RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
KELAS 3
Disusun
untuk memenuhi tugas mata kuliah bahasa dan sastra Indonesia kelas rendah
Dosen
Pengampu: Nugraheti Sismulyasih Sabilillah, S.Pd, M.Pd
Oleh
:
Muin
Arifah 1401410203
Rombel
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2011
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Tema :
Lingkungan
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/Semester : III/1
Hari/Tanggal : Rabu, 7 Desember 2011
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (1 x pertemuan)
I.
Standar
Kompetensi
·
PKn
2. Melaksanakan
norma yang berlaku di masyarakat.
·
Bahasa Indonesia
Berbicara
2. Mengungkapkan
pikiran, perasaan dan pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran.
Membaca
4.
Memahami teks dengan membaca nyaring,
membaca intensif, dan membaca dongeng.
·
IPA
2. Memahami
kondisi lingkungan yang berpengaruh terhadap kesehatan dan upaya menjaga
kesehatan lingkungan.
·
IPS
1. Memahami
lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah.
II.
Kompetensi
Dasar
·
PKn
2.3
Melaksanakan turan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar.
·
Bahasa Indonesia
2.2 Memberikan
tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu masalah dengan menggunakan kalimat
yang runtut dan pilihan kata yang tepat.
4.1 Menjelaskan
isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.
·
IPA
2.1 Membedakan
ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat berdasarkan pengamatan.
2.1 Menjelaskan
cara menjaga kesehatan lingkungan sekitar.
·
IPS
1.2 Memelihara
lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
III.
Indikator
·
PKn
2.2.1 Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan
aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
·
Bahasa Indonesia
2.1.1 Menanggapi
permasalahan yang ada di dalam gambar.
2.1.2 Menjawab
pertanyaan dari teks bacaan.
2.1.3 Menggunakan
tanda koma.
·
IPA
2.1.1 Menyebutkan
cirri-ciri lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
·
IPS
1.2.1 Menunjukkan
perilaku yang memelihara lingkungan.
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
penjelasan guru, siswa dapa berperilaku
sesuai dengan aturan-aturan yang berlaku di masyarakat.
2. Melalui
contoh gambar, siswa dapat memberikan tanggapan dan saran sesuai permasalahan
dalam gambar tersebut.
3. Melalui kegiatan membaca teks bacaan, siswa dapat
menjawab pertanyaan isi teks secara lisan atau tertulis dengan benar.
4. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menggunakan tanda
koma pada tempat yang tepat.
5. Melalui
urutan gambar, siswa dapat menjelaskan
cirri-ciri lingkungan yang sehat dan tidak sehat.
6. Melalui
tanya jawab antara siswa dan guru tentang lingkungan, siswa dapat menjelaskan
cara memelihara lingkungan.
V.
Materi
ajar
·
PKn
1. Berperilaku
sesuai aturan yang berlaku di masyarakat.
·
Bahasa Indonesia
1. Membaca
nyaring.
2. Memberikan
tanggapan dan saran.
3. Menggunakan
tanda koma (,).
·
IPA
1. Menyebutkan
cirri-ciri lingkungan sehat dn tidak sehat.
·
IPS
1. Menghindari
perilaku yang merusak lingkungan.
VI.
Model
Pembelajaran
Pendekatan Numbered
Head Together (NHT)
VII.
Metode,
Media, dan Sumber Belajar
1.
Metode
a. Ceramah
b. Tanya
jawab
c. Penugasan
d. Diskusi
2.
Media
a. Gambar
lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
b. Teks
bacaan “Gara-gara Limbah”.
3.
Sumber
Belajar
a. Standar
Isi
b. Panduan
penulisan huruf capital
c. BSE
mata pelajaran yang bersangkutan
d. Internet
VIII.
Langkah-langkah
Pembelajaran
a. Prakegiatan
(10 menit)
1. Salam
2. Do’a
3. Presensi
4. Pengkondisian
kelas
b. Kegiatan
Awal (15 menit)
1. Guru
memberikan motivasi dengan mengajak siswa menyanyikan lagu “Lihat Kebunku”.
2. Guru
menyampaikan apersepsi dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa.
·
Siapa yang pernah pergi ke kebun?
·
Kalian lebih menyukai keadaan kebun yang
bersih atau kotor?
3. Guru
menuliskan judul dan menginformasikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
c. Kegiatan
Inti (60 menit)
·
Eksplorasi (5 menit)
1. Guru
menunjukkan gambar lingkungan sehat dan tidak sehat kepada siswa.
2. Siswa
mengidentifikasi gambar dan menjelaskan cara menjaga lingkungan agar bersih dan
sehat.
3. Guru
menjelaskan tentang penggunaan tanda koma (,).
4.
Siswa Guru membentuk 3 kelompok (4-5 siswa)
5.
Guru
memberikan petunjuk tentang langkah-langkah model pembelajaran NHT yang akan
berlangsung.
6.
Guru
memberikan nomor kepada setiap kelompok.
·
Elaborasi (55 menit)
1. Guru membagikan lembar teks bacaan ”Kerj Bakti di Sekolah”.
2.
Semua siswa membaca intensif teks yang telah
diberikan sesuai dengan kelompoknya.
3.
Siswa menyanyikan lagu ”Lihat Kebunku” secara
estafet memegang bol kertas. Siswa yang terakhir memegng bola kertas maju ke
depan.
4.
Siswa yang ditunjuk menjelaskan isi teks bacaan.
5.
Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan teks
bacaan.
6.
Siswa diminta untuk menyebutkan alat-alat
kebersihan dan fungsinya yang disebutkan dalam bacaan..
7.
Siswa diminta menyebutkan ketua dan anggota
kelompok kerja bakti pada bacaan ”Kerj Bakti di Sekolah”.
·
Konfirmasi (10 menit)
1. Perwakilan
masing-masing kelompok membacakan hasil tulisannya.
2. Guru
memberikan masukkan pada hasil tulisan siswa.
3. Siswa
mengajukan pertanyaan tentang materi yang belum dipahami, guru menjawabnya.
4. Guru
memberikan reward kepada siswa.
5. Guru
memotivasi siswa untuk lebih aktif dan giat belajar.
d. Kegiatan
Akhir (20 menit)
1. Siswa
menyimpulkan materi dengan dibimbing oleh guru.
2. Siswa
mengerjakan evaluasi akhir yang diberikan guru.
3. Siswa
diminta untuk mempelajari materi yang akan datang, yaitu dengan tema
“pengalaman”.
IX.
Penilaian
1. Prosedur
a. Tes awal : Melalui kegiatan apersepsi
b. Tes proses :Ketika
KBM dan kegiatan diskusi
c. Tes akhir :
Terlampir
2. Teknik Tes
a.
Tes
b.
Non
Tes
3.
Jenis
Tes
a.
Tes
Lisan : Tanya jawab dan Diskusi
b.
Tes
Tertulis : Uraian dan Pilihan ganda
c.
Perbuatan :
Aktivitas siswa
4.
Instrumen
a.
Lembar
Kerja Kelompok
b.
Lembar
Soal Evaluasi
c.
Lembar
Penilaian Aktivitas Siswa
Semarang, 7 Desember 2011
Dosen
Pengampu, Simulator,
Nugraheti Sismulyasih Sabilillah, S.Pd,
M.Pd Muin
Arifah
NIP. NIM. 1401410203
Kelompok
: .....
1.
...........................................
2.
...........................................
3.
...........................................
4.
...........................................
5.
...........................................
LEMBAR KERJA KELOMPOK 1
Petunjuk
:
a. Dengarkanlah
petunjuk gurumu !
b. Kerjakanlah
dalam lembar kerjamu !
Kerja
Bakti di Sekolah
Hari
masih pagi.Matahari belum begitu tinggi.Hari itu hari Sabtu.Anak-anak kelas III
SD Cempaka Putih tiba-tiba berhamburan keluar dari kelas.Mereka berlari-lari
sambil bercanda dengan teman-temannya.
Anak-anak itu berlari menuju halaman sekolah.Mereka membawa
alat-alat untuk kerja bakti, seperti sabit, sapu lidi, sekop, pengki, dan tong
sampah. Mereka akanbekerja bakti membersihkan halaman sekolah. Kerjabakti itu
dipimpin oleh Bu Aminah.
Sebelum kerja bakti dimulai, dibuat kelompok kerjalebih dahulu.Hal
ini untuk memudahkan anak-anak bekerjadan tidak saling berebut.
Kelompok kerja itu terdiri atas lima kelompok. Setiapkelompok
beranggotakan enam anak. Kelompok satu dipimpin oleh Amat. Kelompok dua
dipimpin Anita.Kelompok tiga dipimpin Doni. Kelompok empat dipimpin Ratna.
Kelompok lima dipimpin Rita. Mereka adalah anak-anakyang suka bekerja dan
bertanggung jawab sehinggaditunjuk menjadi ketua kelompok.
Dengan dipimpin oleh ketua kelompok masing-masing, mereka bekerja
dengan giat.Acara kerja bakti itupun cepat selesai.Halaman sekolah menjadi
bersih.
(R. Nirbaya, 2006)
1.
Jawablah
dengan benar di buku tugasmu!
a.
Kapan anak kelas III SD Cempaka Putih
melakukan kerjabakti?
b.
Apa saja alat kerja bakti yang dibawa
anak-anak kelas III?
c.
Apa yang dibersihkan anak-anak kelas III
dalam kerja bakti?
d.
Satu kelompok kerja bakti beranggotakan
berapa anak?
e.
Mengapa Amat, Doni, Anita, Ratna, dan
Rita dipilih menjadi ketua kelompok?
2.
Salinlah
kalimat berikut dalm buku tugasmu! Kemudian bubuhilah tanda koma pada tempat
yang tepat!
a.
Muin mengunjungi Pintu Air Manggarai
Jakarta.
b.
Akhirnya Roni menyapu halaman belakang
rumahnya.
c.
Di samping Gunung Merapi tampaklah
Gunung Merbabu Gunung Sumbing Gunung Sindoro dan Pegunungan Menoreh
d.
Dari kejauhan tampak Arifah dan Devi
membawa sapu lidi.
e.
Dari kejauhan lama kelamaan bau kotoran
sapi mulai merebak.
Lembar
Kerja Kelompok 2
Sebutkan alat-alat
kebersihan dan fungsinya.
No.
|
Nama alat
|
Fungsinya
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
Lembar
kerja kelompok 3
Tuliskan nama ketua kelompok
kerja bakti di sekolah menurut teks bacaan di atas!
1.
………………………
2.
………………………
3.
………………………
4.
………………………
5.
………………………
Nama : …………………………
No. Absen : …………………………
SOAL
EVALUASI
Berilah tanda silang
(X) pada huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling benar!
Pertanyaan untuk
nomer 1-3
Siswa
kelas tiga SD Sidorejolor mengadakan kegiatan bersih lingkungan. Mereka
bersama-sama membersihkan sampah di got, jalan, dan di taman sekolah. Kegiatan
ini diadakan untuk menjadikan lingkungan bersih.Tumpukan sampah dapat menyumbat
saluran air. Jika saluran air tersumbat, akan terjadi banjir saat hujan deras.
1.
Kebersihan bersih lingkungan dilakukan
oleh ….
a. Siswa kelas satu SD Sidorejolor
b. Siswa kelas dua SD Sidorejolor
c. Siswa kelas tiga SD Sidorejolor
d. Siswa kelas empat SD Sidorejolor
2.
Tempat-tempat yang mereka
bersihkan adalah ….
a.
Di got, jalan, dan taman
sekolah.
b.
WC, kamar mandi, dan
halaman sekolah.
c.
Ruang kelas, halaman
sekolah, dan jalan.
d.
Di got, taman sekolah, dan
kamar mandi.
3.
Pada saat hujan deras jika saluran air
tersumbat akan mengakibatkan …
a. Gempa
bumi
b. Gunung
meletus
c. Kekeringan
d. Banjir
4.
Tanda koma dapat digunakan untuk ....
a. Mengakhiri
kalimat
b. Kalimat
perintah
c. Menulis
angka romawi
d. Mengakhiri
singkatan nama orang
5.
Penggunaan tanda koma yang benar
terdapat pada kalimat ….
a. Setiap
Minggu, Anton membersihkan kamar mandi.
b. Lukman,
dan Rosa membeli tempat sampah.
c. Sebaiknya Ozi memperbaiki kebiasaan yang tidak baik yaitu, malas
mandi.
d. Akan,
tetapi warga tidak mau menutup WC umum.
6.
Penulisan tanda koma yang paling tepat
dalam kalimat di bawah ini adalah ….
a. Malik
dan Karim, membawa sapu lidi, tempat sampat, dan cangkul.
b. Malik,
dan Karim membawa sapu lidi, tempat sampat, dan cangkul.
c. Malik
dan Karim membawa sapu lidi, tempat sampat dan cangkul.
d. Malik
dan Karim membawa sapu lidi, tempat sampat, dan cangkul.
7.
Berikut ini yang bukan alat-alat yang
digunakan untuk menjaga kebersihan adalah ….
a. Sabit
b. Tempat
sampah
c. Kaleng
d. Sapu
8.
Agar tidak mencemari lingkungan, maka
sampah sebaiknya dibuang di ….
a. Sungai
b. Got
c. Tempat
sampah
d. Laut
9.
Hal-hal berikut merupakan penyebab
terjadinya pencemaran udara, kecuali ….
a. penanaman
pohon
b. asap
rokok
c. asap
kendaraan
d. kebakaran
10.
Upaya yang dapat kita lakukan untuk
menjaga kesehatan lingkungan adalah dengan ….
a. membuang
sampai di sungai
b. menyapu
halaman
c. merokok
d. bermalas-malasan
KUNCI JAWABAN LEMBAR KERJA KELOMPOK
LKK 1
1.
Format penskoran
Kunci/Kriteria Jawaban
|
Skor
|
a.
Anak kelas III SD Cempaka Putih
melakukan kerja bakti pada hari Sabtu.
b.
Alat kerja bakti yang dibawa
adalah sabit, sapu lidi, sekop, pengki, dan tong
sampah.
c.
Anak kelas III
membersihkan halaman sekolah.
d.
Setiap kelompok
beranggotakan enam anak.
e.
Mereka dipilih
menjadi ketua kelompok karena mereka adalah anak-anakyang suka bekerja dan
bertanggung jawab sehinggaditunjuk menjadi ketua kelompok.
|
2
2
2
2
2
|
Jumlah Skor
|
10
|
2. Format Penskoran
Kunci/Kriteria Jawaban
|
Skor
|
a. Muin
mengunjungi Pintu Air Manggarai, Jakarta.
b. Akhirnya,
Roni menyapu halaman belakang rumahnya.
c. Di
samping Gunung Merapi, tampaklah Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung
Sindoro, dan Pegunungan Menoreh
d. Dari
samping rumah, tampaklah Arifah dan Devi membawa sapu lidi.
e. Dari
kejauhan, lama kelamaan, bau kotoran sapi mulai merebak.
|
1
1
1
1
1
|
Jumlah Skor
|
5
|
LKK 2
Format
penskoran
No.
|
Nama alat
|
Fungsinya
|
Skor
|
1.
|
Sabit
|
Memotong
berbagai jenis rumput
|
2
|
2.
|
Sapu
lidi
|
Menyapu
|
2
|
3.
|
Sekop
|
Menyendok
dan memindahkan tanah
|
2
|
4.
|
pengki
|
Memindahkan
sampah ke tong sampah
|
2
|
5.
|
Tong
sampah
|
Tempt
pembuangan sampah
|
2
|
Jumlah
|
10
|
LKK 3
Format penskoran
No.
|
Ketua kelompok
|
Skor
|
1.
|
Ahmad
|
1
|
2.
|
Anita
|
1
|
3.
|
Doni
|
1
|
4.
|
Ratna
|
1
|
5.
|
Rita
|
1
|
Jumlah
|
5
|
Skor maksimal = 30
KUNCI JAWABAN SOAL EVALUASI
1. c 6.
c
2. a 7.
d
3. d 8.
c
4. d 9.
a
5. d 10.d
Penskoran:
Betul = 1
Salah = 0
Skor maksimal: 10
LEMBAR PENGAMATAN
DISKUSI
Berilah
tanda cek ( v ) pada kolom di bawah ini sesuai keadaan yang diamati.
No.
|
Nama
Kelompok
|
Aspek Yang Diamati
|
|||||||||
Keaktifan
|
Kerjasama
|
Ketepatan
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor :
1.
Keaktifan
a.
Apabila semua anggota
kelompok aktif skor
3
b.
Apabila >50% anggota
kelompok aktif skor
2
c.
Apabila<50% anggota
kelompok aktif skor
1
2.
Kerjasama
a
Apabila semua anggota
kelompok melakukan kerjasama dengan baik skor
3
b
Apabila >50% anggota
kelompok bekerjasama dengan baik skor
2
c
Apabila >50% anggota
kelompok tidak ikut kerjasama dengan baik skor
1
3.
Ketepatan
a.
Apabila menjawab soal lebih
cepat dari waktu yang ditentukan skor
3
b.
Apabila menjawab soal dengan
tepat waktu skor
2
c.
Apabila menjawab soal tidak
tepat waktu (belum selesai) skor
1
Skor maksimal = 9
Nilai =
x 100
LEMBAR PENGAMATAN AKTIVITAS
SISWA
Nama Siswa :
..............
Nama SD :..............
Kelas : III
Tema : Lingkungan
Hari/Tanggal :
..............
Petunjuk : Berilah tanda check (√)
pada kolom tingkat kemampuan yang sesuai dengan
No
|
Indikator
|
Skor Penilaian
|
Jumlah
|
||
1
|
2
|
3
|
|
||
1.
|
Siswa
memperhatikan penjelasan guru.
|
|
|
|
|
2
|
Siswa tertib pada saat pembentukan kelompok
|
|
|
|
|
3
|
Siswa saling
bekerjasama dalam kegiatan berkelompok
|
|
|
|
|
4
|
Siswa aktif dalam diskusi
kelompok
|
|
|
|
|
5
|
Siswa aktif
bertanya tentang materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
6
|
Siswa mencatat hasil kerja kelompok.
|
|
|
|
|
7
|
Siswa mengerjakan
evaluasi
|
|
|
|
|
8
|
Kedisiplinan siswa dalam pembelajaran
|
|
|
|
|
Jumlah skor
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian dan kategori:
16-20 =
A (baik sekali)
11-15 = B (baik)
6-10 = C (cukup)
0-5 = D (Kurang)
Lihat Kebunku
Lihat kebunku
Penuh dengan bunga
Ada yang putih
Dan
ada yang merah
Setiap
hari ku siram semua
Mawar
melati
Semuanya indah
Lampiran
Media
pembelajaran
· Gambar lingkungan sehat
·
Gambar
lingkungan tidak sehat
Penggunaan Tanda Koma
Sumber : Pedoman Umum Ejaan Yang Disempurnakan
1.
Tanda koma dipakai
di antara unsur-unsur dalam suatu perincian atau pembilangan. Misalnya:
a. Saya membeli kertas, pena, dan tinta.
b. Surat biasa, surat kilat, ataupun surat khusus memerlukan
perangko.
c. Satu, dua, ... tiga!
2.
Tanda koma dipakai
untuk memisahkan kalimat setara yang satu dari kalimat setara berikutnya yang
didahului oleh kata seperti `tetapi` atau `melainkan`. Misalnya:
a. Saya ingin datang, tetapi hari hujan.
b. Didi bukan anak saya, melainkan anak Pak Kasim.
3.
Tanda koma dipakai
untuk memisahkan anak kalimat dari induk kalimatnya. Misalnya:
a. Kalau hari hujan, saya tidak akan datang.
b. Karena sibuk, ia lupa akan janjinya.
4.
Tanda koma dipakai
di belakang kata atau ungkapan penghubung antarkalimat yang terdapat pada awal
kalimat. Termasuk di dalamnya `oleh karena itu`, `jadi`, `lagi pula`, `meskipun
begitu`, `akan tetapi`. Misalnya:
a. ... Oleh karena itu, kita harus berhati-hati.
b. ... Jadi, soalnya tidak semudah itu.
5.
Tanda koma dipakai
untuk memisahkan kata seperti o, ya, wah, aduh, kasihan dari kata yang lain yang
terdapat di dalam kalimat. Misalnya:
a. O, begitu?
b. Wah, bukan main!
c. Hati-hati, ya, nanti jatuh.
6.
Tanda koma dipakai
untuk memisahkan petikan langsung dari bagian lain dalam kalimat. Misalnya:
a. Kata Ibu, "Saya gembira sekali."
b. "Saya gembira
sekali," kata Ibu, "karena kamu lulus."
7.
Tanda koma dipakai
di antara nama dan alamat, bagian-bagian alamat, tempat dan tanggal, dan nama
tempat dan wilayah atau negeri yang ditulis berurutan. Misalnya:
a. Surat-surat ini harap dialamatkan kepada Dekan Fakultas
Kedokteran, Universitas Indonesia, Jalan Raya Salemba 6, Jakarta.
b. Sdr. Abdullah, Jalan Pisang Batu 1, Bogor
c. Surabaya, 10 Mei 1960
d. Kuala Lumpur, Malaysia
8.
Tanda koma dipakai
untuk menceraikan bagian nama yang dibalik susunannya dalam daftar pustaka. Misalnya:
·
Alisjahbana, Sutan
Takdir. 1949. Tatabahasa Baru Bahasa Indonesia. Djilid 1 dan 2. Djakarta: PT
Pustaka Rakjat.
9.
Tanda koma dipakai
di antara bagian-bagian dalam catatan kaki.
Misalnya:
Misalnya:
·
W.J.S. Poerdarminta,
Bahasa Indonesia untuk Karang-Mengarang (Jogjakarta: UP Indonesia, 197), hlm.4.
10. Tanda koma dipakai di antara nama orang dan gelar
akademik yang mengikutinya untuk membedakannya dari singkatan nama diri,
keluarga, atau marga. Misalnya:
a. B. Ratulangi, S.E.
b. Ny. Khadijah, M.A.
11. Tanda koma dipakai di muka angka persepuluh atau di
antara rupiah dan sen yang dinyatakan dengan angka. Misalnya:
a. 12,5 m
b. Rp 12,50 12.
12. Tanda koma dipakai
untuk mengapit keterangan tambahan yang sifatnya tidak membatasi. Misalnya:
a. Guru saya, Pak Ahmad, pandai sekali.
b. Di daerah kami, misalnya, masih banyak orang laki-laki yang
makan sirih.
Semua siswa, baik yang laki-laki maupun yang
perempuan, mengikuti latihan paduan suara.
13. Tanda koma dapat dipakai untuk menghindari salah baca, di
belakang keterangan yang terdapat pada awal kalimat. Misalnya:
a. Dalam pembinaan dan pengembangan bahasa, kita memerlukan sikap
yang bersungguh-sungguh.
b. Atas bantuan Agus, Karyadi mengucapkan terima kasih.
Bagus banget ini, ijin donload ya bu!
BalasHapus