kepercayaan
3. Pemahaman dengan empati
v Prinsip-prinsip belajar humanistic
a. Cara belajar alami
b. Relevansi
c. Perubahan persepsi dirinya
d. Bermakna
e. Keterlibatan siswa
seutuhnya
f. Kepercayaan dan mawas diri
g. Belajar sosial
v Peran pendidik
a. Menciptakan iklim belajar
b. Memenuhi kebutuhan belajar
c. Membantu mengungkapkan
emosi
d. Membantu belajar
v Bentuk pendidikan humanistic
Pembelajaran apapun dapat
dimanfaatkan, asal bertujuan memanusiakan manusia yaitu mencapai aktualisasi
diri, pemahaman diri, serta realisasi diri orang yang belajar secara optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar